Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | BEAUTY | PENYEBAB RAMBUT KERING DAN MENGEMBANG

Penyebab Rambut Kering dan Mengembang

LS Beauty
Penulis: LS Beauty
Selasa, 23 Februari 2021 | 10:46:56
Durasi baca: 2 menit, 36 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Penyebab Rambut Kering dan Mengembang

Biasanya hal ini dapat disebabkan karena kamu terlalu sering mencuci rambut atau menggunakan sampo berbahan kimia. Selain itu, kebiasaan mengeringkan rambut dengan blow, dan sering menggunakan pelurus rambut atau pengeriting rambut juga menyebabkan rambut kering dan mengembang. Rambut yang mengembang juga bisa menjadi pertanda rambutmu mulai mengalami kerusakan. Sebab, saat rambut rusak dan terlalu kering, lapisan terluar atau kutikula rambut akan terangkat dan menyebabkan kelembapan rambut hilang. Sebelum masalah yang Kamu hadapi semakin parah, yuk segera cari tahu berbagai cara mengatasi rambut mengembang berikut ini. 

Memilih Potongan Rambut yang Tepat

Kamu boleh merasa bangga apabila memiliki rambut yang tebal dan lebat. Namun, di sisi lain, Kamu juga dituntut lebih berhati-hati memilih model potongan rambut yang tepat. Salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan pemilik rambut tebal agar terhindar dari masalah rambut mengembang adalah dengan menghindari model potongan rambut layer. Hal ini semakin penting dilakukan bagi pemilik rambut pendek. Sebab, potongan layer yang tidak rata biasanya ditujukan untuk menambah volume bagi orang yang memiliki rambut tipis. Apabila Kamu memiliki rambut pendek tebal, penambahan layer justru akan berisiko membuatnya mudah mengembang dan sulit ditata rapi.

Lakukan Teknik Blow Dry dengan Benar

Beberapa orang memang memiliki kebiasaan melakukan blow dry, khususnya saat hendak pergi ke acara-acara tertentu. Melakukan blow dry untuk menata rambut sehabis keramas memang sah-sah saja dilakukan, asal tidak terlalu sering. Meski begitu, Kamu sebaiknya selalu melakukan blow dry dengan teknik yang benar untuk menghindari masalah rambut mengembang. Dalam hal ini, Kamu dapat menggunakan sisir berbentuk pipih atau sisir sikat bundar besar. Pastikan angin yang keluar dari hair dryer mengarah dari atas ke bawah setiap helaian rambut. Hal ini membantu menghaluskan kutikula rambut dan menguraikan rambut yang kusut. Dengan begitu, risiko rambut mengembang setelah blow dry bisa dihindari. 

Baca juga: Agar Rambut Tetap Wangi Saat Berhijab

Gunakan Minyak atau Masker Rambut Secara Rutin

Tips agar rambut tidak mengembang yang selanjutnya adalah dengan secara rutin menggunakan minyak atau masker rambut. Sebab, rambut yang memiliki kecenderungan mudah mengembang memang membutuhkan perawatan sedikit istimewa. Kamu dapat menggunakan minyak rambut setelah keramas saat kondisi rambut masih basah. Dengan begitu, minyak dapat lebih mengunci kelembapan rambut yang Kamu miliki. 

Menerapkan Teknik Plopping dan Twisting

Cara agar rambut tidak mengembang yang juga mudah dilakukan adalah dengan menerapkan teknik plopping dan twisting. Plopping adalah teknik membungkus rambut basah dengan handuk atau kain kaos katun untuk mengeringkan rambut. Biasanya, plopping dilakukan oleh pemilik rambut keriting. Teknik ini efektif mencegah rambut keriting menjadi kusut dan rentan mengembang setelah keramas.

Jangan Lewatkan Penggunaan Kondisioner Setelah Keramas

Satu hal yang kadang terlewat setelah Kamu selesai keramas adalah penggunaan kondisioner. Padahal, menggunakan kondisioner dapat menjadi cara mengatasi rambut mengembang yang juga efektif dan mudah untuk dilakukan, lho. Dengan menggunakan kondisioner, kelembapan rambut akan lebih terjaga dan tidak mudah kering. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, kondisi kering ini lah yang juga bisa menjadi salah satu penyebab rambut mengembang. 

Mengatasi rambut mengembang tak harus selalu dilakukan dengan cara sulit, bukan? Mulai sekarang, yuk biasakan selalu merawat rambut sesuai jenis dan tipenya secara tepat. Dengan begitu, risiko kerusakan dan masalah seperti rambut mengembang bisa semakin dihindari. Sudah siap melawan fluffy hair yang menyebalkan, Ladies?

Penyebab Rambut Kering dan Mengembang Penyebab Mengembang Mengatasi Rambut Mengembang

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Beauty