Penting! Ini 5 Hal Yang Harus Diperhatikan Setelah Vaksin Covid-19

Selasa, 17 Agustus 2021 | 00:04:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Penting! Ini 5  Hal Yang Harus Diperhatikan Setelah Vaksin Covid-19

Foto : Ladiestory.id

Vaksin covid 19 telah banyak diberikan pada masyarakat, terutama mereka yang beresiko tinggi mudah terpapar virus corona. Tujuannya untuk mengurangi resiko terkena penyakit. Ada hal yang harus diperhatikan setelah vaksin covid-19, seperti efek samping dan yang boleh dan tidak boleh dilakukan setelah vaksin. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Hal yang Harus Diperhatikan Setelah Vaksin Covid -19

Bagi kamu yang ingin menjalani suntik vaksin covid - 19 sebaiknya perhatikan hal apa saja yang boleh dilakukan setelah vaksin dan kenali efek sampingnya.

1. Tetap Terapkan Protokol Kesehatan Saat Keluar Rumah

Foto : Ladiestory.id

Walaupun Anda sudah mendapatkan suntik vaksin Covid-19, bukan berarti Anda sepenuhnya bisa terhindar dari infeksi virus Covid-19. Orang yang sudah mendapat vaksin Covid-19 tetap beresiko terpapar virus corona, bahkan masih bisa menularkannya kepada orang lain. Oleh sebab itu, tetaplah menjaga dan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19, seperti:

  • Mengenakan masker saat keluar rumah
  • Menjaga jarak dengan orang lain minimal 1,5  hingga 2 meter.
  • Mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun selama 20 detik atau bisa menggunakan hand sanitizer  yang mengandung  alkohol minimal 60%
  • Istirahat di rumah saat merasa tidak enak badan

2. Kenali Efek Samping Vaksin

Foto : Ladiestory.id

Sama halnya dengan jenis vaksin lainnya, vaksin covid - 19 juga bisa menimbulkan efek samping, seperti:

  • Demam
  • Nyeri dan bengkak di area suntikan
  • Menggigil
  • Sakit kepala
  • Kelelahan atau tidak enak badan

Walaupun ini sangat jarang terjadi, vaksin covid 19 kadang juga bisa menimbulkan efek samping yang berbahaya, seperti sesak nafas,  reaksi alergi, dan anafilaksis.

Oleh sebab itu, setelah Anda mendapatkan vaksin Covid-19, biasanya Anda akan diminta untuk tidak langsung meninggalkan fasilitas kesehatan di mana tempat Anda menerima vaksin selama 30 menit. Tujuannya agar dokter dapat memastikan Anda tidak mengalami efek samping yang berat.

3. Redakan Efek Samping yang Mengganggu

Foto: Ladiestory.id

 

Untuk meredakan nyeri dari efek samping vaksin Covid-19 yang terasa mengganggu, sebaiknya Anda beristirahat yang cukup, dan memberi kompres dingin di area suntikan. Juga disarankan untuk lebih sering menggerakkan lengan yang disuntik.

Anda juga dapat mengkonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas, seperti paracetamol, untuk meredakan rasa nyeri. Tapi, sebelum menggunakannya sebaiknya Anda konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

4. Segera Temui Dokter, Bila Ada Efek Samping yang Berbahaya

Vaksin Covid-19 juga dapat menimbulkan efek samping berbahaya seperti  gejala alergi. Tapi, perlu diperhatikan sebab ada kemungkinan gejala alergi akan muncul belakangan (delayed allergic reaction). 

Bila timbul reaksi alergi yang parah dalam beberapa hari atau bahkan beberapa minggu setelah Anda mendapat vaksin corona dosis pertama, segera temui dokter atau ke rumah sakit. Karena, bisa jadi reaksi alergi akan semakin bertambah parah dan dapat memicu masalah kesehatan. 

5. Siapkan Diri Untuk Vaksin Dosis Kedua

Foto : Ladiestory.id

Sebagian besar vaksin Covid-19 membutuhkan dosis 2 kali untuk bekerja efektif, dengan selang waktu 4 hingga 12 minggu antara vaksin dosis pertama dan kedua. Pastikan Anda mengetahui jadwal vaksin untuk dosis kedua diberikan. 

Selain itu, penting juga untuk mendapatkan vaksin dosis kedua, bahkan jika Anda mengalami efek samping dari yang pertama, kecuali bila petugas vaksinasi, atau dokter, memberitahu Anda  untuk tidak mendapatkan vaksin dosis kedua.

Itulah 5 Hal yang harus diperhatikan setelah vaksin covid-19.  Semoga bermanfaat.

Berita Terkait