Apa Itu Gadget? Berikut Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Macam Gadget

Kamis, 14 Oktober 2021 | 13:00:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Apa Itu Gadget? Berikut Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Macam Gadget

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Wikipedia berbahasa Inggris mengartikan gadget sebagai: a small tool  like as a machine, it has a particular function and often considered as a novelty atau bila diterjemahkan bebas: Gadget adalah alat kecil seperti mesin, ia memiliki fungsi tertentu dan sering dianggap sebagai sesuatu yang baru.

Pengertian Gadget

gadget
Foto: Ladiestory.id

Secara umum, pengertian gadget merupakan suatu perangkat atau alat elektronik yang ukurannya relatif kecil dan mempunyai fungsi khusus serta praktis dalam pemakaiannya.

Gadget adalah salah satu bagian dari perkembangan teknologi yang selalu meluncurkan teknologi terbaru yang bisa membantu kegiatan manusia menjadi lebih mudah. Dengan kata lain, teknologi merupakan bahasa secara umumnya, sementara gadget merupakan bahasa spesifiknya.

Apa Fungsi dan Manfaat Gadget?

gadget
Foto: Ladiestory.id

Pada dasarnya gadget berguna dalam membuat hidup manusia menjadi lebih mudah. Menurut jenis-jenis gadget, terdapat fungsi beserta manfaatnya yaitu:

1. Media Komunikasi

Fungsi gadget yang paling berguna untuk manusia yaitu sebagai media komunikasi. Setiap orang bisa terhubung serta saling berkomunikasi dengan mengenakan perangkat komunikasi semacam smartphone, laptop, smart watch, dan sebagainya.

2. Akses Informasi

Selain untuk media komunikasi, gadget pun berguna sebagai alat dalam mengakses beragam informasi yang ada di internet.

3. Media Hiburan

Sejumlah jenis gadget dibuat khusus sebagai tujuan hiburan. Contohnya iPod guna mendengar musik dan smartphone yang bisa membuka video.

4. Gaya Hidup

Gadget telah menjadi bagian penting kehidupan manusia sekarang ini. Jadi, boleh dibilang jika gadget dapat mempengaruhi gaya hidup setiap penggunanya.

5. Menambah Wawasan

Dari sejumlah fungsi gadget yang tertulis di atas lantas hal tersebut akan menjadikan para pengguna gadget akan kian bertambah wawasannya.

Walaupun gadget bisa mendorong produktivitas para penggunanya, tapi pastinya terdapat dampak negatif yang dapat terjadi. Contohnya pemakaian gadget oleh anak-anak dalam menonton atau bermain game tanpa kontrol dari orang tuanya sehingga menyebabkan mereka kecanduan.

Jenis-Jenis Gadget

gadget
Foto: Ladiestory.id

Terdapat cukup banyak orang yang mengklaim gadget hanya terbatas pada smartphone. Padahal smartphone adalah salah satu jenis gadget. Lantas, apa saja jenis jenis gadget?

1. Handphone

Handphone adalah jenis gadget yang paling banyak dipakai oleh masyarakat sekarang ini. Perkembangan handphone juga mengalami perubahan teknologi yang cepat sekali.

Jenis handphone yang terkenal sekarang ini yakni smartphone dengan mengenakan sejumlah operating system semacam iOS, Android, dan Windowsphone.

2. Laptop/Komputer

Komputer dan laptop adalah jenis gadget lainnya yang sangat kerap dipakai untuk beragam keperluan, khususnya bagi pekerjaan. Gadget ini pun memerlukan operating system supaya bisa berjalan, semacam Windows, Mac, Linux, dan lainnya.

3. Tablet dan iPad

Jenis gadget ini adalah bentuk yang lebih besar ketimbang handphone. Dengan ukuran layar yang lebih besar dari handphone, tablet serta iPad bisa memunculkan gambar yang lebih besar dan jelas sehingga pengguna lebih nyaman saat hendak menonton, bermain game, dan aktivitas lainnya.

4. Kamera Digital

Kamera digital pun masih tergolong dalam kategori gadget. Fungsi dari kamera digital yaitu guna menangkap gambar suatu objek, entah dalam bentuk foto ataupun video.

5. Headset/ Headphone

Headset atau headphone adalah gadget yang kerap dipakai guna mendengar musik lebih jelas. Dengan bantuan gadget ini, pengguna bisa menikmati suara musik atau video dengan lebih jelas tanpa mesti mengganggu orang lain.

Nah, itu dia penjelasan mengenai gadget, fungsi, dan jenis-jenisnya. Apakah kamu suka mengoleksi gadget?