Nilai Seni Di Balik Perhiasan Berlian Yang Membuatnya Lebih Prestisius

Selasa, 1 September 2020 | 17:14:06

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

Nilai Seni Di Balik Perhiasan Berlian Yang Membuatnya Lebih Prestisius

Keanggunan berlian yang tersemat dalam berbagai aksesori memberikan kesan mewah dan elegan bagi siapa pun yang menggunakannya. Wanita mana pun akan semakin cantik saat mengenakan aksesori berlian. Berikut ini adalah hal-hal yang membuat berlian lebih prestisius.

Tidak Ada Berlian Yang Sama

Berlian alami adalah salah satu dari harta karun alam tertua dan terlangka, terbentuk melalui panas dan tekanan yang kuat di mantel bumi antara 800 juta hingga 3,4 miliar tahun yang lalu. Mereka lebih tua dari beberapa bintang di langit dan alam hanya memiliki persediaan terbatas. Karena mereka dilahirkan pada waktu yang berbeda selama evolusi bumi, mereka semua terlihat dan merasa sangat berbeda. Mereka mengembangkan karakter dan warna yang unik, tergantung pada kondisi sekitarnya di mana mereka awalnya dibuat di bawah, serta perjalanan rahasia mereka dari lebih dari 300 kilometer di bawah permukaan bumi. Ini membuat setiap berlian benar-benar unik.

Sejarah Magis Berlian Asli

Ketika berlian kasar pertama kali ditemukan di India lebih dari 2.500 tahun yang lalu, beberapa orang merasakan kekuatan mistis ketika mereka menyentuh berlian. Selalu dingin dan keras, mereka dianggap tidak dapat ditaklukkan, terutama karena berlian sangat keras sehingga tidak dapat dipoles atau ditata seperti batu permata lainnya. Faktanya, baru 500 tahun yang lalu ditemukan cara untuk memoles berlian. Berlian kasar dipakai sebagai jimat oleh raja dan pangeran selama 2000 tahun, sering dijahit ke pakaian mereka untuk melindungi mereka dalam pertempuran.

Berlian Sangatlah Istimewa

Berlian adalah batu permata paling keren untuk disentuh karena panas masuk dan keluar dari mereka lebih cepat daripada dengan batu lainnya. Berlian juga merupakan mineral yang paling sulit, bukan hanya 10 dengan skor tertinggi pada skala kekerasan Mohs, tetapi sebenarnya empat kali lebih keras daripada apa pun di bumi. Menariknya mereka tidak menghantarkan listrik yang dapat menjelaskan mengapa banyak orang terus-menerus menyentuh perhiasan berlian mereka sambil berpikir.

Berlian Bersinar Seperti Bintang

Berlian dapat berkilau indah disebabkan oleh 3 hal, yaitu pantulan, pembiasan, dan penyebaran cahaya. Penyebab pertama adalah saat cahaya menabrak berlian dan memantulkannya kembali sehingga berlian tampak berkilau seketika. Inilah yang dinamakan proses pantulan cahaya. Selanjutnya yang terjadi adalah proses pembiasan, yaitu saat cahaya melewati berlian dan tersebar ke seluruh bagiannya, menciptakan kilauan yang indah. Lalu yang ketiga adalah proses penyebaran cahaya atau terciptanya efek pelangi.

Ini terjadi saat cahaya masuk dari bagian atas, kemudian cahaya tersebut miring masuk ke bagian dalam berlian, lalu diarahkan kembali ke bagian hingga keluar melalui permukaan berlian. Proses pembiasan dan penyebaran cahaya ini menciptakan efek berkilauan, yaitu efek cahaya gelap dan terang bergantian secara alami.

Itulah keempat hal yang membuat nilai seni berlian semakin prestisius.

Sumber Foto Utama: Freepik.com