Menyusu Lebih dari 2 Tahun Boleh, Tapi Ada Plus Minusnya!

Jumat, 12 Agustus 2022 | 21:15:00

Sri Maryati

Penulis : Sri Maryati

Menyusu Lebih Dari 2 Tahun Boleh, Tapi Ada Plus Minusnya!

Ilustrasi ibu menyusui anaknya. (Special)

Ladiestory.id - Waktu menyusui yang direkomendasikan oleh Badan Kesehatan Dunia atau WHO adalah hingga anak berusia dua tahun. Namun, tidak jarang ada ibu yang menyusui anak hingga lebih dari dua tahun. Lantas, apakah hal ini normal?

Menyusui lebih dari dua tahun tidak berbahaya, asalkan kebutuhan nutrisi anak terpenuhi. Namun, adakah dampak negatif dari menyusui lebih dari dua tahun?

Alasan Menyusui Lebih dari Dua Tahun

Jika ada pertanyaan, apakah menyusui lebih dari dua tahun normal atau tidak, jawabannya relatif. Disebut tidak normal, jika berat badan si kecil tidak meningkat.

“Artinya, jika anak yang menyusu lebih dari 2 tahun mengalami kekurangan gizi, maka ini tidak normal dan tidak boleh dilanjutkan,” jelas dr. Caroline Mulawi Sp.A dari EMC Hospital Pulomas melalui Insagram Live Teman Parenting @teman_parenting, pada Kamis (11/8/2022).

Jika ibu dan si kecil nyaman melakukan proses menyusui hingga lebih dari dua tahun, dan berat badan anak bertambah sesuai kurva pertumbuhannya, maka mungkin menyusui lebih dari dua tahun masih bisa dilakukan.

”Namun tetap, IDAI menganjurkan penyapihan sudah dimulai di usia 1-2 tahun,” jelas dr. Caroline Mulawi Sp.A.

Penyebab menyusui lebih dari dua tahun ini umumnya berhubungan dengan pengetahuan ibu tentang manfaat dan fungsi ASI sendiri. ASI merupakan makanan yang dibutuhkan bayi hingga usia enam bulan.

Namun, setelah enam bulan, bayi mengalami peningkatan kebutuhan nutrisi dan energi sehingga membutuhkan makanan pendamping selain ASI atau MPASI. Setelah bayi berusia 6 bulan, ASI sudah tidak bisa lagi memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Selain itu, faktor lain yang menyebabkan menyusui berkepanjangan adalah ikatan yang sangat kuat antara ibu dan anak.

“Jadi, sudah bukan karena kebutuhan nutrisi lagi, melainkan karena faktor kenyamanan saja, anak merasa senang di pelukan ibunya saat menyusu,” jelas dr. Caroline.

 

Penelitian: Anak yang Menyusu Lebih dari Dua Tahun Berisiko Kurang Gizi

Dampak negatif timbul, ketika menyusui sampai anak berusia 2 tahun namun tidak diimbangi dengan pemenuhan kebutuhan makanan anak. Jika MPASI atau makanan keluarganya tidak kuat, maka dapat menyebabkan kurang gizi.

“Kebiasaan ibu adalah jika anak nangis sedikit, diberi susu, akibatnya anak ini kenyang ASI dan menolak makanan lain yang seharusnya sudah diberikan sejak enam bulan ke atas, dan alhasil menyebabkan kurang gizi,” ungkap dr. Caroline.

Oleh sebab itu, anak yang menyusu lebih dari dua tahun suka menolak makanan padat karena mereka merasa sudah kenyang.

“Ada penelitian yang menunjukkan bahwa ternyata anak-anak yang kurang gizi cenderung menyusu lebih dari dua tahun,” jelas dr. Caroline.

Jadi, boleh menyusui lebih dari dua tahun. Namun, pastikan anak menyusu secukupnya dan tidak lebih banyak dari mengonsumsi makanan bergizi sehari-hari.

Selain itu, dampak negatif dari menyusui lebih dari dua tahun tidak hanya ada pada anak saja, melainkan juga Mums sendiri. Untuk Mums, dampak negatifnya adalah menstruasi tidak teratur sehingga membawa beberapa konsekuensi, misalnya sulit mengatur keluarga berencana.

Selain itu, jika anak sudah di atas dua tahun, tenaganya lebih besar dan giginya sudah tumbuh sehingga menghisap serta menggigit puting payudara lebih keras dan menyebabkan luka di payudara ibu. Kemudian, ada potensi si kecil juga menjadi terlalu ketergantungan bersama ibu.

Oleh sebab itu, sebisa mungkin menyusui dilakukan sampai tidak lebih dari waktu yang dibutuhkan. Sebisa mungkin penyapihan sudah dimulai sejak anak berusia 1-2 tahun. Dr. Caroline juga menekankan, bahwa jika bayi sudah masuk usia enam bulan, Mums harus sudah mengenalkan MPASI. Jangan sampai terlambat ya Ladies!