Ketahui 6 Penyebab Kulit Kusam, Gaya Hidup Salah Satunya

Selasa, 7 Desember 2021 | 12:30:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Ketahui 6 Penyebab Kulit Kusam, Gaya Hidup Salah Satunya

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Memiliki kulit yang sehat, segar dan kencang tentu merupakan dambaan setiap orang, baik pria maupun wanita. Bahkan, tak sedikit orang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli produk perawatan kulit terbaik dengan harga cukup fantastis demi mendapatkan kulit sehat idaman.

Hal ini digunakan untuk menghindari kulit kusam. Kulit kusam terjadi ketika kulit secara terus-menerus melepaskan sel-sel mati, tetapi prosesnya tidak bekerja secara efisien, sehingga kulit menjadi kurang cerah, tampak lelah, dan tidak sehat yang memungkinkan munculnya kerutan dan tanda-tanda penuaan lainnya.

Penyebab Kulit Kusam

Percuma rasanya jika kita sudah mengeluarkan uang banyak untuk mengatasi kulit kusam, tapi kita tidak tahu penyebabnya. Pasalnya dengan mengetahui penyebab kulit kusam, kita dapat menghindari ataupun meminimalisir kulit kusam itu terjadi.

1. Kurang Tidur

Foto: Ladiestory.id

Penyebab kulit kusam pertama adalah kurang tidur. Kulit kusam bisa menjadi tanda bahwa tubuh sedang lelah. Jika kurang tidur dalam beberapa hari terakhir, kulit bukan hanya kehilangan kilau alaminya tapi juga muncul lingkaran hitam di bawah mata dan tampak bengkak.

Kulit pun membutuhkan istirahat seperti tubuh kita. Sehingga pastikan memiliki waktu tidur yang cukup, minimal 8 jam setiap malam.

2. Kurang Minum Air dan Nutrisi

Kurang mengonsumsi cairan juga bisa menjadi penyebab kulit kusam. Kekurangan cairan sama dengan dehidrasi. Padahal dehidrasi sudah pasti akan memengaruhi kondisi kulit wajahmu. Dehidrasi akan mengurangi volume aliran darah ke kulit, hingga kulit wajah nampak lebih pucat dan sakit-sakitan.

Kondisi ini disebut sebagai masalah kulit jangka panjang. Pada kondisi ini, kulit benar-benar kehilangan asupan air untuk menjaga kesehatannya. Pemakaian kosmetik atau produk kecantikan juga akan terpengaruh karenanya. Hal ini disebabkan karena sel kulit akan lebih baik bekerja saat kulit benar-benar dehidrasi.

Kulit dehidrasi dibagi menjadi tiga, yakni dehidrasi epidermal, dehidrasi dermal, atau keduanya. Dehidrasi epidermal ditunjukkan dengan garis-garis halus. Sementara dehidrasi dermal sebabkan kulit keriput dan kendur.

Selain harus memerhatikan asupan cairan dalam tubuh, perhatikan nutrisi yang dikonsumsi oleh tubuh. Tubuh yang tak ternutrisi dengan baik juga bisa menjadi penyebab kulit wajah kusam. Hindari konsumsi makanan asin dan berminyak. Makanan ini justru akan meningkatkan pembengkakan jaringan melalui retensi cairan.

3. Sering Terkena Sinar Matahari dan Polusi

Sinar matahari dan polusi jadi penyebab kulit kusam. Terlebih, jika kamu tidak pernah menggunakan tabir surya. Dijamin kulit wajahmu akan semakin terlihat tidak cerah.

Untuk itu, pastikan kamu selalu mengawali perawatan wajah dengan menggunakan sunscreen untuk menangkar pengaruh buruk sinar matahari.

4. Tidak Melakukan Eksfoliasi Kulit

Foto: Ladiestory.id

Kita mungkin pernah atau bahkan sering melewatkan salah satu langkah perawatan kulit yang penting, yaitu eksfoliasi kulit. Kulit secara alami melepaskan sel-sel mati secara teratur untuk memberi jalan bagi sel-sel baru. Tetapi terkadang sel-sel mati tidak terlepas sebagaimana mestinya, yang justru dapat menumpuk di permukaan kulit.

Inilah yang kemudian dapat menyebabkan kulit menjadi kering, kusam, dan bersisik. Dengan kata lain, melakukan pengelupasan kulit secara teratur merupakan salah satu langkah penting untuk membantu kamu mendapatkan kulit yang lebih halus, tampak lebih bercahaya, sehat, dan tidak kusam.

Kita bisa menggunakan physical exfoliator, seperti face scrub, atau chemical exfoliator, seperti AHA/BHA, untuk mengeksfoliasi kulit.  Gunakan satu jenis eksfoliator pada satu waktu. Sebab menggunakan lebih dari satu jenis eksfoliator dapat meningkatkan risiko iritasi kulit.

5. Tidur Pakai Make Up

Selelah apa pun kita, jangan pernah malas membersihkan makeup sebelum tidur ya. Tidur dengan makeup membuat pori-pori kulit tersumbat dan kusam.

Agar lebih praktis, kita bisa menggunakan makeup remover yang menghapus riasan wajah dengan sekali usap. Ini sedikit lebih baik daripada tidak membersihkan makeup sama sekali. Walau begitu, usahakan selalu bersihkan makeup dengan sempurna sebelum tidur.

6. Hormon

Hormon memang murni berasal dari dalam tubuh dan bersifat fluktuatif. Hal ini dapat berarti muncul karena pubertas, menopause, pengobatan atau faktor tak terkontrol lain. Salah satu contoh kasusnya adalah ketika hormon estrogen menurun.

Ketika hormon ini menurun, maka proporsi hormon testosteron meningkat dan menjadikan kulit lebih berminyak. Pada akhirnya, kondisi ini akan menjadi penyebab kulit wajah kusam karena pori-pori tertutup dan berminyak.

Inilah 6 penyebab kulit kusam yang dapat kita minimalkan. Semoga bermanfaat!