Muslimah yang Tengah Menstruasi Tetap Bisa Lakukan Amalan ini Saat Lailatul Qadar

Kamis, 21 April 2022 | 22:40:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Muslimah Yang Tengah Menstruasi Tetap Bisa Lakukan Amalan Ini Saat Lailatul Qadar

Ilustrasi komunitas perempuan muslim. (Special)

Ladiestory.id - Melakukan ibadah dan amalan-amalan saleh saat Ramadan menjadi keutamaan yang ingin dijalani oleh setiap umat muslim. Terlebih, memasuki 10 hari terakhir, menjadi waktu yang ditunggu karena adanya lailatul qadar.

Bagi perempuan, siklus bulanan atau menstruasi memang menghalangi beberapa kewajiban ibadah, seperti berpuasa, menjalankan salat hingga tadarus Al-Qur'an. Meski begitu, bukan berarti muslimah yang tengah menstruasi tak bisa mendapatkan keutamaan di lailatul qadar. 

Terdapat beberapa amalan lain yang tetap bisa dilakukan bagi muslimah yang tengah menstruasi untuk mendapatkan keutamaan yang sama dengan umat muslim dan muslimah lainnya di malam lailatul qadar.

Berikut Ladiestory.id merangkum amalan-amalan yang bisa dilakukan muslimah yang tetap ingin mencari banyak pahala dan keutamaan lailatul qadar meski dalam kondisi menstruasi.

Perbanyak Mengucap Tasbih, Tahlil dan Tahmid

Ilustrasi Amalan Muslimah saat Haid. (Spesial)

Para muslimah yang tengah menstruasi atau nifas memang terhalang untuk melaksanakan ibadah, seperti salat hingga berpuasa, namun bukan berarti semua ibadah tak bisa dilakukan. 

Memperbanyak zikir dengan bertasbih mengucap "Subhanallah", bertahlil mengucap "Lailahaillallah" dan bertahmid mengucap "Alhamdulillah", menjadi amalan kedua yang disukai Allah dan dianjurkan bagi para muslimah yang tengah menstruasi.

Perbanyak Mengucap Istigfar

Ilustrasi Amalan Muslimah saat Haid. (Spesial)

Selain tiga kalimat zikir yang telah disebutkan sebelumnya, memohon ampun dengan memperbanyak mengucap istigfar menjadi amalan lainnya yang bisa dilakukan muslimah yang tengah menstruasi agar tetap mendapatkan keutamaan di malam lailatul qadar.

Selain itu, memperbanyak mengucap zikir pun diketahui memiliki keutamaan yang setara dengan beribadah selama seribu bulan.

Berselawat kepada Nabi Muhammad SAW

Ilustrasi Amalan Muslimah saat Haid. (Spesial)

Amalan selanjutnya yang boleh dilakukan dan turut dianjurkan untuk dilakukan para muslimah ketika menstruasi adalah berselawat kepada Nabi Muhammad SAW. Selain meraih pahala, berselawat pun dipercaya dapat menciptakan ketengan jiwa, disinari cahaya iman, rahmat dan keberkahan, serta memiliki akhlak yang mulia.

Mendengarkan Lantunan Ayat  Al-Qur'an 

Ilustrasi Amalan Muslimah saat Haid. (Spesial)

Bagi muslimah yang tengah menstruasi memang tidak diperbolehkan untuk membaca Al-Qur'an. Meski begitu, ternyata amalan lain yang dianjurkan. Kamu bisa mendengarkan ayat Al-Qur'an saat tengah menstruasi dengan pahala yang sama dengan yang membacanya.

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi pun menjelaskan jika Allah SWT memberikan banyak kebaikan yang memudahkan hambanya untuk beribadah, seperti kebaikan berupa pahala yang sama bagi para hamba yang membaca Al-Qur'an dan bagi yang mendengarkannya.

Perbanyak Bersedekah

Ilustrasi sedekah. (Spesial)

Amalan lainnya yang tetap bisa dilakukan oleh muslimah yang tengah menstruasi adalah dengan memperbanyak sedekah. Tak hanya bagi yang bersedekah, orang yang menerima sedekah pun tak ketinggalan turut mendapatkan keutamaan yang sama.

Menurut syariat yang berlaku, sedekah dilakukan dengan mengeluarkan harta demi suatu kepentingan. Namun mengenai bentuknya, sedekah tidak sebatas pada barang atau materi.

s