1. Lifestyle
  2. Ganggu Penampilan, Ini Penyebab Gigi Hitam dan Cara Atasinya
Lifestyle

Ganggu Penampilan, Ini Penyebab Gigi Hitam dan Cara Atasinya

Ganggu Penampilan, Ini Penyebab Gigi Hitam dan Cara Atasinya

Ilustrasi perempuan menutup mulut. (Special)

Ladiestory.id - Umumnya, gigi yang sehat akan tampak putih dan bersih. Namun, tak jarang permasalahan pada gigi kerap muncul dan menyebabkannya menjadi hitam. Kondisi gigi yang hitam tentu sangat mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri.

Tentu permasalahan tersebut harus segera diatasi agar tidak berkembang dan menyebabkan masalah gigi yang lebih parah. Sebelum mengatasi masalah gigi hitam, kamu harus mengetahui tentang apa saja yang menyebabkan gigi menjadi hitam. Ladies, berikut penyebab gigi hitam dan bagaimana cara untuk mengatasi masalah tersebut.

Faktor Penyebab Gigi Hitam

Berikut adalah beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab gigi hitam, yang bisa kamu hindari agar gigi tetap sehat dan bersih.

Konsumsi Minuman Kafein

Ilustrasi minuman berkafein. (Special)

Kebiasan mengonsumsi minuman yang mengandung kafein, seperti teh, kopi, dan cokelat, menjadi salah satu faktor yang menyebabkan gigi berwarna gelap. Apalagi, jika kamu malas menggosok gigi, maka noda gelap yang ditinggalkan oleh zat kafein tersebut dapat menempel pada karang gigi dan semakin sulit untuk dibersihkan.

Merokok

Ilustrasi perempuan merokok. (Special)

Selain mengonsumsi minuman berkafein, kebiasaan merokok juga dapat menjadi pemicu gigi berwarna gelap atau hitam. Rokok yang terbuat dari perpaduan tembakau dan nikotin dapat meninggalkan bekas noda pada lapisan enamel gigi.

Gejala awalnya, gigi akan tampak sedikit menguning, kemudian lambat laun akan berubah menjadi kecokelatan, dan parahnya bisa menjadi kehitaman. Selain itu, kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan bau mulut tidak sedap. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari rokok dan beralih ke pola hidup sehat.

Karies Gigi

Ilustrasi gigi karies. (Special)

Karies atau gigi rusak biasanya terjadi saat kuman atau bakteri di dalam mulut menghasilkan zat asam yang tinggi, sehingga dapat menggerogoti gigi. Umumnya, karies gigi ditandai dengan gejala gigi kuning kecokelatan, selanjutnya lama kelamaan menghitam dan dapat menyebabkan gigi berlubang.

Efek Samping Obat

Ilustrasi mengonsumsi obat. (Special)

Konsumsi beberapa jenis obat tertentu juga dapat menjadi faktor yang menyebabkan gigi berwarna gelap kehitaman. Jenis obat-obatan tersebut antara lain obat antibiotik, obat hipertensi, dan obat antipsikotik. Jika kamu terpaksa harus mengonsumsi jenis obat tersebut, maka, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter bagaimana cara meminimalkan efek dari pemakaian obat agar gigi tetap sehat dan bersih.

Cara Alami Atasi Gigi Hitam

Setelah mengetahui beberapa hal yang menyebabkan gigi menjadi hitam, maka kamu bisa mengatasinya dengan cara alami sebagai berikut.

Gosok Gigi secara Rutin

Ilustrasi menyikat gigi. (special)

Cara yang pertama untuk mengatasi gigi hitam adalah dengan menjaga kesehatan dan kebersihan gigi. Kamu bisa menyikat gigi secara teratur dengan pasta gigi yang mengandung fluoride. Kamu juga bisa mengombinasikannya dengan obat kumur, agar napas bisa menjadi lebih segar.

Baking Soda

Ilustrasi baking soda. (Special)

Cara alami selanjutnya untuk mengatasi gigi hitam adalah menggunakan tambahan baking soda. Kamu bisa menambahkan baking soda pada pasta gigi, lalu menggosoknya ke bagian gigi yang hitam. Lakukan secara teratur selama satu hingga dua kali dalam seminggu. Maka, gigi kamu akan kembali terlihat lebih bersih dan sehat.

Selain itu, ada baiknya kamu memeriksakan kondisi gigi hitam ke dokter. Hal ini agar masalah gigi tersebut dapat ditangani secara tepat.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel