Mengulik Tempat Wisata Mojosemi Forest Park, Taman Dinosaurus di Magetan

Sabtu, 2 Oktober 2021 | 00:01:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Mengulik Tempat Wisata Mojosemi Forest Park, Taman Dinosaurus di Magetan

Foto: Instagram/mojosemiforest.park

Ladiestory.id - Mengunjungi lokasi wisata menjadi pilihan bagi sebagian besar orang untuk melepas penat. Salah satu rekomendasi tempat wisata yang wajib dikunjungi adalah Mojosemi Forest Park, yang terletak di Magetan.

Mojosemi Forest Park

Mojosemi Forest Park di Magetan menyediakan wahana baru guna menggaet para traveling, yakni Dinosaurus Park. Pengunjung dapat merasakan bercengkrama dengan makluk pra-sejarah ini pada habitat aslinya.

Letak Mojosemi Forest Park

foto : damaraisyah
Foto: damaraisyah

Geografis Mojosemi Forest Park dengan pinus dan pohon-pohon raksasa di lereng Gunung Lawu berhasil menjadikan pengunjung layaknya tersesat di zaman purba.

Namun walau tersesat, kalian tidak akan kepanasan, sebab lokasi objek wisata Magetan ini terletak di ketinggian 1.398 Mdpl sehingga suhu udaranya dapat dikatakan sejuk.

Dinosaurus Mojosemi

foto : travel.kompas
Foto: travel.kompas

Mojosemi Forest menghadirkan 20 dinosaurus dalam ukuran sebenarnya. Ada yang berukuran sampai 7 meter, lo. Dinosaurus yang mirip dengan aslinya juga dilengkapi dengan suara dan gerakan, sehingga mampu menghidupkan robot raksasa ini.

Beberapa gerakan dinosaurus bahkan dapat mengejutkan pengunjung, layaknya tyronosaurus rex atau lebih dikenal dengan T-Rex yang mendadak saja keluar dari sebuah kontener.

Teknologi suara dan gerakan ini sendiri dikatakan animatronik, yakni penggabungan antara mekanik dengan elektronik yang memberikan hasil atraksi menghidupkan dinosaurus.

Bahkan, dalam menghadirkan dinosaurus di tengah hutan pinus ini, tim kreatif dari Mojosemi Forest Park melaksanakan riset ke Amerika Serikat, langsung ke pembuat film Jurassic Park.

Spot Foto Bagus

foto : dakatour
Foto: dakatour

Banyak orang pada akhirnya menjadikan Dinosaurus Park sebagai ajang berburu foto keren. Paling laris yaitu foto dengan dalam pose dikejar dinosaurus, soalnya memang sangat mirip dengan yang asli.

Mojosemi Forest Magetan berada di Jalan Cemoro Sewu dan Sarangan. Tepatnya berada di Desa Mojosemi, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan. Harga tiket masuk taman wisata ini yaitu sekitar Rp35 ribuan untuk dewasa dan Rp25 ribuan untuk anak-anak. Lumayan terjangkau, bukan? Bonusnya, kalian dapat menikmati semua wahana di Mojosemi Forest Park selain taman dinosaurus.

Walau tutup ketika penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), karyawan destinasi wisata Mojosemi Forest Park di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, tidak sekedar menganggur.

Replika Dinosaurus Baru

foto : kompas
Foto: kompas

Selama penutupan wahana, para pekerja berhasil membuat tiga replika dinosaurus. Mereka pun memperbaiki beberapa replika dinosaurus yang mengisi Taman Dino.

“Anak-anak sudah bisa produksi sendiri, maintenance sendiri. Dulu waktu kita masih mendatangkan tekhnisi dari China untuk perbaikan, biayanya besar sekali,” ucap Kepala Riset dan Pengembangan Mojosemi Forest Park Honggo Utomo di lokasi Dino Show, Jumat (20/8/2021).

Honggo menambahkan, perlu waktu yang lama guna mempelajari anatomi dan bahan baku dalam membuat replika dinosaurus.

Proses paling susah yaitu saat membuat tekstur kulit dinosaurus yang kedap air. Sehingga, air tidak masuk ke dalam komponen penggerak ketika hujan.

“Untuk detail karakter kita gunakan busa yang dilapisi kain kasa kemudian dilapis lagi bahan elastis seperti bahan stocking barus dilapis foam. Untuk detailnya kita gunakan solder khusus baru pewarnaan,” tuturnya.

Dengan kemampuan para pekerja sekarang ini, Mojosemi Forest Park dapat menekan biaya produksi dan perbaikan replika dinosaurus.

Dengan keahlian tersebut Mojosemi Forest Park akan menambah koleksi dinosaurus terbaru. Selama masa PPKM, Mojosemi Forest Park mengajak para warga melaksanakan kunjungan ke Taman Dinosaurus dengan virtual.

“Sudah tiga minggu kita buka. Launching pertama kemarin ada pengunjung Kuwait, Papua, Palembang dan lain lain. Kita ajak mereka mengunjungi Taman Dinosaurus secara virtual,” ujarnya.

Sebelumnya Mojosemi Forest Park menghebohkan masyarakat Indonesia lewat unggahan video dinosaurus yang turun dari truk.

Pada video yang beredar, seekor dinosaurus terlihat turun dari mobil truk dan dijinakkan oleh sejumlah orang.

Berita Terkait