Pentingnya Afirmasi Positif Untuk Diri Sendiri Agar Pikiran Juga Ikut Positif

Minggu, 6 Februari 2022 | 11:59:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Pentingnya Afirmasi Positif Untuk Diri Sendiri Agar Pikiran Juga Ikut Positif

Ilustrasi wanita berhijab. (Special)

Ladiestory.id - Afirmasi yaitu kata semangat pada diri sendiri agar lebih percaya diri dalam menghadapi suatu masalah. Ucapannya berupa kata-kata yang menggugah hati dengan maksud membawa perubahan yang lebih baik. Bisa berbentuk kata mutiara, ceramah, dan lain sebagainya. Jika rutin mengucap afirmasi kepada diri sendiri, maka perubahan total akan terjadi.

Mengenal Afirmasi Positif Terhadap Diri Sendiri

Ilustrasi pemimpin wanita. (Special)

Afirmasi positif adalah pikiran positif yang diucapkan untuk diri sendiri agar terhindar dari segala pikiran negatif yang terlintas pada otak.

Kata semangat bisa dijadikan motivasi untuk maju ke arah yang lebih baik. Setelah itu, perubahan positif akan kamu rasakan. Contohnya saat presentasi, kamu unjuk berani dalam menanyakan topik presentasi. Rasa percaya diri akan muncul dan Kamu menjadi lebih semangat di hari tersebut. Contohnya saja, "Aku tidak demam panggung", "Aku bisa" dan lain sebagainya.

Mungkin aneh seperti bicara dengan dirinya sendiri, afirmasi masih akan terus terpakai dalam situasi apapun. JIka teratur melakukannya, maka akan terasa manfaatnya secara perlahan. Seperti sugesti, jika ditanankan setiap hari akan terasa luar biasa.

Manfaat Mengucapkan Afirmasi Positif

1. Baik untuk kesehatan mental

2. Meningkatkan kesadaran diri

3. Menyehatkan fisik

4. Mencegah perilaku berbahaya

5. Membuka jalan sukses untuk masa depan

Akan lebih terasa lagi efeknya jika konsisten dalam melakukannya. Waktu yang digunakan juga fleksibel, bisa dilakukan setelah bangun tidur, saaat akan berangkat kerja, dan juga menjelang tidur. Selain ucapan, menjadikan benda lain sebagai afirmasi juga dapat kamu lakukan. 

Contoh Kalimat Afirmasi Positif Pada Diri Sendiri

Ilustrasi orang bercermin. (Special)

Contoh kalimat afirmasi positif yang bisa membantu kamu menjalani hari dengan lebih baik antara lain:

1. Kehidupanku yang sekarang sudah berada di waktu yang tepat

2. Aku memilih untuk merasakan kebahagiaan dibanding kesedihan

3. Aku bisa melakukannya dab bisa menerima diriku apa adanya

4. Aku baik-baik saja dan aku punya rasa percaya diri untuk terus maju

5. Jika gagal, aku bisa mencobanya kembali

6. Aku bisa memberikan perubahan positif 

Nah itu dia beberapa contoh kata-kata afimasi positif yang bisa kamu gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kamu bisa coba untuk menyesuaikan kalimat-kalimat tersebut dengan kondisi yang ingin kamu perbaiki. Saat membuat kata-kata afirmasi positif, disarankan untuk menggunakan kalimat yang konotasinya positif.

Sebagai contoh, daripada menggunakan kata-kata “Aku sudah tidak suka minum alkohol,” gunakanlah kalimat seperti “Aku sudah bebas dari bau alkohol sehingga tubuhku kembali seperti semula.”

Nah itu beberapa informasi seputar afirmasi positif. Jika kamu memberikan sebuah afirmasi positif kepada diri sendiri, maka diri kamu akan lebih bersemangat menjalani aktivitas.