Niat dan Keutamaan Puasa Asyura, Ibadah Sunah pada Muharam

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 23:13:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Niat Dan Keutamaan Puasa Asyura, Ibadah Sunah Pada Muharam

Ilustrasi puasa. (Special)

Ladiestory.id - Bagi umat muslim, Muharam merupakan bulan yang paling mulia pada kalender Hijriah. Salah satu amalan yang paling dianjurkan adalah menjalankan puasa sunah pada 10 Muharam atau disebut puasa Asyura.

Selain puasa Asyura, terdapat juga puasa sunnah tasu’a, yang dilakukan pada Muharam. Tak hanya berpuasa, umat muslim juga dianjurkan menyantuni anak yatim dan bersedekah. Bagi kamu yang hendak menjalankannya, berikut penjelasan mengenai niat dan keutaman puasa Asyura.

Niat Puasa Asyura

Ilustrasi niat puasa. (Special)

Puasa Asyura merupakan puasa sunah yang laksanakan oleh umat muslim pada 10 Muharam. Jika dilihat pada kalender 2022, 10 Muharam bertepatan dengan 8 Agustus 2022. Sehingga, kamu dapat melaksanakan puasa sunnah Asyura pada 8 Agustus 2022.

Bagi kamu yang ingin melaksanakannya, jangan lupa untuk membaca niat puasa, ya. Sebab, niat merupakan salah satu rukun dalam puasa, sesuai tuntunan ajaran Islam. Berikut niat puasa Asyura yang bisa kamu baca:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ العاشوراء لله تعالى

Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnatil âsyûrâ lillâhi ta‘âlâ.

Artinya: Aku niat berpuasa sunah Asyura esok hari karena Allah Swt. 

Pastikan kamu membaca niat ini pada pagi hari setelah bersahur untuk menjalani puasa Asyura ini. 

Keutamaan Puasa Asyura

Ilustrasi keutamaan puasa. (Special)

Muharam merupakan bulan yang banyak mengandung amalan baik serta memiliki beragam keutamaan dan keistimewaan. Hal ini terdapat pada salah satu hadis Nabi yang bersumber dari Abu Hurairah. Rasulullah bersabda:

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ

Artinya: Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhanadalah puasa pada bulan Muharam. Sementara salat yang paling utama setelah salat wajib adalah salat malam. (HR. muslim no.1163)

Puasa sunah Asyura menjadi salah satu ibadah yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad saw.. Sebab, selain sunah yang paling utama namun juga memiliki keutamaan yang luar biasa. Beberapa keutamaan yang dimiliki puasa sunah Asyura yang perlu kamu tahu:

Hapus Dosa Setahun Lalu

Keutamaan yang paling pertama dari melaksanakan puasa Asyura adalah puasa ini dapat membantu menghapus dosa selama satu tahun yang lalu. Hal ini telah disebutkan dalam sebuah hadis:


عَنْ أَبي قَتَادَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ: أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سُئِلَ عَنْ صِيامِ يَوْمِ عَاشُوراءَ، فَقَالَ: يُكَفِّرُ السَّنَةَ المَاضِيَةَ. (رواه مسلم)

Artinya: Diriwayatkan dari Abu Qatdah ra: sungguh Rasulullah saw. bersabda pernah ditanya tentang keutamaan puasa Asyura, beliau menjawab: puasa Asyura dapat melebur dosa setahun yang lalu (HR muslim).

Pahalanya Seperti Puasa 30 Hari

Selain menghapus dosa, puasa Asyura juga memiliki keutamaan pahalanya sama dengan menjalankan puasa 30 hari atau satu bulan penuh. Hal ini terdapat dalam hadis berikut:

عَنِ ابْنِ عَبَّاس رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ صَامَ يَوْمَ عَرَفَةَ كَاَن لَهُ كَفَارَةً سَنَتَيْنِ، وَمَنْ صَامَ يَوْمًا مِنَ الْمُحَرَّمِ فَلَهُ بِكُلِّ يَوْمٍ ثَلَاثُونَ يَوْمًا. (رواه الطبراني في الصغير وهو غريب وإسناده لا بأس به) 

Artinya: Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra, Ia berkata: Rasulullah saw. bersabda: orang yang berpuasa pada hari Arafah maka menjadi pelebur dosa dua tahun, dan orang yang berpuasa sehari dari bulan Muharam maka baginya sebab puasa seperti 30 hari (HR at-Thabrani dalam al-Mu’jamus Shaghir).

Selamat beribadah dan menjalankan ibadah sunnah puasa Asyura, Ladies!

s