Patut Diketahui, Ini Cara Jaga Kolesterol Pasca Lebaran

Rabu, 17 April 2024 | 10:43:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Patut Diketahui, Ini Cara Jaga Kolesterol Pasca Lebaran

Ilustrasi Kolesterol. (Special)

Ladiestory.id - Momen lebaran merupakan sebuah momen spesial yang paling dinantikan, karena di momen lebaran ini menjadi waktu yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. 

Sudah menjadi ciri khas, momen lebaran akan terasa kurang lengkap tanpa kehadiran ketupat, rendang, sayur godog, hingga opor ayam. Namun sayangnya, menu-menu tersebut berpotensi dapat meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh. 

“Tingginya kolesterol dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti penyumbatan pembuluh jantung hingga stroke,” ujar dr. Zakky Hazami, Sp.JP-FIHA, selaku Dokter Spesialis Penyakit Jantung & Pembuluh Darah Eka Hospital Cibubur.

Kadar kolesterol total pada orang dewasa pada umumnya dikatakan normal jika berada di angka kurang dari 200 mg/dl, menuju tinggi berada di angka 200 hingga 239 mg/dl, dan tinggi ketika sudah berada di angka lebih dari 240 mg/dl.

Lebih lanjut, dr. Zakky pun membagikan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kadar kolesterol agar tidak melonjak pascalebaran.

Kurangi Konsumsi Lemak Jenuh

Ilustrasi Rendang. (Freepik.com)

 

Lemak jenuh sering ditemui pada makanan seperti daging sapi dan makanan yang mengandung santan. Oleh karena itu selama lebaran batasi makanan yang mengandung keduanya.  

Selain itu hindari juga makanan seperti es krim, keju, hingga susu mengandung lemak jenuh yang tinggi. Jika ingin memakannya pastikan mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar.

Perbanyak Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Ilustrasi Apel. (Freepik.com)

 

Salah satu cara jaga kolesterol pascalebaran yang efektif adalah dengan mengonsumsi makanan tinggi serat seperti sayuran hijau, apel, pir, kacang merah, hingga toge. Pasalnya, serat berfungsi mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah. 

Konsumsi Makanan Tinggi Asam Lemak Omega-3

Ilustrasi Salmon. (Freepik.com)

 

Walau asam lemak omega-3 tidak menurunkan kolesterol secara langsung, mengonsumsinya dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Asam lemak omega-3 dapat didapat dari makanan seperti salmon, makarel, alpukat, jambu biji, kembang kol, kacang kedelai hingga flaxseed.

Hindari Lemak Trans

Ilustrasi Pizza. (Freepik.com)

 

Lemak trans merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Lemak trans sering ditemui pada kue-kue kering yang diolah menggunakan margarin, keripik, kerupuk, adonan kue, pizza, dan biskuit.

Berhenti Merokok

Ilustrasi Perempuan dan Rokok. (Freepik.com)

 

Meski masa puasa sudah usai, sebaiknya hentikan kebiasaan merokok jika ingin menjaga kolesterol tetap rendah. Berhenti merokok dapat meningkatkan kadar kolesterol (HDL) baik dalam tubuh seseorang.

Rutin Olahraga

Ilustrasi Perempuan Berolahraga. (Freepik.com)

 

Cara jaga kolesterol pascalebaran yang cukup ampuh lainnya adalah dengan berolahraga. Berolahraga dengan intensitas sedang seperti, jalan cepat, bersepeda, hingga berenang, selama 30 menit dalam sehari dapat meningkatkan kadar kolesterol baik. 

Jaga Berat Badan Ideal

Ilustrasi Timbangan Berat Badan. (Freepik.com)

 

Kelebihan berat badan dan obesitas dapat meningkatkan risiko naiknya kolesterol. Oleh karena itu menjaga berat badan tetap ideal dapat mencegah lonjakan kolesterol. Untuk menjaga berat badan ideal, bisa dilakukan dengan mengurangi minuman bersoda, makanan cepat saji, dan camilan tinggi gula.