Pakai Aseton, 8 Cara Hilangkan Coretan dari Spidol Permanen

Sabtu, 25 Juni 2022 | 16:30:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Pakai Aseton, 8 Cara Hilangkan Coretan Dari Spidol Permanen

Ilustrasi spidol. (Special)

Ladiestory.id - Salah satu jenis pena yang diisi tinta untuk digunakan menulis dinamakan dengan spidol. Terdapat dua macam spidol, permanen dan non permanen. Tinta pada spidol permanen cukup menempel kuat dan tidak mudah luntur karena memiliki komposisi khusus yang membuatnya tahan lama dan sulit dihapus.

Akan tetapi, tak dapat dipungkiri jika pakaianmu terkadang akan memiliki bekas noda tinta yang menetes. Tidak hanya itu, bahkan, Kamu juga mungkin ingin menghapus goresan tinta dari spidol permanen yang Kamu torehkan. Jangan khawatir, berikut Ladiestory.id akan memberi cara menghilangkan spidol permanen.

Hand Sanitizer

Ilustrasi hand sanitizer. (Special)

Karena mengandung alkohol, hand sanitizer menjadi salah satu bahan umum yang sering diandalkan untuk membersihkan tangan maupun benda lainnya. Kamu hanya perlu memberikan hand sanitizer ke area tinta permanen yang ingin Kamu hapus.

Kemudian, gosok benda yang telah ditetesi hand sanitizer dengan kain sampai warnanya memudar. Supaya tidak meninggalkan noda spidol, segera bersihkan sisa tinta dengan kain bersih.

Cuka

Ilustrasi cuka putih. (Special)

Membersihkan noda spidol yang menempel pada benda juga dapat dilakukan oleh barang yang biasanya Kamu temui di dapur ini.

Siapkan sebuah kain dan tuangkan cuka pada noda. Jangan lupa untuk mengusap coretan spidol permanen dengan lembut sampai noda memudar dengan menggunakan lap atau kain yang bersih.

Aseton

Ilustrasi aseton. (Special)

Diketahui jika aseton memiliki fungsi untuk membersihkan cat kuku. Namun, barang yang satu ini ternyata dapat membersihkan spidol permanen.

Lakukan gerakan perlahan pada bagian coretan spidol permanen dengan kain basah yang sudah diberi aseton. Setelah itu, bersihkan permukaan tersebut mengenakan kain basah dan keringkan, guna menghilangkan sisa aseton yang menempel.

Pasta Gigi

Ilustrasi pasta gigi mengandung flouride. (Special)

Berikan kain microfiber yang lembut dan sudah dibasahi dengan olesan pasta gigi seukuran biji jagung di sudut kain. Dengan kain tersebut, gosoklah tinta permanen sampai hilang seluruhnya. Bilas area tersebut dengan kain lembap untuk menghilangkan sisa-sisanya. Gosok perlahan agar tidak merusak lapisan papan tulis.

Hair Spray

Ilustrasi hair spray. (Special)

Tinta spidol permanen juga dapat dibersihkan dengan hair spray. Kamu hanya cukup membuat area yang memiliki bekas tinta spidol permanen terkena semprotan hair spray dan diamkan beberapa detik.

Usai hal tersebut dilakukan, bersihkan semprotan hair spray pada area yang memiliki tinta spidol permanen dengan kain. Apabila benda tersebut menjadi lengket saat terkena hair spray, Kamu dapat membersihkannya dengan lap basah dan mengeringkannya dengan lap bersih.

Spidol Non-permanen

Ilustrasi spidol. (Special)

Selain dari benda-benda di atas, Kamu dapat membersihkan tinta spidol permanen dengan tinta spidol non-permanen. Tinta spidol ini berperan seperti pelarut tinta spidol permanen, loh.

Usahakan arsir pada coretan spidol permanen hingga menutupi seluruh bagian dengan memakai spidol non permanen. Selanjutnya, bersihkan papan tulis memakai penghapus papan tulis atau handuk. Cara yang satu ini kerap kali dianggap berhasil.

Spiritus

Ilustrasi spirtus. (Special)

Cairan yang dipakai untuk bahan bakar alkohol dan kompor portabel dinamakan dengan spiritus. Yang mengejutkan, cairan ini ternyata dapat menghapuskan noda spidol permanen, loh.

Caranya cukup mudah, Kamu dapat membasahi lap dengan spiritus kemudian mengusapkannya di coretan tinta permanen tersebut. Selanjutnya, pakai tisu basah saat membersihkan sisa tinta.

Cairan Pembersih Kaca

Membersihkan rumah

Sama layaknya hand sanitizer, cairan pembersih kaca juga mengandung alkohol. Maka dari itu, cairan ini dinilai sebagai barang yang dapat membersihkan suatu benda. Dan tak lupa, cairan ini bisa membersihkan noda spidol permanen.

Untuk mengenakannya, Kamu bisa menyemprotkan cairan ini pada noda tinta yang membandel. Diamkan selama beberapa detik, kemudian bersihkan dengan lap bersih.