Penting! Pilih Ukuran Softlens yang Tepat Sesuai Mata

Kamis, 3 Februari 2022 | 00:01:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Penting! Pilih Ukuran Softlens Yang Tepat Sesuai Mata

Ilustrasi Lensa Kontak. (Special)

Ladiestory.id - Bila zaman dulu pemakaian lensa kontak hanya sebatas bagi kesehatan saja, sekarang pemakaian lensa kontak pun telah menjamur di masyarakat.

Lensa kontak atau softlens banyak dipakai sebagai memperindah penampilan. Terdapat banyak warna-warna softlens yang dapat dijadikan pilihan, baik dari cokelat sampai warna merah. Tak hanya itu, bahkan softlens kini tersedia pada beragam corak dan motif berbeda.

Selain mempunyai banyak jenis dan warna, softlens pun memiliki berbagai macam ukuran, salah satunya ukuran untuk mata sipit.

Diameter Softlens Kecil

Ilustrasi Lensa Kontak atau Softlens. (Special)

Ukuran softlens kecil ini pada biasanya berukuran sebesar di bawah 14 mm dan pastinya cocok bagi Kamu yang mempunyai mata kecil atau sipit.

Ada baiknya sesuaikan mata Kamu dengan diameter softlens dan jangan memaksakan diri dalam memakai softlens berdiameter besar. Hal ini karena tujuan perbedaan diameter pada softlens sebetulnya guna memberi pilihan akan keadaan pemasangan softlens yang berbeda bagi tiap orang.

Idealnya, softlens bisa terpasang secara pada mata seseorang dan tidak terasa ketat maupun longgar. Namun softlens yang terpasang ideal di mata seseorang belum tentu dapat terpasang sama di mata orang lain.

Diameter softlens yang terlalu besar dapat menghambat sirkulasi udara pada bola mata dan menyebabkan mata terasa kering juga tidak nyaman. Kebanyakan softlens berdiameter besar pun mempunyai kadar air yang rendah dan sedikit pori-pori.

Banyak masyarakat yang beranggapan jika mata sipit tidak dapat menggunakan softlens, lantaran akan mengalami kesulitan ketika proses pemasangan, bahkan akan tampak tidak cocok. Anggapan itu sama sekali tidak benar.Sekecil apapun mata seseorang, softlens tentu dapat terpasang.

Pada mulanya pemasangan memang akan terasa sulit bagi semua orang, namun saat sudah mencoba 2-3 kali hal tersebut sebetulnya sangat mudah. Di sisi lain, menggunakan softlens malah akan membuat matamu terlihat lebih besar dan menarik.

Tips Menjaga Kesehatan Mata Untuk Pengguna Softlens

1. Bersihkan softlens

2. Jangan gunakan softlens saat tidur

3. Jaga kelembaban mata

4. Jaga kebersihan tangan

5. Pastikan kukumu tetap pendek

6. Jaga kebersihan tempat softlens

7. Pastikan tanggal kadaluarsa

8. Konsultasi dengan dokter mata