Beri Akses Berkarya dengan Data, NOICE Luncurkan Noicemaker Studio

Sabtu, 16 April 2022 | 22:00:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Beri Akses Berkarya Dengan Data, Noice Luncurkan Noicemaker Studio

Noicemaker Studio. (Special)

Ladiestory.id - Platform konten audio lokal NOICE menghadirkan Noicemaker Studio, sebuah ruang digital tanpa batas bagi para kreator untuk dapat mengoptimalkan karya mereka di industri konten audio Tanah Air. 

Melalui Noicemaker Studio, semua konten kreator dari seluruh daerah di Indonesia dapat menghadirkan karya mereka, khususnya podcast, ke dalam aplikasi NOICE dan menjangkau audiens secara lebih luas. 

“Noicemaker Studio lahir dari komitmen kami untuk menciptakan ekosistem konten audio berkualitas dan dapat diakses dengan mudah oleh semua konten kreator,” kata Rado Ardian, Co-founder dan CEO NOICE dalam acara peluncuran Noicemaker Studio di Hutan Kota by Plataran pada Rabu (13/4/2022).

Peluncuran Noicemaker Studio. (Special)

 

Menurutnya, masih banyak konten kreator audio yang kesulitan mendapatkan akses untuk menjangkau pendengar yang lebih luas. Di sisi lain, mereka tidak punya insight berbasis data mengenai performa podcast, sehingga menimbulkan keterbatasan untuk menghasilkan karya yang lebih baik.

“Di Noicemaker Studio, para konten kreator (atau yang kami sebut, Noicemaker) dapat memasukkan konten podcast mereka ke aplikasi NOICE dengan mudah, serta memiliki akses langsung ke dashboard akun kreator NOICE untuk melihat performa karya mereka secara detail,” jelas Rado.

Kreator dapat mengakses Noicemaker Studio melalui halaman website studio.noice.id dan mendapatkan akses untuk menghadirkan konten mereka di NOICE dengan cara memasukkan link RSS podcast mereka ke halaman website tersebut. 

Selain diperuntukkan bagi para kreator baru, Noicemaker Studio juga dapat dimanfaatkan oleh para kreator NOICE yang sudah terlebih dulu bergabung untuk melihat performa dari berbagai konten yang mereka hadirkan. Harapannya, mereka dapat berinovasi menciptakan karya yang lebih baik. 

“Noicemaker Studio merupakan langkah awal yang kami hadirkan untuk mengembangkan potensi konten kreator yang bergabung dan tumbuh di dalam ekosistem NOICE,” ungap Niken Sasmaya, Co-founder dan CBO NOICE.

Lebih lanjut Niken menjelaskan Noicemaker Studio merupakan bagian dari Noicemaker Club Program (NCP), sebuah program terintegrasi yang dihadirkan NOICE untuk mendukung para konten kreator untuk tumbuh dan berkembang seiring dengan kesuksesan performa konten mereka. 

Dengan program ini tidak ada lagi batasan bagi para kreator untuk memperkenalkan dan mempopulerkan karya mereka ke masyarakat secara luas. Siapapun bisa jadi konten kreator dan podcaster

“Dengan hampir 2 juta pendengar NOICE yang terus bertumbuh, kami yakin hal ini akan sangat membantu dalam mewujudkan komitmen NOICE untuk memajukan industri konten audio di tanah air, sejalan dengan posisi kami saat ini sebagai produsen IP (intellectual property) konten audio terbesar di Indonesia,” pungkas Niken.

Melalui Noicemaker Studio, para kreator akan mendapatkan banyak kemudahan dan dukungan, di antaranya:

  • Akses tanpa batas bagi para konten kreator dimanapun dan kapanpun untuk bisa memasukkan konten podcast mereka ke NOICE
  • Akses dashboard untuk mengetahui performa karya mereka lewat fitur analitik. Data yang bisa dimonitor sangat lengkap mulai dari performa konten, profil pendengar, interaksi, hingga daerah asal pendengar.
  • Dukungan NOICE yang beragam lewat NCP - untuk setiap kreator mulai dari edukasi dan pelatihan cara memproduksi konten audio yang menarik, dukungan dalam proses produksi dan fasilitas studio rekaman, promosi, hingga langkah monetisasi. 

Platform Noicemaker Studio dapat diakses oleh semua kreator tanpa terkecuali. Untuk memonitor kualitas konten podcast yang tayang di aplikasi NOICE, akan ada screening berkala yang dilakukan setiap minggunya untuk memastikan kualitas dan kelayakan konten podcast baru yang tayang dari Noicemaker Studio.

Selain itu, untuk melindungi sekaligus memastikan kualitas konten tetap terjaga, NOICE juga menghadirkan fitur report bagi pengguna untuk melaporkan jika ada konten yang dirasa vulgar atau tidak layak tayang. 

“Dalam waktu dekat, tepatnya di akhir kuartal 2 tahun ini, kami berencana memberikan akses bagi semua kreator yang telah bergabung menjadi Noicemaker lewat platform Noicemaker Studio untuk dapat membuat room di Noice Live, fitur di mana mereka dapat berinteraksi secara real time dengan para pendengar mereka, berdiskusi dan membahas berbagai topik menarik,” ujar Rado.

“Fitur ini sangat unik karena belum tersedia di aplikasi konten audio manapun, yang dimana fitur on-demand podcast dan live audio berada di aplikasi yang sama. Di situ pula akan ada peluang untuk melakukan monetisasi sehingga para konten kreator ini juga bisa menghasilkan pendapatan sendiri dari karya yang mereka hasilkan,” tutup Rado.