6 Pelajaran Berharga yang Bisa Dipetik dari Film Disney 'Moana'

Jumat, 26 November 2021 | 00:01:00

Sri Maryati

Penulis : Sri Maryati

6 Pelajaran Berharga Yang Bisa Dipetik Dari Film Disney 'Moana'

Foto: imdb.com

Ladiestory.id - Film Disney “Moana” memang sudah rilis sejak November 2016 lalu. Namun menonton film yang satu ini sepertinya tetap tidak akan pernah ada bosannya. Selain karena tampilan animasi komputer 3D-nya yang dibuat seperti se-realists mungkin dan juga jalan ceritanya yang sangat menarik.

Pelajaran Berharga dari Film Disney “Moana”

Film Moana bercerita mengenai perjalanan Moana dan Maui yang tidak kenal lelah demi mengembalikan jantung Te Fiti yang sebelumnya sempat dicuri oleh Maui. Ada banyak sekali pelajaran berharga yang bisa diambil saat menonton setiap adegan dalam film Moana ini.

1. Saat Ragu, Ikuti Kata Hatimu

Mengikuti kata hati merupakan pilihan yang terbaik saat kamu berada dalam keraguan. Karena hatilah yang paling tahu apa yang sebenarnya kamu inginkan. Melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan kata hatimu hanya akan menyiksa dan merasa terbebani.

2. Perlu Keberanian untuk Mampu Menggenggam Dunia

Moana merupakan gadis cilik yang memiliki keinginan dan keberanian kuat. Bahkan karena keinginannya yang kuat mampu mengubah rasatakut menjadi sebuah keberanian.

Sama juga sepertimu. Hal yang sama juga berlaku untuk kita semua. Perlu keberanian yang kuat untuk mewujudkan berbagai keinginan yang ingin dicapai.

3. Butuh Usaha untuk Mencapai Keinginanmu

moana film
Foto: letsintern

Dalam film Moana, diceritakan banyak sekali rintangan yang harus dihadapi oleh Moana dan Maui dalam perjalanan mengembalikan jantu Te Fiti. Namun Moana dan Maui tidak putus asa dan tetap berjuang mengatasi rintangan-rintangan yang ada.

Dari hal ini bisa dipetik pelajaran berharga bahwa untuk mencapai keinginanmu, butuh berusaha. Susah yang kamu rasakan tak akan berarti apa-apa jika jika apa yang diinginkan nanti bisa kamu peroleh. Dan ingatlah, usaha tidak akan mengkhianati hasil. 

4. Sikap Baik Akan Meluluhkan Hati yang Jahat

Foto: reddit

Moana tetap bersikap baik saat mengembalikan jantung Te Fiti. Meskipun Te Fiti sempat marah karena tidak mengetahui maksud baik Moana, namun akhirnya bisa luluh karena kebaikan hati Moana.

Jadi pesan yang bisa diambil pelajaran adalah satu kebaikan bisa mengalahkan seribu keburukan. Jadi tetaplah bersikap baik meskipun banyak orang yang menghina,mengejek, atau bersikap kurang baik padamu.

5. Berani Akui Kesalahan yang Diperbuat dan Minta Maaf

Setelah Moana dan Maui mengembalikan jantungnya, namun Te Fiti sempat marah kepada Maui. Karena Maui lah yang sebelumnya pernah mencuri jantungnya.

Maui pun akhirnya mengakui kesalahannya dan meminta maaf pada Te Fiti. Dari adegan sepotong pada film Moana ini bisa kita ambil pelajaran bahwa ketika kamu berbuat salah maka beranilah untuk mengakuinya dan meminta maaf.

6. Berikan Maaf Kepada Mereka yang Pernah Menyakitimu

Foto: disney.fandom

Ketika Maui meminta maaf kepada Te Fiti karena sudah mencuri jantungnya, dengan keikhlasan hatinya Te Fiti bersedia untuk memaafkan. Bahkan Te Fiti menghadiahkan kail baru untuk mengganti kail milik Maui yang sudah hancur saat digunakan untuk bertarung.

Jadi pelajaran yang bisa diambil adalah tidak perlu balas dendam, cukup maafkan mereka yang pernah menyakitimu. 

Itu tadi pelajaran berharga yang bisa dipetik dari film Disney “Moana”. Dengan banyaknya pesan berharga di dalamnya, "Moana" bisa menjadi tontonan yang tepat untuk semua kalangan usia. Tidak hanya untuk anak-anak saja, kamu juga bisa menjadikan "Moana" sebagai tontonan bersama keluarga di akhir pekan.