"Neo Business", Layanan yang Permudah UMKM Atur Transaksi Keuangan dan Bisnis

Jumat, 28 April 2023 | 07:00:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

"Neo Business", Layanan Yang Permudah Umkm Atur Transaksi Keuangan Dan Bisnis

Ilustrasi bisnis UMKM. (Special)

Ladiestory.id - PT Bank Neo Commerce Tbk (BNC), dari waktu ke waktu selalu berkomitmen untuk menghadirkan Neo Experience yang terbaik bagi nasabahnya.

Kali ini BNC memperkenalkan layanan keuangan terbaru, yaitu Neo Business yang didesain khusus bagi nasabah individual pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mengatur transaksi keuangan dan transaksi bisnis mereka. Layanan Neo Business ini tersedia di aplikasi perbankan neobank milik BNC, yang mana dalam satu aplikasi, nasabah bisa mendapatkan dua layanan yang saling melengkapi, yaitu layanan untuk nasabah umum, dan satunya lagi untuk nasabah pemilik usaha kecil dan menengah.

Banyak pakar ekonomi yang memprediksi bahwa pada tahun 2023, UMKM masih menjadi kunci sumber pertumbuhan ekonomi Indonesia. Menurut data Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia pada Oktober 2022, UMKM mampu menyerap 97 persen dari total angkatan kerja dan mampu menghimpun hingga 60,4 persen dari total investasi di Indonesia.

Akan tetapi, UMKM masih dapat berkembang lebih jauh lagi. Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) melansir sebanyak 3,79 juta UMKM sudah memanfaatkan platform online dalam memasarkan produknya, atau 8 persen dari total pelaku UMKM yang ada di Indonesia, yakni 59,2 juta. Selain itu, berdasarkan laporan Boston Consulting Group (BCG) dan Telkom Indonesia, dari sekitar 3.700 UMKM lokal yang disurvei, mayoritasnya terkendala melakukan transformasi digital karena kekurangan pembiayaan.

Berdasarkan data di atas, kita melihat UMKM memiliki peran yang penting bagi perekonomian Indonesia, dan untuk dapat lebih berkembang lagi memenuhi potensinya, BNC ingin turut serta berkontribusi dengan mempermudah UMKM dalam mendapatkan akses terhadap layanan keuangan dan perbankan digital yang berkualitas.

Direktur Bisnis PT Bank Neo Commerce Tbk, Aditya Windarwo, mengatakan, mengingat pentingnya peran UMKM bagi perekonomian Indonesia, BNC sebagai bank digital terdepan memiliki tanggung jawab untuk dapat memberikan layanan perbankan yang inklusif, mudah, cepat, dan menguntungkan bagi para nasabah kami khususnya bagi yang memiliki usaha kecil dan menengah.

"Dengan hadirnya Neo Business, BNC berharap mereka mendapatkan kemudahan transaksi, layanan perbankan yang aman dengan dukungan teknologi yang mumpuni, bebas biaya administrasi dan transfer antarbank. Ke depannya, BNC juga akan menyediakan pinjaman (merchant loan) bagi para pemilik UMKM pengguna Neo Business sehingga dapat membantu mereka dalam mengembangkan usahanya," ungkapnya.

Layanan Neo Business ditujukan untuk memberikan kemudahan layanan perbankan terintegrasi untuk segmen pebisnis kecil dan menengah. Layanan ini memungkinkan pengguna UMKM untuk dapat memisahkan keuangan pribadi dan bisnis, menerima dan mengelola pembayaran hasil usaha dari platform e-commerce, food delivery, atau platform digital lainnya, karena layanan ini dilengkapi dengan fitur pembukuan dan analisa bisnis.

Selain itu, layanan Neo Business juga dapat mengirimkan payment collection kepada mitra bisnis ataupun pelanggan, serta yang utamanya adalah penerimaan transaksi pembayaran menggunakan QRIS yang settlement-nya akan diterima pada hari yang sama.

Fitur QRIS yang terdapat di Neo Business memungkinkan pengguna UMKM mendaftarkannya secara mandiri dengan langkah mudah. Pengguna juga dapat membuat QRIS dinamis atau statis melalui Neo Business sesuai dengan kebutuhan transaksional pengguna. Pengguna juga dapat mengunduh image QRIS dan menerima settlement sameday.

Ke depan, fitur QRIS Neo Business akan dapat diintegrasikan melalui Application Programming Interface (API) kepada merchant sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka.

Bagi pemilik akun rekening neobank dan memiliki usaha, berikut langkah mudah untuk mulai menggunakan layanan Neo Business:
1. Buka aplikasi neobank dan klik bagian Business
2. Klik Aktivasi Sekarang (Activate Now)
3. Input data terkait informasi bisnis seperti Nama Bisnis, Tipe Bisnis, serta informasi lain yang
dibutuhkan dan klik Submit Now
4. Halaman Business akan menampilkan notifikasi Activation Successful
5. Pengguna sudah dapat menikmati fitur-fitur yang terdapat di dalam layanan Neo Business