Menguntungkan, Tips Atur Lemari Pakaian Agar Terlihat Rapi

Kamis, 1 Februari 2024 | 16:38:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Menguntungkan, Tips Atur Lemari Pakaian Agar Terlihat Rapi

Ilustrasi Lemari Pakaian. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Merapikan lemari pakaian adalah salah satu kegiatan yang terkadang sangat sulit untuk dilakukan, padahal sudah direncanakan sejak lama. Rasa dilema pun muncul antara tidak tahan melihat lemari pakaian yang berantakan, dan rasa malas.

Namun, merapikan lemari pakaian harus dilakukan. Bukan tanpa alasan, kegiatan itu bukan hanya sekedar agar lemari pakaianmu terlihat rapi, tapi ruanganmu juga.

Selain itu, hal ini membuat perbedaan besar dalam hal berpakaian. Ketika kamu benar-benar dapat melihat semua blazer, gaun, jeans, dan rok dengan jelas, menata pakaian akan menjadi sangat menguntungkan, apalagi ketika semua pakaian yang sudah usang namun masih layak bisa kamu ubah menjadi cuan.

Dilansir dari Cosmopolitan Online, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk merapikan lemari pakaianmu, rekomendasi dari Elika Gibbs dari Practical Princess dan Virginia Feacey, yang merupakan Country Manager Inggris di situs penjualan kembali desainer bekas Rebelle.

Jual untuk Hasilkan Cuan

Ilustrasi Lemari Pakaian. (Freepik.com)

Saat merapikan dan mengatur pakaian dari lemari kamu harus membaginya menjadi empat kategori terlebih dahulu, yaitu menjual, memungkinkan, sesuaikan, dan tidak terpakai.

Pisahkan pakaian-pakaian dari dalam lemari sesuai dengan kategori tersebut, mana yang harus dijual, mana yang masih memungkinkan untuk dikenakan, mana yang harus disesuaikan kembali, dan mana yang sudah tidak terpakai untuk diberikan kepada adik atau teman.

Atur Berdasarkan Jenis Barang & Warna

Ilustrasi Lemari Pakaian. (Freepik.com)

Kami juga bisa mengaturnya terlebih dahulu berdasarkan item, jadi semua atasan dalam satu bagian, semua blazer menjadi satu, semua jeans satu ditempatkan di tempat yang sama. Tidak hanya jenis pakaian, kamu juga bisa menyusunnya berdasarkan warna dalam kategori tersebut.

“Ini akan membuat segalanya terlihat lebih rapi dan akan menghemat waktu Anda di pagi hari ketika Anda harus berpakaian terburu-buru," saran Virginia.

Gunakan Peralatan Pendukung

Ilustrasi Lemari Pakaian. (Freepik.com)

Agar lemari pakaianmu terlihat semakin terorganisir dan rapi, kamu bisa menggunakan peralatan pendukung, seperti gantungan baju, keranjang baju, bahkan laci portable serta kotak plastik.

"Gunakan gantungan yang bagus dengan sudut membulat dan gunakan kotak untuk mengatur laci. Ini sangat bagus untuk ikat pinggang, pakaian dalam, dan kaus kaki," saran Virginia.

Ikuti Tren Capsule Wardrobe

Ilustrasi Lemari Pakaian. (Freepik.com)

Terakhir, tips yang bisa kamu ikuti agar lemari pakaianmu terlihat menjadi rapi adalah mengisinya dengan sedikit pakaian, dan ikuti tren capsule wardrobe.

Tren tersebut akan membuatmu hanya menyisakan beberapa potong pakaian yang dapat dipadupadankan satu sama lain. Hal ini menarik untuk dicoba karena akan mengasah kreativitasmu dalam berbusana.