Pentingnya Memberikan Kalimat Pujian Untuk Orang Lain

Jumat, 24 Desember 2021 | 22:00:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Pentingnya Memberikan Kalimat Pujian Untuk Orang Lain

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Pujian menjadi sesuatu yang banyak disukai orang lain. Selain itu, pujian merupakan suatu pernyataan positif yang diberikan seseorang dengan tulus dan sejujurnya. Tidak hanya itu, pujian dapat diartikan sebagai sesuatu ucapan yang membuat mendengar merasa tersanjung sehingga dapat memberikan motivasi. 

Pengertian dari Kalimat Pujian 

Ilustrasi pasangan mengobrol. (Special)

Jika dilihat dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kalimat pujian adalah ungkapan yang disampaikan seseorang sebagai pemikiran atau perasaan kagum terhadap orang lain. Selain tu, kalimat pujian termasuk dalam kalimat positif sehingga memunculkan perasaan senang dan bangga sehingga membangkitkan motivasi bagi orang yang mendengarnya. Biasanya, kalimat pujian  diucapkan karena suatu alasan atau tujuan. Tapi ada kalimat pujian yang diungkapkan tanpa alasan apapun.

Pujian bukanlah kata-kata indah tanpa makna. Pujian harus dapat dijadikan rambu bagi anak dalam berperilaku. Pujian seharusnya dapat menguatkan perilaku positif dan menghindarkan perilaku negatif. Bila anak diberi pujian saat mau membereskan mainannya sendiri, maka hal itu akan membuat anak terbiasa hidup rapi, sekaligus untuk tidak membiarkan mainan atau benda lainnya berantakan. Intinya, satu pujian, dapat memberikan dua manfaat sekaligus.

Pujian juga bak vitamin yang dapat membangkitkan semangat anak. Bila ada kemajuan yang didapat/dilakukan, maka anak akan berusaha memacu dirinya untuk lebih baik, atau minimal mempertahankannya. Bila ia terbiasa makan sendiri di usia batita meski dengan banyak bantuan, lalu orang tua terus memotivasinya dengan pujian, maka di usia selanjutnya bantuan orang tua semakin diminimalkan, bahkan di usia sekolah anak sudah dapat merapikan peralatan makan dan minumnya, bahkan mencucinya sendiri.

Ilustrasi mengobrol. (Special)

Pujian juga membuat anak merasa dihargai. Ia merasa setiap perilakunya bermakna di mata orang tua. Apakah orang tua akan menyunggingkan senyum atau membelalakkan mata,  semuanya tergantung pada apa yang akan dia lakukan. Tentunya ia akan berusaha mendapatkan apresiasi ketimbang mendapatkan konsekuensi.

Manfaat Kalimat Pujian Bagi Pemberi dan Penerima 

Ternyata, kalimat pujian memberikan manfaat bukan hanya untuk si penerima tapi untuk yang memberikan pujian. Dari sini kita dapat melihat perbedaan yang mungkin terjadi dari keduanya.

Orang yang suka memuji akan mendapatkan manfaat dalam menunjukkan apresiasi atas usaha orang lain, membangun hubungan yang baik, memberikan kebahagiaan pada orang lain dan menambah motivasi yang positif untuk orang yang dipuji.  Sedangkan untuk orang yang dipuji kita dapat menambah kepercayaan diri, mendapatkan motivasi untuk lebih baik lagi, timbul perasaan senang dan bangga serta adanya rasa puasdengan usaha yang sudah dilakukan selama ini.

Makna Mendalam Mengenai Arti Penting Memuji

Maka pujian menjadi penting yang berguna untuk menunjukan kita benar-benar menyukai apa yang dikatakan, dilakukan, atau dicapai oleh seseorang. Selain itu, pujian membuat seseorang kemungkinan menjadi lebih baik.Kita perlu mengerti jika kemampuan memuji yang sangat berguna untuk dikuasai.

Bukan hanya itu, orang yang sering dipuji cepat atau lambat lebih mudah belajar untuk memuji orang lain. Faktanya, ketika kita sering saling memuji, maka hidup akan lebih bahagia. Ketika menjadi orang mudah bahagia, kebahagiaan dapat cepat menyebar dan menjadikan dunia yang lebih bahagia untuk dihuni.