Alpha Arbutin Adalah: Pengertian Serta Manfaat Alpha Arbutin

Rabu, 8 Desember 2021 | 00:01:00

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

Alpha Arbutin Adalah: Pengertian Serta Manfaat Alpha Arbutin

Foto: ilustrasi memakai alpha arbutin (spesial)

Ladiestory.id - Kulit yang kusam dapat menurunkan rasa percaya diri. Maka dari itu, banyak orang yang tergiur untuk mencoba skincare yang diklaim untuk memutihkan kulit dengan cepat.

Namun, penjelasan mengenai bahan yang digunakan seringkali kurang diperhatikan sehingga timbul berbagai masalah kulit. Solusinya adalah untuk menggunakan skincare yang dapat mencerahkan kulit dengan aman.

Beberapa bahan aktif tersebut, antara lain, Vitamin C, licorice, niacinamide, kojic acid, dan glutathione, dan satu lagi bahan aktif pencerah kulit yang lagi naik daun, yaitu alpha arbutin.

Saat ini banyak sekali skincare yang menggunakan alpha arbutin untuk mencerahkan wajah. Alpha arbutin diklaim sebagai alternatif dari hydroquinone yang dapat mencerahkan wajah tanpa efek samping berbahaya. Penasaran? Yuk, kenalan dengan alpha arbutin lewat artikel berikut ini!

Apa Itu Alpha Arbutin?

Foto: ilustrasi produk alpha arbutin (spesial)

Alpha arbutin adalah ingredients pencerah wajah yang diekstrak dari daun tanaman bearberries. Tanaman bearberries ini banyak ditemukan di daerah Asia, Eropa, serta Amerika Utara.

Selain tanaman bearberries, alpha arbutin juga didapat dari tanaman lainnya seperti cranberry, buah pir, gandum, dan blueberry. Alpha arbutin juga dianggap sebagai zat turunan dari hydroquinone.

Meskipun alpha arbutin adalah turunan dari hydroquinone, alpha arbutin tidak menimbulkan risiko yang sama dengan zat hydroquinone sehingga lebih aman digunakan sebagai bahan pencerah wajah.

Bagaimana Cara Kerja Alpha Arbutin?

Alpha arbutin bekerja dengan cara melepaskan komponennya secara perlahan untuk menghambat munculnya enzim tirosinase. Enzim tirosinase ini bertugas untuk memproduksi melanin yang memberikan pigmen pada kulit.

Enzim tirosinase yang berkurang otomatis dapat mengurangi jumlah pigmen di kulit. Berarti kulitpun akan lebih cerah juga. Tak hanya itu, alpha arbutin juga berfungsi sebagai antioksidan dan anti-inflamasi.

Karena lebih aman dari zat hydroquinone, alpha arbutin dapat dipakai setiap hari.

Apa Sajakah Manfaat Alpha Arbutin Untuk Wajah?

Foto: ilustrasi memakai skincare (spesial)

Berikut beberapa manfaat alpha arbutin untuk wajah yang diformulasikan dalam bentuk perawatan kulit atau skincare:

1. Mencerahkan wajah

Manfaat pertama dan paling populer dari alpha arbutin adalah untuk mencerahkan kulit wajah.

Alpha arbutin bekerja dengan memperlambat produksi enzim tirosinase yang berfungsi untuk memproduksi melanin yang dapat menentukan warna kulit. Hal Ini dapat memudarkan hiperpigmentasi di kulit wajah.

2. Meratakan warna kulit dan tekstur kulit

Produksi enzim tirosinase yang dihambat oleh senyawa alpha arbutin akan mengurangi munculnya noda gelap dan hiperpigmentasi sehingga warna kulit jadi merata.

Tak hanya meratakan warna kulit, alhpa arbutin juga dapat memudarkan bekas jerawat yang tahan lama di kulit bahkan setelah jerawatnya sembuh. Hasilnya, warna kulit pun akan jadi lebih merata dan tekstur kulit jadi halus.

3. Kandungan pencerah wajah yang gentle di kulit

Kemudian, karena alpha arbutin bekerja secara bertahap untuk memperlambat produksi enzim tirosinase, kulit pun akan terbebas dari iritasi. Sehingga alpha arbutin aman digunakan oleh pemilik kulit sensitif.

4. Melembapkan kulit

Selain untuk mencerahkan kulit wajah, alpha arbutin dapat melembapkan kulit wajah dengan pemakaian yang teratur. Kulit pun akan terasa lembut dan terjaga keremajaannya.

5. Melindungi kulit dari radikal bebas

Alpha arbutin diperkaya dengan kandungan antioksidan yang dapat melindungi kulit dari bahaya radikal bebas serta memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan, seperti garis halus dan kerutan.

Itulah tadi kelima manfaat alpha arbutin dan asal-usulnya. Apakah kamu tertarik mencoba skincare dengan ekstrak alpha arbutin?