Nathania Karina Jadi Konduktor Perempuan Pertama yang Pimpin GBN di Istana Negara

Rabu, 17 Agustus 2022 | 13:45:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Nathania Karina Jadi Konduktor Perempuan Pertama Yang Pimpin Gbn Di Istana Negara

Nathania Karina Konduktor Perempuan GBN di Istana Negara. (Special)

Ladiestory.id - Tahun ini, pencapaian baru diketahui hadir dari sosok Nathania Kirana yang ditunjuk sebagai konduktor perempuan pertama dari Gita Bahana Nusantara (GBN) sejak pertama kali berdiri pada 2007 lalu.

GBN sendiri, diketahui merupakan grup paduan suara dan orkestra yang kerap tampil di Istana Negara pada acara perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia, termasuk di HUT RI yang ke-77 pada Rabu (17/8/2022).

Nathania Karina Konduktor Perempuan GBN di Istana Negara. (Special)

Atas pencapaian tersebut, ia pun mengaku bersyukur karena ia mampu membuktikan kemampuannya sebagai konduktor, yang sebelumnya lekat dengan citra maskulin dari laki-laki. Ia berharap kesempatan ini tak hanya datang kepadanya, namun kepada konduktor perempuan lain setelahnya.

"Saya bersyukur sekali mendapatkan kesempatan ini. Saya berharap saya bukan perempuan pertama dan terakhir yang menjadi konduktor GBN, tapi harus ada perempuan-perempuan lainnya yang nantinya dapat menjadi konduktor GBN atau di mana saja," ujar perempuan yang kerap disapa Nia saat ditemui beberapa waktu lalu.

Nathania Karina Konduktor Perempuan GBN di Istana Negara. (Special)

Mengenai kiprah Nia di dunia musik, ia merupakan lulusan bergelar doktor musik dari Boston University. Sebelumnya, ia mengaku sempat tak didukung untuk berkarier di dunia musik. Namun, dengan tekad dan kerja keras, ia pun akhirnya berhasil membuktikan kemampuannya dengan sejumlah prestasi yang kini berhasil diraih.

Sementara itu, momen upacara Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-77 tahun ini, tampaknya menjadi momen kebangkitan bagi seluruh lapisan masyarakat setelah 2 tahun dilanda kondisi darurat pandemi Covid-19. Memperingati hari besar ini, acara upacara pun akhirnya kembali dilangsungkan secara cukup meriah di istana negara, seperti yang biasa dilakukan di tahun-tahun sebelum pandemi melanda.