Pentingnya Tingkatkan Self Awareness yang Bisa Berdampak Bagi Sekitar

Selasa, 17 Oktober 2023 | 14:36:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Pentingnya Tingkatkan Self Awareness Yang Bisa Berdampak Bagi Sekitar

Mencintai Diri Sendiri. (Freepik)

Ladiestory.id - Self Awareness atau kesadaran diri merupakan sebuah kemampuan individu untuk bisa mengidentifikasi dan memahami dirinya secara utuh, baik dari sifat, karakter, emosi, perasaan, pikiran, dan cara adaptasi dengan lingkungan.

Self Awareness sangat berperan penting pada diri seseorang dalam menjalani kehidupannya, perasaan tersebut juga sangat berkaitan dengan self leadership. Self leadership merupakan perasaan memahami betul kita itu siapa, apa yang ingin kita lakukan, apa yang ingin kita raih dan memiliki kemampuan untuk bisa mengontrol emosi.

Dalam sebuah sesi talkshow dalam acara PuanBisa Festival yang digelar pada Minggu (15/10/2023) di Visinema Pictures, Marsya Nurmaranti selaku Executive Director Indorelawan dan Pembina PuanBisa mengungkapkan bahwa seseorang yang punya self leadership merupakan orang-orang yang memiliki kecerdasan emosional.

Marsya Nurmaranti di PuanBisa Festival. (Ladiestory.id / Bulan Maghfira)

 

“Orang yang punya self leadership adalah orang-orang yang memiliki emotional intelligence atau kecerdasan emosional, yakni kemampuan untuk mengelola dan mengontrol emosi diri sendiri dan memahami emosi orang lain,” kata Marsya Nurmaranti dalam sesi talkshow, pada Minggu (15/10/2023).

Lebih lanjut, perempuan yang akrab disapa Kak Asa itu juga mengungkapkan kiat-kiat untuk dapat membagikan perasaan cinta dan kasih untuk orang-orang di sekitar. Menurut pemaparannya, kita harus terlebih dahulu mencintai dan menyayangi diri kita sendiri agar bisa membagikan perasaan cinta dan kasih kepada orang-orang di sekitar kita. 

“Kita nggak bisa nuang dari gelas yang kosong, harus kita isi dulu. Gelas adalah diri kita, dan air adalah kasih sayang,” jelas Marsya Nurmaranti. 

“Kita harus isi gelas kita dengan self love, ketika gelas kita sudah penuh kita bisa bagikan cinta dan kasih kita ke orang lain atau orang-orang di sekitar kita. Adapun cara yang dapat dilakukan untuk membagikan kasih sayang dan kebaikan adalah dengan menunjukkan perhatian dan kepedulian terhadap orang lain,” sambungnya.

Lebih lanjut, Marsya Nurmaranti juga membeberkan ciri-ciri pemimpin dengan self awareness

  1. Self-confidence, meyakini kemampuan diri, tahu kapan harus meminta bantuan dan tahu diri ketika tidak dapat mengerjakan sebuah pekerjaan sendiri.
  2. Realistic self-assessment, nyaman berbicara tentang keterbatasan dan kekuatan diri, dan ingin mendapatkan kritik yang membangun.
  3. Self-deprecating sense of humor, mau mengakui kesalahan yang pernah dilakukan dan menceritakannya dengan senyuman.