Mulai dari Sendiri, Begini Tips Kurangi Sampah Plastik

Jumat, 1 Juli 2022 | 00:01:00

Muna Alkatiri

Penulis : Muna Alkatiri

Mulai Dari Sendiri, Begini Tips Kurangi Sampah Plastik

Ilustrasi sampah plasti (Special)

Ladiestory.id - Keberadaan plastik sudah seperti tak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Sebut saja kemasan produk makanan, kosmetik, hingga tekstil, semua menggunakan plastik. 

Sebanyak 500 juta ton plastik diproduksi secara global tiap tahunnya. Hal ini membuat jumlah plastik yang semakin mendominasi dunia ini. Bahkan, pulau sampah plastik yang mengambang di Samudra Pasifik saat ini sudah mencapai luas 1,6 juta km2.

Salah satu bentuk produk plastik yang kerap digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah plastik kresek. Plastik kresek biasanya hanya digunakan dalam waktu yang sangat singkat. Namun, tahukah kalian? Berdasarkan Life Out Of Plastic (LOOP), plastik kresek memerlukan waktu hingga 500 tahun untuk dapat terurai. 

Fakta waktu yang diperlukan untuk sebuah plastik dapat terurai itu pastinya mencengangkan. Pasalnya, waktu tersebut bahkan lebih lama dari usia rata-rata manusia. Bayangkan jika sampah plastik semakin menumpuk, bisa saja generasi anak-cucu kita nanti harus hidup berdampingan dengan sampah.

Untuk itu, perlu dilakukan langkah untuk menghentikan mimpi buruk mengerikan dari sampah plastik ini. Hal tersebut dapat dimulai dengan menerapkan beberapa hal dibawah ini.

Hindari Produk Plastik Sekali Pakai

Ilustrasi botol bekas. (Spesial)

Banyak sekali produk alat makan sekali pakai yang berbahan dasar plastik. Mulai dari sedotan, gelas, hingga piring sekali pakai banyak yang menggunakan berbahan dasar plastik. Produk semacam ini sebaiknya menggunakan alternatif lain, misalnya sedotan stainless steel atau piring bambu.

Menggunakan tas belanja ketika berbelanja

Tas belanja ramah lingkungan. (Special)

Ketika berbelanja, selalu ingat untuk membawa tas belanja berbahan kain. Dengan begitu, Kamu akan berkontribusi dalam mengurangi plastik, khususnya plastik kresek.

Gunakan Wadah Non-plastik untuk Makanan

Ilustrasi perempuan sehat. (Special)

Sebaiknya Kamu mengganti kotak bekal yang berbahan dasar plastik dengan kotak makanan yang berbahan dasar silikon atau mungkin stainless steel dan kaca.

Letakkan Sampah Plastik pada Tempat Sampah Khusus

Ilustrasi mengambil sampah. (Special)

Usahakan untuk selalu pisahkan sampah plastik dengan sampah lainnya. Dengan begini, Kamu akan memudahkan untuk proses daur ulang sampah plastik. 

Dalam usaha mengurangi sampah plastik, perlu ada perubahan kebiasaan harian dan juga pola pikir. Tak hanya itu, konsistensi juga diperlukan untuk terwujudnya cita-cita tersebut.

s