No Baper, Ini Caranya Agar Tak Dipandang Sebelah Mata

Kamis, 28 Juli 2022 | 15:00:00

Lukyana Arsa

Penulis : Lukyana Arsa

No Baper, Ini Caranya Agar Tak Dipandang Sebelah Mata

Ilustrasi menghadapi orang yang meremehkan orang lain. (Special)

Ladiestory.id - Dalam hidup ini, kamu adalah sosok orang yang positif. Kamu punya ambisi yang tinggi untuk masa depan dan cita-citamu. Kamu selalu bahagia dan bersemangat untuk segala pencapaian kamu. Namun, mungkin tidak selalu hal baik tentang dirimu disukai oleh orang lain. Sebagian menganggap itu hal remeh.

Apalagi kalau kamu punya pencapaian yang di atas rata-rata, sudah pasti akan banyak yang menghakimi kamu dengan mengatakan bahwa kamu egois tidak memberi kesempatan kepada orang lain. Padahal semua dari kita punya kesempatan, hanya saja sedikit sekali yang mau mengambil kesempatan itu dan melihatnya sebagai sebuah peluang.

Dipandang sebelah mata oleh orang lain sangatlah tidak enak, apalagi usaha yang kita lakukan sudah sangat luar biasa kerasnya. Dipandang sebelah mata oleh orang lain membuat harga diri kita jatuh dan merasa tak berharga.

Gara-gara dipandang sebelah mata oleh orang lain, kamu yang awalnya sangat bersemangat dan punya vibes yang positif jadi down, tidak percaya diri bahkan menarik diri dari lingkungan.

Jangan lakukan hal itu. Diam ketika diremehkan oleh orang lain sama saja seperti kamu menyetujui hal yang mereka katakan. Stop! That is not you! Jangan dengarkan mereka. Bangkit dan tunjukkan pada mereka bahwa kamu tidak bisa diremehkan. So, lakukan hal ini untuk membuktikan pada mereka kalau kamu sangat berharga.

Fokus pada Prioritasmu, Bukan Cemoohan Mereka

Ilustrasi perempuan fokus bekerja. (Special)

Jadikan kata-kata cemoohan yang meremehkanmu sebagai senajatamu untuk bangkit dan maju. Jangan buang energi untuk memikirkan hal-hal yang tidak penting dan tidak bisa kamu kontrol. Daripada terus-terusan memvalidasi hal yang menurutmu tidak benar, fokus saja pada prioritasmu.

Pikirkan kamu siapa, maumu apa, tujuanmu apa, rencana masa depanmu apa, dan apa yang membuatmu bahagia. Susun skala proritasmu tentang jadwal harian ataupun goals yang mau kamu capai dalam jangka waktu pendek atau panjang. Biarkan mereka terus berkata sampai suatu hari nanti akan diam dan bertepuk tangan untukmu.

Jadilah Orang yang Bahagia

Iluatrasi perempuan bahagia. (Special)

 

Percayalah orang tak suka padamu tidak melihat kamu bahagia dan tersenyum setiap saat. Mereka yang meremehkanmu akan senang jika kamu sedih, murung dan berada dalam kondisi buruk. Itu adalah senjata mereka untuk terus-terus menjatuhkanmu.

Hapus air matamu dan jangan tunjukkan rasa sedihmu pada mereka. Jika ingin menangis, menangislah sendiri atau cari orang yang tepat untuk kamu berbagi cerita. Pastikan mereka tak akan menjelekkanmu hari ini dan di kemudian hari.

Lepaskan semua emosimu dan serap kembali energi yang positif. Tunjukkan kalau kamu adalah orang yang bahagia dengan caramu sendiri. Biarkan  heran dan bertanya-tanya, kenapa kamu masih saja tetap tersenyum dan menikmati hidup setelah banyaknya cobaan dan terpaan yang datang menghampirimu.

Jadilah Serba Bisa dalam Segala Hal

Ilustrasi perempuan serba bisa. (Special)

Ketika kamu mampu melakukan banyak hal, kamu akan menjadi orang yang tak akan bisa tergantikan. Jalankan peranmu sebagai manusia, sebagai karyawan, sebagai pekerja, atau sebagai content creator dengan baik. Jadilah ahli dalam bidangmu sendiri, sehingga dipastikan tak akan ada orang yang bisa menyaingimu.

Tingkatkan Kemampuan dan Lebihi Ekspektasi Mereka

Ilustrasi perempuan belajar. (Special)

Ini adalah cara paling savage untuk mendiamkan mulut-mulut yang meremehkanmu. Sepintar atau sebaik apapun kamu, tetap akan ada orang yang melihat kamu sebelah mata.

Yang perlu kamu lakukan hanyalah berhenti peduli tentang mereka dan teruslah belajar meski kamu sudah cukup pengetahuannya. Ketahulah, ilmu dan pengetahuan akan terus berubah di dunia yang dinamis ini. Jadilah orang pertama yang tahu tentang perubahan, sebelum orang lain tahu.

Jika kamu punya keinginan atau impian, lakukanlah. Cobalah terus sampai kamu berhasil. Tingkatkan terus kemampuan dan jadilah seseorang yang di atas rata-rata penilaian orang. Lakukan sesuatu yang standarnya diatas rata-rata ekspektasi mereka. Percayalah, mereka yang meremehkanmu akan memberi tepuk tangan padamu.

Perpikirlah Bodoh Amat

Ilustrasi Bodoh amat. (Special)

 

Ingat! Kamu bukan seorang pengendali gerak-gerik manusia. Sampaikan kapanpun kamu tidak akan pernah bisa mengontrol bagaimana ucapan atau tindakan seseorang padamu. Tidak perlu peduli pada orang-orang yang meremehkanmu. Bersikap bodoh amat adalah cara terbaik agar kamu tidak sakit hati dengan omongan orang.

Lakukan yang mau kamu lakukan bukan untuk menunjukkan kamu hebat pada orang lain, tapi untuk menunjukkan pada dirimu sendiri bahwa kamu mampu, kamu bisa dan kamu berhasil melampaui ekspektasimu sendiri.

s