Penggemar Korea? Yuk Kenalan dan Belajar Hangeul, Abjad Korea!

Kamis, 2 September 2021 | 00:01:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Penggemar Korea? Yuk Kenalan dan Belajar Hangeul, Abjad Korea!

Foto: Ladiestory.id

Bagi penggemar Korea rasanya belum cukup jika belum mempelajari semua hal yang berkaitan dengan negara Ginseng tersebut. Terlebih lagi bagi para pecinta drama Korea. Rasanya seperti ingin ikut ikutan berbicara dengan bahasa mereka itu serta memahaminya.

Hangeul atau Huruf Korea

Hangeul adalah huruf atau abjad yang dipakai dalam bahasa Korea yang memiliki bentuk dan karakter yang berbeda dengan alfabet huruf Latin dari A sampai Z yang biasa kita pakai dalam hal baca tulis bahasa Indonesia.

Abjad Korea
Foto: Instagram/vkdh11

Hangeul, atau Joseon-geul adalah alfabet yang digunakan untuk menulis Bahasa Korea. Hangeul diciptakan oleh Raja Sejong yang Agung pada tahun 1443 masa Dinasti Joseon. Sebab pada masa itu cukup banyak rakyat yang tidak dapat membaca karakter Hanja atau karakter Cina.

Bentuk abjad bahasa Korea ini dibuat berdasarkan bentuk organ atau alat ucap manusia ketika menghasilkan suara guna mewakili karakter konsonan dan representasi bentuk langit, bumi, dan manusia untuk karakter vokal.

Meskipun tulisan Hangeul terlihat seperti tulisan ideografik (tulisan dalam bentuk 'simbol' seperti aksara Tionghoa), Hangeul sebenarnya merupakan abjad fonetik atau alfabet, karena setiap hurufnya merupakan lambang vokal dan konsonan yang berbeda.

Alfabet Hangeul terdiri dari 24 huruf (jamo)-14 huruf mati (konsonan) dan 10 huruf hidup (vokal). Sebenarnya Hangeul masih mempunyai 3 konsonan dan 1 buah huruf vokal, tetapi dihilangkan.

Belajar Hangeul

Untuk yang benar-benar menggemari segala hal yang berkaitan dengan Korea, saatnya kini kita mulai belajar tulis menulis dengan mengenal dan menulis abjad bahasa Korea alias Hangeul.

Tidak hanya mengenal namun juga belajar menulis karakter Hangeul dengan benar dan menghafal semua karakternya. Banyak pemula yang belajar menyebutnya “hangul”. Jangan lupa siapkan kertas dan alat tulis terlebih dahulu, oke?

Saat menulis dalam bahasa Korea kita mesti mengenakan abjad Korea yang dinamakan Hangul  (dibaca: hangeul). Abjad bahasa Korea atau yang disebut hangul ini memiliki bentuk yang unik layaknya bentuk karakter tulisan Cina atau Jepang.

Untuk yang telah atau tengah mempelajari baca tulis abjad Korea, kamu bisa mencoba ikuti tes membaca tulisan Korea (Hangeul) ini guna menguji sejauh mana pemahaman tentang alfabet Korea ini.

Jika pada abjad Romawi kita mengenal 5 huruf vokal yaitu a, e, i, o dan u, dan 21 huruf konsonan, tetapi dalam huruf hangeul ada 10 huruf vokal dasar dan 14 huruf konsonan dasar.

Baik dari 24 karakter vokal dan konsonan dasar tersebut  kemudian dikembangkan lagi dengan ditambahkannya 11 huruf vokal rangkap dan 16 huruf konsonan rangkap.

1. Huruf Vokal 모음 [mo-eum]

Abjad Korea
Foto: instagram/vkdh11

Huruf vokal Hangeul memiliki 10 karakter dasar serta 11 karakter vokal rangkap.

Kesepuluh huruf vokal dasar tersebut adalah ㅏ,ㅑ,ㅓ,ㅕ, ㅗ, ㅛ, ㅜ, ㅠ, ㅡ,ㅣ.

Dan 11 vokal rangkap adalahㅐ, ㅒ, ㅔ, ㅖ, ㅚ, ㅘ, ㅙ, ㅝ, ㅞ, ㅟ, ㅢ.

2. Huruf Konsonan 자음 [ca-eum]

Abjad Korea
Foto: instagram/vkdh11

Huruf konsonan Hangeul memiliki 14 konsonan dasar dan 16 konsonan rangkap.

Konsonan rangkap ini dibagi lagi ke dalam 2 bagian yaitu konsonan rangkap sama dan konsonan rangkap beda.

Konsonan dasar tersebut adalah ㄱ, ㄴ, ㄷ, ㄹ, ㅁ, ㅂ, ㅅ, ㅇ, ㅈ, ㅊ, ㅋ, ㅌ, ㅍ, ㅎ.

Ada 5 konsonan rangkap sama : ㄲ, ㄸ, ㅉ, ㅃ , ㅆ.

Ada 11 konsonan rangkap beda: ㄳ, ㄵ, ㄶ, ㄽ, ㄾ, ㅀ, ㅄ, ㄺ, ㄻ, ㄼ, ㄿ.

Itu dia ulasan tentang kenalan dan belajar abjad Korea yang biasa disebut Hangeul. Bahasa Korea menarik untuk dipelajari, bukan?

Berita Terkait