Meraup Untung Hingga Satu Juta Rupiah, Ini Bisnis El Rumi saat SMA

Minggu, 26 Juni 2022 | 14:30:00

Tyas Sukma

Penulis : Tyas Sukma

Meraup Untung Hingga Satu Juta Rupiah, Ini Bisnis El Rumi Saat Sma

El Rumi. (Instagram.com/elelrumi)

Ladiestory.id - Anak kedua dari Maia Estianty dan Ahmad Dhani, Ahmad El Jallaludin Rumi atau yang kerap disapa El ternyata pernah berjualan.

Pemuda yang kini menjadi perbincangan hangat setelah menang tinju melawan Winson Reynaldi ini, pernah menjalankan suatu bisnis ketika duduk di bangku SMA yang membuatnya bisa mendapatkan untung hingga satu juta rupiah dalam sehari.

Meski terdengar menggiurkan, ide bisnis yang dilakukan El bukanlah hal yang patut untuk dicontoh karena kala itu El menjual kertas contekan

Dalam podcast Deddy Corbuzier, El menceritakan bagaimana Ia memulai bisnis tersebut.

“Jadi dulu aku kan ada ujian, kakak kelasku bikin contekan setengah (kertas ukuran) A4. Gede banget. Terus dilipet (diselipkan di) A4 dia yang soal. Kok contekan gede banget, ya? Ketahuan lah pasti,” ujar El.

Merasa hal tersebut sangat riskan, El memutuskan untuk melakukan improvisasi dari cara menyontek yang dilakukan oleh Sang Kakak Kelas.

“Akhirnya, semua yang formatnya setengah A4, aku ketik ulang, aku print jadi sekecil ini, tapi tulisannya HD diprint. Jadi, (tulisannya) tebel tapi kecil. Wah, itu ga ketauan,” ujar El.

“Tapi kan kecil, kurang lebih segini, itu bisa bolak-balik tuh kertas rangkuman.” lanjutnya.

Ternyata, banyak teman-temannya yang menganggap hal itu sebagai ide brilian hingga membuat El memutuskan menjual contekannya. Harga yang dipatok oleh El bervariatif, mulai dari Rp10 Ribu sampai Rp20 Ribu untuk tiap contekan hasil produksinya.

Tidak hanya menggaet pelanggan, usaha yang dibuat El juga ditiru oleh salah satu kawannya. Mengetahui hal tersebut, alih-alih marah, El malah membiarkan saingan usahanya untuk melanjutkan “bisnis” tersebut dan menutup “bisnis” yang telah Ia rintis.

“Karena bikin itu kan lumayan effort, kan. Akhirnya, (aku bilang) ’Ya udah, oke, market gua gua kasih ke lo, tapi lo supply ke gua.’ Jadi, setelah itu aku udah ga bikin lagi, tapi setiap dia bikin, dia wajib supply ke aku,” ujar El.

Penuturan tersebut tentu saja membuat Deddy Corbuzier dan seluruh kru tertawa.

“Ini kayak jualan narkoba, ya.” ujar Deddy.

“Tapi itu beneran terjadi loh, sumpah!” saut El.

s