Mulai dari Diri Sendiri, Begini Cara Memaafkan Dirimu

Minggu, 23 April 2023 | 09:48:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Mulai Dari Diri Sendiri, Begini Cara Memaafkan Dirimu

Ilustrasi Wanita. (Special)

Ladiestory.id - Momen lebaran identik dengan momen bermaaf-maafan kepada orang tua, saudara, sahabat, dan kerabat. Namun nyatanya, sebelum saling bermaafan dengan orang lain, kita harus terlebih dahulu memaafkan diri kita sendiri loh.

Memaafkan Diri Sendiri. (Special)

 

Bukan hanya orang lain yang pernah berbuat salah kepada kita, tapi tanpa disadari kita juga sering berbuat salah kepada diri sendiri. Nah, begini cara memaafkan dirimu di momen lebaran. 

Memohon ampunan dari Tuhan

Ilustrasi doa. (Special)

 

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk dapat memaafkan diri sendiri adalah dengan memohon ampunan dari Tuhan. Memohon ampunan dari Tuhan dapat membuat hati kamu menjadi lebih ikhlas dan tentram dalam proses berdamai mu atas kesalah yang kamu lakukan pada diri kamu di masa lalu.

Menerima tanggung jawab

Untuk bisa memaafkan dirimu sendiri, kamu juga harus bisa menerima tanggung jawab yang ada pada dirimu. Tanggung jawab tersebut berupa menerima semua hal apa pun yang telah terjadi atas dirimu di masa lalu.

Dengan menerima tanggung jawab tersebut, maka kamu dapat mengurangi energi negatif atau penyesalan yang terlalu berlebihan.

Perbaiki kesalahan di masa lalu

Ilustrasi perempuan sedih. (Special)

 

Cara berikutnya yang dapat kamu lakukan adalah dengan bertekad pada diri sendiri untuk memperbaiki dirimu sendiri agar menjadi pribadi yang lebih baik daripada sebelumnya. Kamu harus bersungguh-sungguh untuk tidak mengulangi kesalahan yang kamu lakukan baik itu kepada orang lain maupun kepada diri sendiri.

Jangan hindari rasa bersalah

Untuk dapat berdamai dengan diri sendiri, kamu harus menerima dan mengakui kesalahan yang telah kamu lakukan di masa lalu. Kamu harus bisa menerima dan mengakui emosi yang ada pada dirimu tanpa harus menghindarinya.

Dengan kamu bisa menerima emosimu, maka kamu akan menjadi lebih mudah untuk bisa memaafkan dirimu sendiri atas kesalahan yang terjadi di masa lalu.

Fokus pada hal-hal positif

Ilustrasi bekerja. (Special)

 

Hal berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan memfokuskan dirimu pada hal-hal positif yang ada pada dirimu. Melakukan kesalahan adalah hal yang sangat wajar dilakukan, namun kita tidak perlu harus menyesalinya secara berlebihan. 

Kita harus bisa lebih fokus pada hal-hal positif yang ada di sekitar kita untuk dapat menerima dan memaafkan diri sendiri dari kesalahan yang terjadi di masa lalu.