Penuh Penampilan Unik! Simak, 5 Fakta Menarik Met Gala 2023

Minggu, 7 Mei 2023 | 00:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Penuh Penampilan Unik! Simak, 5 Fakta Menarik Met Gala 2023

Doja Cat. (Instagram/dojacat)

Ladiestory.id - Sebagian dari kamu tentu sudah tak asing dengan acara Met Gala yang digelar tiap tahunnya. Namun, tahukah kamu bahwa terdapat beberapa fakta menarik Met Gala 2023 yang patut untuk kamu ikuti. 

Acara yang bertujuan untuk menggalang dana ini banyak disebut sebagai parade mode serta fashion yang bergengsi di dunia. Met Gala 2023 kembali digelar di Metropolitan Museum of Art's Costume Institute, New York, Amerika Serikat pada 1 Mei 2023. Banyak artis, penyanyi hingga tokoh berpengaruh yang hadir pada acara ini. 

Nah, kira-kira apa saja ya fakta menarik Met Gala 2023 yang wajib kamu simak? Yuk, ikuti ulasan lengkapnya berikut ini. 

Usung Tema Menarik

Kucing Karl Lagerfeld. (Instagram.com/choupetteofficiel)

 

Pada acara tahun ini, Met Gala mengusung tema menarik yaitu “Karl Lagerfeld: A Line of Beauty.” pemilihan tema ini sendiri sebagai wujud penghormatan terhadap sosok Karl Lagerfeld yang telah meninggal dunia pada usia 85 tahun di tahun 2019.

Nama Karl Lagerfeld sendiri juga merupakan sosok yang cukup berpengaruh di dunia mode. Ia merupakan salah satu perancang busana kenamaan yang lahir di Jerman. Karya-karyanya telah lahir dalam berbagai nama merk seperti Fendi, Chanel, Balmain, Patou, hingga Chloe.

Selama 65 tahun berakhirnya, Karl telah banyak menularkan berbagai karya yang ikonis. Ia juga dikenal dengan penampilannya yang unik dan sering mengenakan busana kerah tinggi, sarg tangan, kaca mata hitam dan menggunakan gaya rambut ponytail.

Pemakaian Dress Code Spesial

Jared Leto. (Twitter/PopBase)

 

Fakta menarik Met Gala 2023 selanjutnya adalah dengan adanya pemakaian dress code Spesial. Pemilihan busana pun disesuaikan dengan tema yang diusung. Seluruh tamu harus mengenakan busana dalam rangka penghormatan kepada Karl Lagerfeld. 

Met Gala 2023. (Special)

 

Tentunya, tamu yang hadir wajib memilih salah satu dari tiga pilihan busana yang direkomendasikan oleh penyelenggara. Pertama, pilihan berupa tampilan bertema vintage yang dirancang oleh Lagerfeld. MIsalnya, ansambel Chanel Willow Smith yang digunakan pada Met Gala 2016.

Adapula penggunaan busana kontemporer milik Chanel atau Fendi. Dua rumah mode ini memiliki tipe yang ikonik dimana Karl merupakan direktur kreatifnya. Terkahir, yaitu busana suit serta dai hitam, kacamata hitam sera sarung tangan yang bergaya khas Lagerfeld. 

Hadirnya Berbagai Tamu Eksklusif

Met Gala 2023. (Special)

 

Acara yang sering menjadi ajang mode ini tentunya dihadiri oleh berbagai ikon berpengaruh. Mulai dari selebriti, musisi hingga aktor kenamaan. Beberapa nama-nama ternama yang hadir seperti Kim Kardashian, Kylie Jenner, Kendall Jenner, Gigi Hadid, Irina Shayk, Kate Hudson hingga Jennifer Lopez.

Sedangkan dari deretan aktor serta aktris yang hadir yaitu Florence Pugh, Anne Hathaway, Salma Hayek, Halle Bailey, Priyanka Chopra, Jared Leto, Ke Huy Quan, Margot Robbie, Hugh Jackman, Song Hye Kyo, Michelle Yeoh hingga nama Simu Liu. Kemudian, dari barisan musisi hadir Dua Lipa, Olivia Rodrigo, Bad Bunny, hingga Jennie BLACKPINK. 

Harga Tiket 

Met Gala 2023. (Special)

 

Fakta menarik Met Gala 2023 yang patut kamu ketahui juga yaitu mengenai harga tiket yang ditawarkan. Melansir dari laman Yahoo Life, diketahui harga tiketnya dapat mencapai 30.000 US Dollar atau sekitar Rp430 juta. 

Kemudian, untuk pemesanan open tabelnya mulai dari harga Rp75 ribu hingga 250.000 US Dollar atau sekitar Rp1,09 miliar hingga Rp3,6 miliar bergantung dengan kedekatan para tamu dengan majalah Vogue. Meski terbilang mahal, nyatanya uang tersebut akan disumbangkan ke Costume Institute yang merupakan lembaga Museum untuk pendanaan operasionalnya sendiri. 

Timbul Kontroversi

Anna Wintour dan Karl Lagerfeld. (Special)

 

Meski berlangsung dengan meriah, nyatanya Met Gala 2023 tak lepas dari kontroversi. Hal ini disebabkan dengan pemilihan tema berupa Karl Lagerfeld untuk tahun ini. Sebab menurut beberapa pihak, Karl memang menjadi salah satu perancang busana ternama.

Namun, sayangnya Ia memiliki beberapa kontroversi akan kepribadiannya. Bahkan, Karl sering terlihat melontarkan ucapan bernada seksis. Misalnya, kepada Adele yang dinilainya agak terlalu gemuk namun memiliki wajah serta suara yang cantik dan indah.