Mulai Dari Hal Kecil, Ini Cara Sederhana Kelola Kesehatan Mental!

Senin, 29 Januari 2024 | 15:39:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Mulai Dari Hal Kecil, Ini Cara Sederhana Kelola Kesehatan Mental!

Ilustrasi Depresi. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Saat mengalami kecemasan hingga depresi, setiap orang tentu memiliki cara sendiri untuk mengatasinya. Salah satu cara yang biasa terbesit di pikiran saat mengalami kecemasan dan depresi adalah membersihkan rumah.

Dilansir dari Bezzy depression Online, sebuah penelitian menemukan fakta bahwa tindakan merapikan rumah dapat membuat seseorang lebih aktif dan sehat secara keseluruhan. Namun, jika kamu tengah mengalami depresi atau sedang beristirahat meredakan anxiety, pikiran untuk membersihkan rumah tentu membuatmu menjadi kewalahan.

Tapi kamu tetap harus menyalurkan energi negatif yang ada, maka dari itu, berikut 4 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi depresi dan kecemasanmu.

Kesampingkan Hal yang Sempurna

Ilustrasi Depresi. (Freepik.com)

Saat merasa depresi dan melihat keadaan rumah yang sangat berantakan tentu akan membuatmu menjadi semakin tertekan. Khususnya untuk kamu yang sangat ingin segala hal terlihat rapi dan sempurna.

Kesempurnaan dan kondisi kesehatan mental cenderung bertentangan satu sama lain. Cara yang lebih sehat adalah menerima bahwa rumahmu mungkin tidak terlihat sempurna. Untuk menanganinya, cobalah untuk mengorganisir segala hal namun tidak perlu terlihat sempurna.

Selama lingkungan yang terorganisir sejalan dengan standar-standar tersebut dan tidak melanggar kualitas hidup yang menghalangi atau merugikan kehidupan seseorang, maka biasanya seseorang akan menerima dan mendapatkan kedamaian dari hal tersebut.

Lepaskan gagasan tentang sempurna, dan bidiklah tingkat pengorganisasian yang tidak mengganggu kualitas hidupmu.

Atur Kegiatan yang Lebih Mudah

Ilustrasi Depresi. (Freepik.com)

Jika merapikan satu rumah saat depresi tentu akan sangat kewalahan, dengan begitu, cobalah untuk mengatur kegiatan dari yang mudah untuk dijalani. Luangkan waktu 15 hingga 20 menit untuk menyelesaikan hal-hal  rumah tangga dasar, seperti mencuci pakaian atau memisahkan limbah sampah rumah tangga.

Sering kali, sedikit usaha dapat menyegarkan kembali pikiran dan membangun momentum untuk meningkatkan motivasi. Namun hal tersebut tidak selalu terjadi jika kamu tengah bertarung dengan depresi.

Buang Barang yang Tidak Bermanfaat

Ilustrasi Depresi. (Freepik.com)

Kekacauan mental sering kali sangat mengganggu, terutama jika hal tersebut telah mengambil alih hidup dan ruangan. Seperti yang diketahui, tidak sedikit individu yang menimbun banyak barang bahkan sampah saat merasa depresi.

Untuk menghentikan kebiasaan tersebut, kamu harus tahu apa yang membuat suatu barang benar-benar berharga dibandingkan dengan sesuatu yang menurutmu mungkin berharga berdasarkan rasa takut atau emosi lainnya.

Hilangkan Gangguan

Ilustrasi Depresi. (Freepik.com)

Mulai mengorganisir segalanya, termasuk menghilangkan gangguan yang sekiranya dapat memberikan trigger pada kesehatan mentalmu. Ciptakanlah lingkungan senyaman mungkin melalui kedamaian dan ketenangan dengan menghadang segala gangguan, seperti suara keras yang mengganggu, cucian kotor yang berserakan.