7 Menu Favorit Sarapan Khas Indonesia, Ada Kesukaanmu?

Kamis, 25 November 2021 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

7 Menu Favorit Sarapan Khas Indonesia, Ada Kesukaanmu?

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory,id - Indonesia kaya akan ragam kuliner dari berbagai daerah, namun ada beberapa menu makanan yang jadi khas Indonesia yang banyak digemari masyarakat buat sarapan pagi. Penasaran apa saja? Cari tahu yuk di sini!

Salah satu menu sarapan yang banyak digemari masyarakat Indonesia di beberapa daerah adalah bubur ayam. Namun tak hanya itu masih ada banyak menu lagi yang bisa dinikmati di pagi hari sebagai menu sarapan.

Inilah pilihan menu sarapan khas Indonesia yang bisa dipilih:

1. Nasi Uduk 

Foto: Resepistimewa

Nasi uduk adalah salah satu menu sarapan  favorit masyarakat Indonesia. Nasi uduk dibuat dengan campuran santan dan bumbu kayu manis, pala, serai, jahe ini, biasanya disajikan dengan semur tahu/jengkol, telur dadar, tempe, oreg, bihun, dan  gorengan bakwan serta tambahan taburan bawang goreng.

Tak ketinggalan juga diberi kerupuk atau emping, dan sambal kacang. Rasanya nikmat dan lezat serta cukup buat mengganjal perut di pagi hari.

2. Lontong Sayur

Meskipun dahulu lontong sayur hanya ada saat hari raya saja, namun saat ini masyarakat Indonesia sudah terbiasa menyantap sajian ini buat sarapan. Biasanya makanan ini terdiri dari lontong atau ketupat yang dipotong-potong lalu diberi sayur santan yang terbuat dari pepaya dan labu siam yang diiris-iris.

Tambahkan pula bawang goreng serta kerupuk. Lontong sayur banyak ditemui di warung- warung atau pedagang keliling pinggir jalan, rasanya nikmat dan khas bumbu racikan Indonesia.

3. Bubur Ayam

Foto: Ladiestory.id

Ini dia makanan yang paling populer buat sarapan bagi masyarakat Indonesia. Bubur ayam banyak dijumpai di berbagai kota di Indonesia, dan di sukai dari berbagai kalangan serta usia mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Bubur ayam biasanya disajikan dengan suwiran ayam, daun seledri, bawang, goreng, kacang kedelai, irisan cakwe, dan kerupuk. Serta di beri kalbu dan kecap manis asin.

4. Nasi Goreng

Menu sarapan lainnya yang bisa dipilih adalah nasi goreng, menu ini bisa kita buat sendiri dengan bumbu bawang merah, bawang putih, merica dan kecap. Tambahkan telur, baso,  sosis atau sayuran agar rasanya lebih nikmat.

5. Nasi Kuning

Foto: Resepistimewa

Nasi kuning adalah makanan khas Indonesia yang sebagian masyarakat menyantapnya pada pagi hari sebagai sarapan. Nasi kuning ini biasanya dihidangkan bersama tempe kering, ayam goreng, irisan telur dadar dan taburan bawang goreng. 

6. Nasi Pecel

Menu sarapan khas Indonesia lainnya yakni nasi pecel, makanan ini terdiri dari sayuran yang di padu dengan bumbu kacang. Menu kuliner ini merupakan khas daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

7. Soto Ayam

Foto: Ladiestory.id

Menu pilihan nikmat buat sarapan lainnya yakni soto ayam. Makanan ini terdiri irisan ayam, telur rebus, bawang goreng, daun seledri, potongan kentang, tomat, sambal dan kerupuk yang disiram kuah kuning dan disajikan bersama nasi putih.

Nah, itulah 7 menu favorit sarapan pagi khas masyarakat Indonesia yang pastinya semua nikmat dan menyehatkan. Kamu pilih yang mana?