Pengertian dan Jenis-Jenis Genre Musik, Yakin Sudah Tahu?

Rabu, 15 September 2021 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Pengertian dan Jenis-Jenis Genre Musik, Yakin Sudah Tahu?

Foto: Ladiestory.id

Dalam kehidupan sehari-hari, musik tidak dapat dipisahkan dari diri manusia. Saat bangun tidur, saat di kamar mandi, saat bekerja, saat diputusin pacar, bahkan nada dering hp kalian juga menggunakan musik.

Itulah bukti bahwa memang musik adalah bagian dari diri kita yang tidak dapat terpisahkan. Di dalam musik banyak sekali genre-genre musik yang harus kita kenali, bisa dilihat dari ciri khas masing-masing genre.

Pengertian Genre Musik

Jenis Genre Musik
Foto: Ladiestory.id

Genre musik adalah penggolongan musik berdasarkan pada kemiripannya satu sama lain. Penggolongan ini dapat juga disesuaikan dengan kriteria lain, seperti kesamaan geografi.

Teknik musik, konteks, gaya, dan tema musik dapat menjadi acuan dalam mendefinisikan sebuah genre musik. 

Pada dasarnya, genre musik tidak bisa diartikan secara gamblang, karena ketika genre tersebut didefinisikan oleh seseorang, maka orang tersebut mendefinisikan tanpa melihat aspek dari sisi lainnya.

Bahkan, terkadang dalam suatu lagu terdapat dua genre sekaligus, akan tetapi hanya didefinisikan menjadi satu genre saja.

Jenis-jenis Genre Musik

Setelah mengetahui pengertian dari genre musik, berikut jenis-jenis genre musik yang perlu diketahui.

1. Pop 

Jenis Genre Musik
Foto: billboard

Salah satu genre musik yang banyak dikenal masyarakat adalah genre musik pop. Biasanya musik pop ini nada dan lirik yang dibuat cenderung sederhana, berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, musik genre ini lebih mudah untuk dicerna dan sangat mudah untuk dinyanyikan, bahkan bisa dibilang mudah untuk dihafal liriknya.         

2. Dangdut

Jenis Genre Musik
Foto: hot.detik

Genre musik yang satu ini pastinya sudah sangat familiar. Yah, dangdut adalah salah satu genre musik yang paling populer di Indonesia.

Ciri khas musik ini adalah adanya permainan alat musik gendang atau tabla yang mengiringi jenis musik ini.

Musik dangdut merupakan perpaduan dari unsur-unsur Melayu, India, dan Arab. Dangdut dapat dibilang merupakan perpaduan unsur musik Arab juga, hal ini dapat dilihat dari adanya cengkok dan harmonisasi nadanya.

3. Jazz

Jenis Genre Musik
Foto: hipwee

Genre musik selanjutnya adalah musik jazz. genre musik Jazz dianggap sebagai jenis musik yang muncul karena adanya gabungan dari genre musik lainnya, yaitu blues, ragtime, dan musik eropa, termasuk di dalamnya musik band.

Seperti pengertian genre musik tadi, bahwa pada dasarnya ada beberapa genre musik dalam satu lagu yang akhirnya dijadikan menjadi sebuah genre. Ada beberapa sub genre di dalam genre musik jazz, antara lain, dixieland, bebop, cool jazz, swing, hard bop, free jazz, jazz fusion, cafjazz, dan smooth jazz.

4. R&B

Jenis Genre Musik
Foto: soompi

Genre musik R&B merupakan singkatan dari Rhythm and Blues. Genre musik yang satu ini, mulai populer karena musik ini menggabungkan diri dari beberapa genre musik lainnya, seperti genre jazz, genre blues dan gospel. Awal mulanya diperkenalkan oleh pemusik yang berasal dari Afrika-Amerika.

5. Blues

Jenis Genre Musik
Foto: last.fm

Genre musik selanjutnya adalah blues yang merupakan sebuah aliran yang berasal dari Amerika Serikat baik musik vokal maupun instrumennya. Muncul dari musik-musik pujian dan spiritual, yang awalnya muncul dari komunitas mantan budak-budak Afrika yang di Amerika Serikat.

Demikian ulasan tentang pengertian genre musik dan jenis-jenis genre musik. Semoga tulisan ini dapat menambah wawasan.