Ngaku Pecinta Hewan Kucing? Sudah Tahukah 9 Fakta Kucing Ini?

Sabtu, 2 Oktober 2021 | 04:35:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Ngaku Pecinta Hewan Kucing? Sudah Tahukah 9 Fakta Kucing Ini?

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - siapa yang memiliki peliharaan kucing atau gemar dengan hewan ini?  Kucing adalah jenis hewan mamalia karnivora yang berasal dari keluarga Felidae. Habitat kucing adalah di darat yang biasanya berbaur dengan manusia sebagai peliharaan dan ada juga yang hidup liar.

Istilah kucing ini biasanya tertuju pada hewan kucing kecil yang telah jinak dan dipelihara manusia tetapi sebenarnya istilah kucing juga bisa merujuk kepada kucing besar seperti singa dan harimau.

Kucing merupakan hewan predator terhebat di dunia dan memiliki keterampilah berburu yang mengagumkan yaitu mampu berburu lebih dari 1000 spesies untuk makanannya. Karena ukurannya kecil kucing ini tidak berbahaya bagi manusia.

9 Fakta Kucing

Hanya, kemungkinan berbahaya jika digigit kucing karena dapat terinfeksi penyakit rabies. Selain itu bahaya yang mungkin terjadi adalah jika digigit atau dicakar kucing biasa menimbulkan luka yang pedih pada manusia. Namun tak hanya itu, sebab ada 9 fakta kucing yang tidak banyak diketahui.

1. Kucing peliharaan tertua

Fakta kucing yang pertama adalah kucing peliharaan tertua ada sejak 9500 tahun yang lalu. Orang Mesir adalah yang pertama kali memelihara kucing sebagai hewan peliharaan. Dan tahun 2004, para arkeolog Prancis menemukan kuburan kucing berusia 9.500 tahun di Siprus, yang menjadikannya kucing peliharaan tertua di dunia.

2. Kucing menghabiskan 70 persen hidupnya untuk tidur

Memang benar nyatanya bahwa kucing menghabiskan sebagian besar hidupnya untuk tidur. Menurut Veterinary Hub, kucing sebenarnya menghabiskan 70 persen hidupnya untuk tidur, sekitar 13-16 jam sehari. Itulah kehidupan dari hewan kucing.

Foto: Dream

3. Kucing tak bisa makan sayur dan buah

Di alam liar, kucing sepenuhnya adalah hewan karnivora dan ada beberapa asam amino yang hanya ditemukan dalam daging, seperti taurin, yang tidak dapat disintesis atau disimpan. Jadi pola makan kucing vegan harus disesuaikan dengan sangat hati-hati dengan usia dan berat badannya.

Terlalu sedikit taurin dapat menyebabkan kebutaan dan gagal jantung, sementara terlalu banyak dapat menyebabkan infeksi saluran kemih yang serius. Kucing karnivora menyerap semua taurin yang mereka butuhkan dari daging.

Namun taurin sintetis yang ditambahkan ke makanan vegan hadir dalam beberapa bentuk berbeda, yang diserap oleh metabolisme kucing dengan kecepatan berbeda. Hal ini membuat sangat sulit untuk memberi kucing pola makan vegan yang seimbang.

4. Kucing memiliki gen Sama dengan Harimau

Sebuah penelitian menemukan bahwa seekor kucing kecil rumahan memiliki gen 95,6 persen yang sama dengan harimau. Itulah mengapa kucing memiliki perilaku yang kurang lebih sama dengan harimau. Diantaranya hewan ini senang mengendus, mengintai, dan menerkam mangsanya.

5. Telinga kucing mampu berputar 180 derajat

Pernah melihat kucing memutar-mutar telinganya?  Dilansir dari Catster, kemampuan kucing untuk memutar telinganya hingga 180 derajah disebabkan oleh adanya 32 jaringan otot yang mengendalikan telinganya tersebut.

Oleh sebab itu, dalam kondisi tertentu kucing hanya menggerakkan telinganya tanpa menoleh sumber dari suara yang dia dengar. Inilah fakta kucing yang tidak banyak orang saadari.

Foto: NDH

6. Kucing perlu vaksinasi

Memelihara kucing berarti juga wajib menjaga kesehatan hewan mamalia ini. Vaksinasi menjadi salah satu tanggung jawab pemilik kucing dan dilakukan tiap tahun.

Ada dua jenis vaksin yakni, vaksin umum dan vaksin khusus. Vaksin umum terdiri dari vaksin untuk mencegah wabah (distemper atau panleukopenia), parvo (penyakit yang disebabkan virus dan menyerang pencernaan), serta infeksi saluran napas. Sedangkan vaksin khusus seperti vaksin rabies agar kucing terhindar dari bahaya rabies.

7. Kumis kucing sebagai alat navigasi

Fakta kucing selanjutnya adalah kumis hewan ini yang berfungsi sebagai navigasi. Kumis bagi kucing menjadi bagian dari tubuh yang sangat penting untuk menavigasi di ruangan atau tempat yang gelap. Lebih panjang dan tebal dari yang lain, rambut pada kumis kucing ini terhubung ke banyak saraf dan membantu navigasi dengan memperjelas penglihatan ketika berada di tempat gelap.

Foto: cottonbro

8. Kucing dapat berlari Sangat cepat

Kucing rumahan sering sekali kita temui berlari dengan cepat saat sedang dalam keadaan terancam. Ini juga yang menjadi fakta kucing. Mereka berlari untuk menghindari ancaman dan hal-hal yang berbahaya untuk dirinya. Bahkan kucing dapat berlari dengan kecepatan 30 mph.

9. Kucing memahami emosi dengan baik

Tak hanya anjing, kucing pun bisa memahami emosi manusia terlebih pemiliknya. Hewan ini dapat memahami saat manusia merasa senang, sedih, juga marah.

Tidak heran ada kisah-kisah unik dan mengharukan antara kucing dan manusia. Kucing bernama Bob telah menyelamatkan hidup James Bowen. Kucing oranye yang meninggal tahun lalu ini menginspirasi Bowen untuk menulis buku 'A Street Cat Named Bob: How He Saved My Life'.

Inilah 9 fakta kucing tidak banyak diketahui. Bahkan kamu perlu mengetahuinya jika memiliki atau ingin memelihara hewan ini