‘Now and Then’, Lagu Terakhir The Beatles Bakal Rilis di Awal November

Minggu, 29 Oktober 2023 | 00:00:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

‘Now And Then’, Lagu Terakhir The Beatles Bakal Rilis Di Awal November

The Beatles rilis lagu terakhir. (Instagram/thebeatles)

Ladiestory.id - Band rock asal Inggris, The Beatles, bakal rilis lagu yang merupakan lagu terakhirnya pada 2 November 2023 mendatang.

Dalam lagu terakhir yang bertajuk ‘Now and Then’, The Beatles akan menampilkan suara mendiang John Lennon menggunakan bantuan kecerdasan buatan Artificial Intelligence (AI).

Dilansir dari Reuters, lagu yang berjudul ‘Now and Then’ ini akan melibatkan semua anggotanya. Selain Lennon, lagu ini juga akan menampilkan suara mendiang George Harrison yang meninggal pada tahun 2002, serta suara Paul McCartney dan Ringo Starr yang merupakan dua anggota The Beatles yang tersisa.

Saat membuat lagu tersebut, McCartney mengaku merasa sangat emosional karena semua anggota The Beatles ikut serta dalam menggarap lagunya. Lagu terakhir yang akan dirilis ini disebut sebagai rekaman lagu The Beatles yang sejati.

"Now And Then adalah lagu The Beatles yang terakhir--ditulis dan dinyanyikan oleh John Lennon, dikembangkan dan digarap oleh Paul McCartney, George Harrison, dan Ringo starr," tulis akun resmi The Beatles di Instagram.

"Kini akhirnya diselesaikan Paul dan Ringo lebih dari empat dekade kemudian. Pada 2 November, Now And Then akan dirilis di seluruh dunia," lanjutnya.

The Beatles rilis lagu terakhir. (Instagram/thebeatles)

Sebagai informasi, lagu ‘Now and Then’ merupakan satu dari tiga lagu tersisa yang pernah dibuat oleh vokalis The Beatles. Kedua lagu lainnya ‘Free As a Bird’ dan ‘Real Love’ sudah pernah dirilis pada 1995 dan 1996.

Lagu ‘Now and Then’ awalnya digarap sebagai rekaman oleh John Lennon di New York City pada tahun 1970an. Beberapa tahun setelah wafatnya John Lennon pada 1980. Yoko Ono menyerahkan beberapa set rekaman yang di dalamnya termasuk lagu ‘Now and Then’ kepada anggota The Beatles lainnya.

Setelah rekaman itu sampai ke The Beatles, mereka akhirnya melengkapi rekaman tersebut dengan suara masing-masing. Karena keterbatasan teknologi saat itu membuat suara Lennon dan piano yang muncul dalam rekaman tersebut tidak dapat dipisahkan. Alhasil rekaman tersebut belum bisa dirampungkan.

Sebelum perilisan lagu terakhir, band legendaris itu akan menayangkan dokumenter pendek lewat YouTube pada 1 November. Dokumenter berdurasi 12 menit itu berisi cerita di balik lagu terakhir The Beatles dengan berbagai tayangan eksklusif.

Film pendek dokumenter itu juga menampilkan wawancara sekaligus komentar dari McCartney, Starr, Harrison, Sean Ono Lennon, dan Peter Jackson.