Miliki Lagu Religi di Dewa 19, Ahmad Dhani: Sebenarnya Bukan Konteplasi Saya

Sabtu, 2 April 2022 | 15:19:00

Monica Dameria

Penulis : Monica Dameria

Miliki Lagu Religi Di Dewa 19, Ahmad Dhani: Sebenarnya Bukan Konteplasi Saya

Ahmad Dhani. (Instagram.com/officialjameelianz)

Ladiestory.id - Musisi Ahmad Dhani sejak dulu dikenal sebagai pencipta lagu dalam industri musik Tanah Air. Sejumlah lagu hit legendaris sukses digarap oleh vokalis Dewa 19 tersebut.

Karya-karya ciptaan Ahmad Dhani selalu berhasil memukau para pendengar musik di Indonesia. Ia sempat mengangkat tema religi dan ketuhanan dengan lirik yang bermakna.

Lagu religi Dewa 19 yang berjudul "Kuldesak", "Satu", serta "Jika Surga dan Negara Tak Pernah Ada" dipercaya para pencinta musik Tanah Air memiliki nilai-nilai ketuhanan dan keagamaan. Namun, Ahmad Dhani mengaku bahwa lagu tersebut hanya mengutip dari sejumlah objek yang dekat dengan publik.

“Sebenarnya itu deretan hits bertema religi bukan konteplasi saya. Orang sering memuji saya soal religiusitas di lagu ‘Jika Surga dan Neraka’ yang dinyanyikan bersama Alm Chrisye itu bukan pemikiran saya, saya hanya mengutip,” jelas Ahmad Dhani.

"‘Jika Surga dan Neraka Tak Pernah Ada’ itu saya mengutip dari Rabi’ah Al-Adawiyyah seorang perempuan penyair sufi, kalau ‘Satu’ saya mengutip dari tausiyah Syeikh Siti Jenar, kalau ‘Kuldesak’ itu dari surat Al-Fatehah. Jadi inspirasinya itulah, mengutip saja,” lanjutnya.

Ahmad Dhani mengatakan bahwa ia belum berani memasukkan pemikirannya mengenai religi. Ia juga mengaku takut mendapatkan kontroversi.

“Karena saya belum berani memasukan kutipan dari hati saya. Jadi masih berani mengutip yang sudah ada, kalau yang ngutip dari hati saya, saya belum berani, karena takutnya terlalu kontroversial," ungkap Ahmad Dhani.

Usai 12 tahun vakum meluncurkan lagu, Dewa 19 bersama Ello kembali merilis single terbaru berjudul "Juliette". Melalui single terbaru ini, Dewa 19 ingin menunjukkan bahwa nama mereka tak hilang dan kembali dengan konsep yang berbeda.

Lagu ini bercerita mengenai Romeo dan Juliette yang berada di era sekarang. Romeo meminta Juliette untuk putus dengan sang kekasih. Bahkan, Romeo meyakinkan Juliette bahwa ia terbaik daripada pria lain.