Pengertian Hari Kiamat dan 8 Tanda-tandanya

Jumat, 3 Desember 2021 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Pengertian Hari Kiamat Dan 8 Tanda-Tandanya

Foto: Tribunnews

Ladiestory.id - Hari kiamat banyak disebutkan dalam Alquran, tentu saja hal itu untuk mengingatkan manusia bahwa tujuan akhirnya bukanlah semata  apa yang didapatkannya untuk hidup di dunia.

Melainkan amalannya yang bisa di bawanya ke pengadilan akhirat kelak, itulah yang menentukan kemana manusia itu akan berakhir, apakah ke surga atau neraka.  

Adapun pengertian dari hari kiamat dan tanda-tanda dijelaskan di bawah ini.

Pengertian Hari Kiamat

Dalam bahasa Arab, arti dari kiamat atau yaumul qiyamah adalah hari pemusnahan semua kehidupan, yang kemudian diikuti oleh kebangkitan dan pengadilan oleh Allah SWT.  Beberapa ayat dalam Al Quran menyebutnya sebagai Pengadilan terakhir.

Tidak ada satupun makhluk yang mengetahui kapan  terjadinya hari kiamat itu,  karena hal itu merupakan hak prerogatif Allah SWT.

Tanda-tanda Hari  Kiamat

Hari kiamat muncul ditandai dengan kejadian-kejadian yang tak biasa. Adapun tanda-tanda hari kiamat yaitu:

1. Munculnya Dajjal

Foto: Viva

 Salah satu tanda kiamat adalah kemunculan Dajjal. Hal tersebut berdasarkan pada sabda Rasulullah SAW yang berbunyi:

Tidak ada satupun makhluk sejak Adam diciptakan hingga terjadinya kiamat yang fitnahnya lebih besar dari Dajjal.”(HR Imam Muslim)

2. Munculnya Imam Mahdi

Tanda-tanda kiamat selanjutnya adalah kemunculan Imam Mahdi. Tanda kiamat yang satu ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW

“Imam Mahdi akan keluar di akhir umatku. Allah akan menurunkan hujan, akan menumbuhkan tanaman di muka bumi, harta akan dibagi secara merata. Binatang ternak akan semakin banyak, begitu juga umat akan bertambah besar. Imam Mahdi hidup selama 7 atau 8 tahun.” (HR Al Hakim)

3. Munculnya Ya’juj dan Ma’juj

Foto: Ya'juj dan Ma'juj

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an surah Al-Kahfi ayat 94, yang berbunyi:

Mereka berkata, “Wahai Zulkarnain! Sungguh, Ya’juj dan Ma’juj itu (makhluk yang) berbuat kerusakan di bumi, maka bolehkah kami membayarmu imbalan agar engkau membuatkan dinding penghalang antara kami dan mereka?”(QS. Al-Kahfi:94)

4. Turunnya Nabi Isa ke Bumi

Allah SWT berfirman dalam surah An-Nisa ayat 159, yang berbunyi:

Tidak ada seorangpun di antara Ahli Kitab yang tidak beriman kepadanya (Isa) menjelang kematiannya. Dan pada hari Kiamat dia (Isa) akan menjadi saksi mereka” (QS.An-Nisa:159)

5. Terjadi Gempa Besar

Foto: Tribun

Tanda lainnya dari kiamat adalah terjadinya gempa besar, hal ini berdasarkan firman Allah dalam Al-Qur’an surah Al-Hajj ayat 1 yang berbunyi

Wahai manusia! Bertakwalah kepada Tuhan-mu; sungguh, guncangan (hari) kiamat itu adalah suatu (kejadian) yang sangat besar.”(QS. Al-Hajj:1)

6. Terbitnya Matahari dari Arah Barat

Rasulullah bersabda dalam sebuah hadits yang berbunyi 

““Sesungguhnya pertanda yang pertama-tama muncul (menjelang kiamat) ialah terbitnya matahari dari Barat dan munculnya binatang melata menemui manusia pada waktu Dhuha. Mana saja dari keduanya yang lebih dulu terjadi, maka tidak lama sesudah itu yang lainnya pun segera terjadi.” (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah, dari Abdullah bin Amr).

7. Munculnya Kabut

Foto: Sindonews

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an surat Ad-Dukhan, mengenai hari kiamat yang salah satunya ditandai dengan munculnya kabut,  bunyi ayatnya sebagai berikut:

Maka tunggulah pada hari ketika langit membawa kabut yang tampak jelas” (QS. Ad-Dukhan)

8. Hancurnya Ka'bah

Tanda kiamat berikutnya yang juga perlu kamu tahu yaitu hancurnya Ka’bah. Hal tersebut tercantum juga dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam muslim dan Bukhari, dari Abu Hurairah RA, Rasulullah saw. Bersabda:

“Ka’bah diruntuhkan oleh Dzussuwaiqatain dari Habasyah.”(HR. Imam muslim dan Bukhari, dari Abu Hurairah RA)

Itulah tadi ulasan mengenai pengertian hari kiamat dan tanda-tandanya. Dengan mengingat hari kiamat semoga bisa membuat kita lebih mendekatkan diri pada Allah SWT dan mengumpulkan bekal buat kehidupan di akhirat kelak.