Mundur dari TROS, Inspirasi Gaya Parenting ala Sam Hammington

Rabu, 5 Januari 2022 | 17:00:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Mundur Dari Tros, Inspirasi Gaya Parenting Ala Sam Hammington

Keluarga Sam Hammington. (Special)

Ladiestory.id - Sam Hammington merupakan komedian berdarah Australia yang berkarier di Korea Selatan. Sam dan duap putranya, William dan Bentley, bintangi acara ragam keluarga bertajuk The Return of Superman (TROS) sejak 2016.  Setelah lima tahun, keluarga ini pamit tinggalkan variety show tersebut pada 19 November 2021 lalu.

Melalui acara tersebut, Sam memperlihatkan pola asuh anak yang inspiratif. Will dan Ben pun tumbuh menjadi anak yang cerdas dengan kepribadian terpuji. Gaya parenting Sam pun patut ditiru oleh penonton, terutama orang tua muda. Ladiestory.id merangkum beberapa kiat parenting ala Sam Hammington yang dapat dijadikan inspirasi mendidik anak.

1. Berikan Pujian untuk Tumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak

Keluarga Sam Hammington. (Special)

Selama bergabung dalam The Return of Superman, Sam tak pernah absen memberikan kalimat pujian untuk kedua  putranya. Salah satu contohnya, saat  Will dan Ben mencoba surfing untuk pertama kalinya dalam episode ke-364.

Dua putra Sam kesulitan mencoba aktivitas tersebut. Namun, Sam selalu memberikan dukungan dan terus meyakinkan, "Tidak akan ada masalah, kalian sudah melakukannya dengan baik. Pasti bisa. Semangat!"

Walaupun sederhana, tapi kalimat tersebut dapat meningkatkan kepercayaan diri Will dan Ben untuk terus mencoba. Hasilnya, mereka lebih berani menghadapi tantangan dan berhasil surfing.

2. Berikan Kepercayaan pada Anak untuk Menyelesaikan Masalah

Keluarga Sam Hammington. (Special)

Sebagai kakak beradik, Will dan Ben kerap bermain bersama. Namun ada kalanya, tak disengaja muncul sebuah konflik kecil antara mereka. Untuk itu, Sam harus turun tangan untuk menengahinya. 

Tanpa memberikan  judgement, Sam memberikan validasi atas perasaan kesal Will dan Ben. Sikap ini patut ditiru orang tua muda, agar anak lebih memahami apa yang mereka rasakan. 

Sam lantas meninggalkan Will dan Ben agar mereka dapat merenungkan kesalahannya. Cara ini bisa melatih kemampuan problem solving anak.

3. Berikan Tugas Kecil untuk Melatih Keberanian Anak

Memberikan tugas kecil pada anak juga menjadi suatu bentuk kepercayaan terhadap mereka. Dalam sebuah tayangan, Ben diberi tugas membeli udang di toko dekat rumahnya. Awalnya, Ben bingung membedakan udang dan ikan. Namun, ia berhasil menyelesaikan tugas berkat arahan dari sang ayah sebelum berangkat. Cara ini dapat meningkatkan keberanian dan melatih tanggung jawab anak dalam memecahkan masalah.

4. Berikan Edukasi yang Mudah Dipahami dan Menyenangkan

Keluarga Sam Hammington. (Special)

Berada di usia yang senang bereksplorasi, Sam pun kerap mengadakan kelasnya sendiri untuk memberikan edukasi kepada Will dan Ben. Agar perhatian kedua putranya fokus, Sam mempersiapkan bahan hingga materi yang menarik, dengan penjelasan yang mudah dipahami oleh anak. 

Sam pun pernah memberikan edukasi seksual kepada Will dan Ben, sebab usia mereka dirasa cukup untuk menerima pelajaran tersebut. Sam menjelaskan dengan kalimat yang mudah dipahami oleh kedua putranya. Mereka diberi pengertian, agar menghormati tubuh orang lain. Keduanya juga tak dapat menyentuh tanpa meminta izin terlebih dahulu.  Selain itu, mereka juga diajarkan tentang bagian-bagian tubuh yang menjadi area pribadi.

Mengajarkan edukasi seksual sejak dini perlu dicontoh oleh orang tua muda. Hal ini berguna untuk menghindari hal buruk ke depannya.

5. Tumbukan Empati dengan Berbagi

Keluarga Sam Hammington. (Special)

Bukan hanya pendidikan formal saja, anak-anak juga perlu diajarkan untuk menumbuhkan empati, salah satunya dengan berbag. Sam Hammington pernah mengajarkan dua anaknya untuk membagikan kentang yang mereka miliki. Ia memberi Will dan Ben tanggung jawab untuk menjadi penjaga stand. Dalam menjalankan tugasnya, Will percaya diri menjelaskan bahwa ia punya banyak kentang. Para tetangga boleh mengambil kentang tersebut secara gratis.