1. Entertainment
  2. Mengandung Pestisida, Mi Sedaap Asal Indonesia Ditarik dari Pasar Hong Kong
Entertainment

Mengandung Pestisida, Mi Sedaap Asal Indonesia Ditarik dari Pasar Hong Kong

Mengandung Pestisida, Mi Sedaap Asal Indonesia Ditarik dari Pasar Hong Kong

Mie Sedaap Korean Spicy Chicken (special)

Ladiestory.id - Hong Kong tarik mie instan asal Indonesia yakni Mie Sedaap goreng varian Korean Spicy Chicken dari pasaran. Keputusan ini ditetapkan usai Center for Food Safety (CFS) Hong Kong menemukan kandungan pestisida dalam produk tersebut.

Otoritas pangan itu mengumumkan pada Selasa (27/9/2022), sampel sejenis mie instan kemasan yang diimpor dari Indonesia ditemukan mengandung pestisida, etilen oksida. Karena adanya kandungan ini, CFS Hong Kong mewanti-wanti masyarakat agar berhenti menginsumsi varian mie tersebut. 

"CFS mengumpulkan sampel produk dari supermarket di Lok Fu untuk pengujian di bawah Program Pengawasan Makanan rutin. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sampel mie, paket bumbu dan bubuk cabai produk mengandung pestisida, etilen oksida," kata juru bicara CFS Hong Kong, sebagaimana yang dikutip dari laman info.gov.hk.

Saat ini CFS Hong Kong telah telah melarang penjualan Mie Sedaap goreng varian Korean Spicy Chicken. Pihak mereka juga telah memberi tahu Mie Sedaap untuk menarik mie yang memiliki kandungan pestisida. 

"Menurut Residu Pestisida dalam Peraturan Makanan (Cap 132CM), makanan untuk konsumsi manusia yang mengandung residu pestisida hanya boleh dijual jika konsumsi makanan tersebut tidak berbahaya atau merugikan kesehatan," kata CFS Hong Kong.

"Pelanggar dapat dikenakan denda maksimum $50.000 (Rp761 Ribu) dan penjara selama enam bulan setelah terbukti bersalah," jelas mereka.

Penyelidikan soal Mie Sedaap yang mengandung pestisida masih berlanjut hingga saat ini. CFS mengatakan bahwa mereka tidak berhenti memperingatkan pedagang. Pihaknya dengan tegas menindaklanjuti insiden tersebut dan mengambil tindakan yang sesuai.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel