Parenting ala Ayudia dan Ditto, Anggap Anak sebagai Guru

Kamis, 25 Agustus 2022 | 14:15:00

Selsa Nawang Wulan

Penulis : Selsa Nawang Wulan

Parenting Ala Ayudia Dan Ditto, Anggap Anak Sebagai Guru

Ayudia dan Ditto Percussion. (instagram.com/ayudiac)

Ladiestory.id - Ayudia dan Ditto Percussion merupakan pasangan muda yang telah memiliki satu anak laki-laki, bernama Dia Sekala Bumi. Keluarga kecil yang memiliki sebutan "keluarga belo" ini, selain terlihat hobi berolahraga, ternyata juga hobi traveling.

Mereka sering melakukan perjalanan liburan road trip dengan menggunakan sebuah campervan. Beberapa potretnya sering mereka bagikan di media sosialnya. Banyak yang menyebut mereka sebagai keluarga kompak, ditambah lagi dengan hadirnya sang anak pertama.

Ayudia dan Ditto Percussion. (instagram.com/ayudiac)

Melalui podcast Daniel Mananta Network, Ditto dan Ayudia memberikan tips parenting yang sedang dilakukan saat ini, untuk tetap menjaga keharmonisan dan kekompakannya. Penasaran seperti apa cara pasangan seru ini menjalankan perannya sebagai orang tua? Simak tipsnya di sini, mengutip podcast Daniel Mananta Network pada Kamis (25/8/2022).

Anak sebagai Guru

Dia Sekala Bumi. (instagram.com/ayudiac)

Pada dasarnya, setiap anak akan meniru apa yang orang tuanya lakukan, seperti dalam hal berbicara, kebiasaan, hingga tingkah laku. Sehingga, pasangan ini jika ingin memarahi anaknya, harus selalu membicarakan bersama terlebih dahulu dan menilai, apakah itu benar-benar perilaku sang anak atau anak hanya meniru apa yang dilakukan orang tuanya. 

"Sekala itu tempat kita belajar, dia guru kita, dia suhu kita, kita nyebutnya. Karena banyak pelajaran yang gue ambil gitu," ucap Ditto.

Bagi Ayudia dan Ditto, anaknya hadir sebagai pengingat untuk menyadarkan kedua orang tuanya, lewat perilaku yang mereka tiru.

Keduanya juga mengatakan kerap melibatkan langsung sang anak dalam mengambil sebuah keputusan. Mengingat anaknya yang sudah terbilang cukup besar dan menginjak usia 6 tahun. 

Ucapkan Kata Maaf ke Anak

Ayudia dan Sekala. (instagram.com/dittopercussion)

Ayudia menekankan poin ini agar sang anak terbiasa untuk mengatakan kata "maaf" usai berbuat salah. Namun, mengatakan "maaf" kepada anak merupakan suatu hal yang masih sulit untuk diterapkan oleh Ditto. Ayu mengatakan, Sekala pun melakukan hal yang sama kepada Ditto. 

Saat momen pertama Ayu mengajarkan hal ini kepada sang anak, Sekala sempat menangis hingga sesegukan. Namun setelahnya, Sekala langsung terbiasa untuk mengatakan "maaf".

Hingga saat ini, Ayu masih mencoba untuk membimbing Ditto. Menurut Ayu, parenting bukan hanya melatih anak, tetapi juga sekaligus melatih diri sendiri (self control).

Nah, itu dia tips parenting dari kedua pasangan ini yang mungkin bisa ikut kamu terapkan untuk anak seusia Sekala!