Mpasi Aman Menurut Dr.Meta

Jumat, 11 Oktober 2019 | 11:48:36

Kd Mumpuni

Penulis : Kd Mumpuni

Mpasi Aman Menurut Dr.meta

Ilustrasi Mpasi. (Special)

Dalam sesi tanya jawab yang dr meta lakukan di instagram pribadinya, Dr meta pernah memberikan ilmu yang bermanfaat untuk para new mommy yang baru saja akan memulai Mpasi.

Karena untuk sebagaian besar new mom Mpasi terkadang menjadi senbuah hal besar yang harus di persiapkan. Bukan karena susah membuat menu Mpasinya, tetapi syarat menu Mpasi harus terpenuhi untuk menghindari hal - hal yang tidak kita inginkan.

Mulai dari mempersiapkan bahan Mpasi, alat Mpasi sampai dengan kualitas dari bumbu - bumbu Mpasi yang harus diperhatikan. Mpasi adalah makanan pendamping Asi.

Menurut Who syarat Mpasi yang harus terpenuhi ada 4 hal agar tumbuh kembang anak juga bisa terlihat saat ia memulai Mpasi ya.

Anjuran Mpasi menurut Who ada 4 hal yang perlu di perhatikan yaitu :

  • Tepat Waktu?
  • Adekuat
  • Diberikan dengan Benar?
  • Aman?

4 syarat diatas tadi adalah mpasi yang baik menurut WHO artinya ada contoh kasus mpasi diberikan saat usia anak 6 bulan, makanan yang diberikan sudah dihitung benar mencukupi kebutuhan nutrisi, tapi tekstur tidak sesuai dengan usia seharusnya.

Mpasi juga harus aman saat disimpan dan disiapkan dengan higienis serta diberikan dengan keadaan tangan bersih berikut dengan peralatan mpasi yang bersih juga pastinya.

Mpasi aman sangatlah penting karena WHO menggap penyakit yang disebabkan kontaminasi makanan sebagai masalah kesehatan paling luas di Dunia. Keamanan makanan terutama di masa Mpasi dapat menjadi ancaman bagi kesehatan anak.

Penyimpanan dan proses masak Mpasi yang tidak benar bertanggung jawab terhadap penyakit, karena penyimpanan Mpasi pada suhu 28-38 derajat celsius beresiko meningkatkan multiplikasi organisme patogen ( kuman,bakteri,yang berbahaya ).

3,2 juta anak meninggal karena diare setiap tahunnya, sementara ratusan juta anak diare dan menyebabkan malnutrisi. 70?ri sekian banyak kejadian diare ini disebabkan karena kuman yang bisa jadi menyabar lewat makanan.

Penyakit infeksi yang berhubungan dengan pencernaan sering sekali disebabkan karena ketidakhigienisan dan dapat menyebabkan stunting. Salah satu cara efektif yang bisa dilakukan untuk mencegah hal ini adalah mencuci tangan dengan sabun.

Hal yang harus di perhatikan saat menyiapkan Mpasi :

Cuci tangan ibu setelah ke toilet dan membersihkan kotoran bayi.

Cuci tangan ibu sebelum makan.

Pastikan kebersihan tangan saat menyiapkan Mpasi.

Pastikan juga kebersihaan peralatan makan yang digunakan.?

Pisahkan talenan untuk memotong bahan makanan mentah dan matang.

Selain syarat diatas tadi ada suhu / tempratur yang merupakan faktor penting yang menentukan pertumbuhan kuman di makanan.

Jika makanan tidak disajikan pada suhu yang tepat, kuman patogen dapat tumbuh dan menyebabkan infeksi ( yang kemudian bisa menyebabkan malnutrisi dan stunting ).

Suhu yang berbahaya adalah antara 5-60 derajat Celcius.Kuman dapat tumbuh lebih cepat di makanan pada suhu antara 21 - 47 derajat celcius oleh karena itu aturan makanan panas berada di suhu minimal 60 derajat celcius dan makanan dingin dibawah 5 derajat celcius.?

Kesimpulan ya adalah syarat Mpasi yang baik menurut WHO adalah tepat waktu, adekuat, diberikan dengan cara yang benar dan aman.

Penyimpanan dan penyajian Mpasi yang tidak bersih dapat menyebabkan infeksi dan stunting. Pergunakan air bersih untuk membuat Mpasi.

Untuk mencegah kontaminasi kuman simpan makanan dibawah 5 derajat celcius dan diatas 60 derajat celcius. Sebaiknya jangan menghangtkan Mpasi lebih dari 1X.