Mondelez Indonesia Dukung Tingkatkan Kualitas UMKM Kuliner agar Naik Kelas

Kamis, 24 November 2022 | 21:00:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Mondelez Indonesia Dukung Tingkatkan Kualitas Umkm Kuliner Agar Naik Kelas

Ilustrasi perempuan membuat kue. (Special)

Ladiestory.id - Seiring dengan membaiknya situasi, tren UMKM kuliner pun kembali menunjukkan geliat kebangkitannya. Namun demikian, pandemi telah mendorong perubahan akan pola konsumsi dan pembelian camilan masyarakat, yang akan menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku UMKM kuliner.

Memahami kondisi tersebut, Mondelez Indonesia dengan didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, kembali menghadirkan program #DukungUMKMKuliner dengan mengedepankan tema “Berkelas Karena Kualitas”.

Acara Mondelez Dukung UMKM Kuliner Indonesia. (Spesial)

Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, mendukung penuh inisiatif yang dilakukan Mondelez Indonesia. Pihaknya menyambut baik hadirnya inisiatif #DukungUMKMKuliner yang secara konsisten dihadirkan Mondelez Indonesia. Mengingat, UMKM kuliner menyumbang Rp455,44 Triliun atau sekitar 41 persen dari total PDB ekonomi kreatif pada 2020.

Selain itu, subsektor ini juga menyerap tenaga kerja sebesar 9,5 juta orang, sehingga turut memberikan dampak besar terhadap perekonomian Indonesia. Oleh karena itu, mendukung kebangkitan UMKM tentunya sudah menjadi tanggung jawab bersama dalam upaya mendorong pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Semangat  #BerkelasKarenaKualitas dipilih oleh Mondelez Indonesia menjadi tema besar program #DukungUMKMKuliner pada tahun ini. Berdasarkan hasil survei The State of Snacking tahun 2021 dari Mondelez International, yang mengungkap bahwa konsumen semakin selektif dalam memilih camilan, sehingga menjadikan persaingan di industri kuliner semakin ketat dan memberikan tantangan baru bagi pelaku UMKM kuliner.

Acara Mondelez Dukung UMKM Kuliner Indonesia. (Spesial)

Selama hampir tiga bulan penyelenggaraannya, inisiatif #DukungUMKMKuliner diikuti lebih dari 700 pelaku UMKM Kuliner dari berbagai wilayah Indonesia.

Secara umum, penyelenggaraan inisiatif ini terbagi menjadi tiga rangkaian besar yaitu, pelatihan yang memberikan berbagai tips kreatif agar bisnis UMKM Kuliner naik kelas, kompetisi bisnis yang terbagi menjadi tiga kategori, yaitu Best Food Menu, Best Packaging Design dan Best Marketing Promotion, serta konferensi pers sekaligus pengumuman pemenang kompetisi.

Penyelenggaraan program #DukungUMKMKuliner pada tahun kedua ini kembali kembali bersinergi dengan berbagai pihak, mulai dari komunitas Sahabat UMKM, GrabFood, NielsenIQ, Food Vlogger and F&B Business Owner MGDALENAF, serta Najla Bisyir selaku Owner and Founder Bittersweet by Najla. 

Acara Mondelez Dukung UMKM Kuliner Indonesia. (Spesial)

Menutup sambutannya, Parveen Dalal, selaku President Director Mondelez Indonesia berharap, hadirnya inisiatif #DukungUMKMKuliner tahun ini dapat menjadi dukungan nyata dari perusahaan dalam mendukung pengembangan usaha dari pelaku UMKM kuliner agar dapat naik kelas dengan meningkatkan berkualitas, sekaligus mendorong percepatan pemulihan perekonomian Indonesia.