Parenting Ala Rachel Vennya, Ajak Anak "Pillowtalk" Sebelum Tidur

Selasa, 6 September 2022 | 09:00:00

Selsa Nawang Wulan

Penulis : Selsa Nawang Wulan

Parenting Ala Rachel Vennya, Ajak Anak "Pillowtalk" Sebelum Tidur

Rachel Vennya, Xabiru dan Chava. (instagram.com/rachelvennya)

Ladiestory.id - Salah satu influencer populer Indonesia, Rachel Vennya, memang kerap kali membuat warganet takjub dnegan cara parenting-nya. Seperti beberapa waktu lalu, Rachel Vennya melakukan rutinitas pillowtalk bersama anak sulungnya, Xabiru. Video tersebut ia unggah melalui akun TikTok-nya @rachelvennya pada Kamis (1/9/2022).

Rachel Vennya dan Xabiru (tiktok.com/@rachelvennya)

Dalam video itu, terlihat dirinya dan Xabiru sedang berada di atas kasur dan bersiap untuk tidur. Namun, sebelum tidur, Rachel Vennya menyempatkan untuk mendengarkan keluh kesah putranya yang dialami hari itu. Menjadi seorang ibu, ia menyadari bahwa anak juga butuh didengar dan dipahami oleh orang terdekatnya. Ia menilai bahwa hal itu merupakan dukungan terindah yang bisa dirasakan. 

"Kita suka lupa kalau anak kecil itu juga butuh didengar, setiap malam adain pillowtalk. Tanya apa yang bikin dia seneng, apa yang terjadi di sekolah, apa yang bikin dia sedih, nanyanya bisa ke mana-mana jadi ketawa-ketawa," tulis Rachel dalam video.

Rachel Vennya, Xabiru dan Chava. (instagram.com/rachelvennya)

Tak jarang, momen pillowtalk ini membuat keduanya menangis bersama merasakan kesedihan. Dalam video tersebut, mantan istri Niko Al-Hakim itu mengatakan jika Xabiru sempat enggan untuk mengutarakan perasaan yang sebenarnya. Namun, Rachel terus berusaha agar sang anak dapat jujur dengan perasaannya sendiri. 

"Hari ini beda dari biasanya, abang (Xabiru) cerita kalo abang lagi sedih. Tapi awalnya masih sambil ketawa-tawa, aku gali terus supaya mau terbuka, supaya bebannya ga dibawa sendiri, supaya ada solusi atau supaya tau bahwa perasaan abang itu valid," terangnya.

Terlihat Xabiru menumpahkan air mata di kedua pipinya. Rachel pun langsung menenangkannya sambil memeluk dan mengusap pipi sang anak.

Rachel Vennya dan Xabiru. (tiktok.com/@rachelvennya)

Wanita usia 26 tahun ini selalu berpesan kepada anaknya jika tidak apa untuk menangis disaat merasakan sedih, marah, dan kecewa.

"Gak apa apa nangis, kan kita manusia, merasakan kesedihan itu hal yang wajar," ujar Rachel.

Sebagai seorang ibu, Rachel berharap agar anaknya bisa tumbuh menjadi sosok yang kuat dan bisa selalu terbuka hingga dewasa nanti. Ia pun mengaku bangga dengan Xabiru lantaran anaknya itu sangat halus dan peka dengan sekitar di usianya yang masih sangat belia.

Xabiru dan Chava. (instagram.com/rachelvennya)

"Semoga abang jadi pribadi yang kuat, buna (Rachel) bangga banget abang jadi anak yang soft, yg merasakan sekitar. Semoga abang selalu mau terbuka sama buna, semoga abang selalu inget momen-momen ketawa, nangis-nangisan ini sampe gede," tutup Rachel. 

Momen pillowtalk itu sendiri digunakan oleh Rachel sebagai ajang permintaan maaf dirinya kepada sang anak. Ia berpendapat jika orang tua terkadang suka lupa untuk meminta maaf jika berbuat salah kepada anaknya. 

Pillowtalk sendiri merupakan perbincangan hangat yang mendalam dan intim, biasanya dilakukan oleh para pasangan sebelum tidur. Namun, Rachel menggunakan pillowtalk untuk dijadikan sebagai rutinitasnya dengan sang anak. Agar nantinya anak jadi terbiasa untuk terbuka dan tidak malu untuk membagikan perasaannya kepada orang tua. 

Parenting ala Rachel Vennya ini bisa menjadi referensi untuk diterapkan dengan sang anak dirumah ya, Ladies!