5 Mitos Kulit Wajah yang Banyak Dipercaya dan Faktanya

Senin, 22 Agustus 2022 | 00:01:00

5 Mitos Kulit Wajah Yang Banyak Dipercaya Dan Faktanya

kulit wajah yang sehat

Ladiestory.id - Dalam perawatan kulit, banyak orang yang mencoba-coba berbagai kandungan skincare. Tentu mereka sangat ingin hasil yang maksimal untuk merawat kulitnya agar sehat. Selain itu, banyak mitos yang beredar terkait perawatan kulit yang kerap dipercaya oleh banyak orang. Berikut 5 Mitos tentang kulit wajah yang wajib kamu pahami.

Sering Cuci Muka akan Terhindar dari Masalah Kulit

Foto: Ladiestory.id

Membersihkan wajah merupakan rutinitas yang penting untuk dilakukan untuk menjaga kulit wajah agar tetap bersih. Setelah seharian melakukan aktivitas, kotoran, minyak, dan debu yang menepel pada wajah akan menumpuk di wajah. Oleh sebab itu, mencuci wajah sangatlah penting.

Namun, terdapat mitos yang beredar tentang seringnya mencuci muka dalam sehari yang akan membuat kamu terhindar dari masalah kulit. Faktanya, mencuci muka dalam sehari hanya bisa dilakukan 2 kali. Semakin sering mencuci muka dengan facial wash, kulit akan terasa kering.

Makan Kacang Timbul jerawat

Ilustrasi kacang-kacangan. (Special)

Selain pemakaian kandungan perawatan yang tidak teliti, mengonsumsi makanan sembarangan juga menjadi penyebab timbul masalah kulit. Seperti mitos tentang mengonsumsi kacang yang akan menyebabkan munculnya jerawat.

Menurut American Academy of Dermatology, jerawat tidak disebabkan oleh cokelat, kacang, ataupun es krim. Artinya, mengonsumsi kacang atau cokelat tidak akan menyebabkan munculnya jerawat. Faktanya, kacang menjadi camilan yang sehat dan bergizi untuk bantu kesehatan kulitmu.

Mengoleskan Lemon ke Wajah

Ilustrasi menghilangkan noda jamur dengan lemon. (Spesial)

Mitos ini sering disalah artikan oleh banyak orang. Mitos tentang mengoleskan lemon langsung ke wajah akan membuat bekas jerawat hilang. Faktanya, lemon sangat berbahaya jika langsung diaplikasikan ke wajah. Asam dalam lemon akan menyebabkan wajah menjadi kering, kemerahan, dan kulit mengelupas.

Selain itu, mengoleskan air lemon langsung ke wajah saat kulit berjerawat sangat berbahaya. Jerawat yang terkena asam dari lemon akan langsung pecah dan bisa mengeluarkan darah. Itu karena kandungan asam lemon yang cukup tinggi tidak cocok untuk perawatan kulit yang berjerawat.

Meskipun kandungan lemon sangat baik untuk mencerahkan wajah, sebaiknya gunakan skincare yang memiliki kandungan lemon daripada langsung mengaplikasikan lemonnya. Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan pelembab setelah menggunakan skincare yang mengandung bahan lemon.

Kulit Berminyak Tak Perlu Pelembab

Ilustrasi wajah berminyak. (Special)

Kulit kering sangat dianjurkan untuk rutin menggunakan pelembab. Namun, seiring perkembangannya, banyak mitos yang mengatakan jika kulit berminyak tak perlu menggunakan pelembab. Faktanya, pelembab sangat baik untuk segala jenis kulit. Kulit yang berminyak tetap membutuhkan pelembab untuk menghindari dehidrasi pada kulit.

Makeup Picu Masalah di Kulit Wajah

Ilustrasi Akibat Malas Membersihkan Alat Makeup (pinterest)

Mitos yang terakhir tentang penggunaan makeup yang terlalu sering akan menimbulkan masalah di wajah. Faktanya, banyak orang yang lupa mengecek kadaluarsa rangkaian makeup-nya atau lupa membersihkan brush atau spons makeup.

Bakteri yang menempel pada brush akan menempel dan bisa menyebabkan jerawat, komedo, dan brutusan pada kulit wajah. Oleh sebab itu, kamu harus rutin bersihkan perlengkapan makeup kamu untuk hindari masalah kulit.