Perangkat Penerjemah Arti Bahasa Arab ke Indonesia

Sabtu, 12 Juni 2021 | 20:21:59

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

Perangkat Penerjemah Arti Bahasa Arab Ke Indonesia

Foto: Unsplash/Brett Jordan

Anda ingin mengetahui suatu arti bahasa Arab ke Indonesia dengan mudah dan praktis? Dengan kecanggihan teknologi zaman sekarang, hal tersebut bisa diwujudkan dengan mudah.

Masyarakat Indonesia memiliki minat yang cukup besar terhadap bahasa Arab meskipun animonya tidak sebesar bahasa asing lainnya seperti bahasa Inggris, Jerman, Jepang, dan lain-lain. Hal ini tidak lain disebabkan oleh populasi Indonesia yang masyarakatnya mayoritas beragama Islam. Adanya ketertarikan untuk mempelajari kitab suci Al-Qur’an menjadi salah satu pemantik akan tingginya minat belajar bahasa Arab di Indonesia.

Selain itu setiap tahunnya ada cukup banyak putra-putri Indonesia yang pergi merantau melanjutkan studi  ke negara-negara Arab. Menurut halaman web PPI Arab Saudi, saat ini terdapat 1.500-an mahasiswa Indonesia yang tersebar di berbagai universitas di Arab dan yang terbanyak ada di Universitas Islam Madinah sebanyak sekitar 1000-an mahasiswa Indonesia.

Maka dari itu kali ini kami akan merekomendasikan beberapa perangkat yang bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin menerjemahkan bahasa Arab ke Indonesia maupun sebaliknya.

Perangkat penerjemah arti bahasa Arab ke Indonesia yang sederhana dan user friendly

Ada banyak pilihan perangkat yang bisa Anda gunakan ketika ingin menerjemahkan bahasa Arab ke Indonesia maupun sebaliknya. Tetapi jangan khawatir sebab melalui artikel ini kami akan berikan referensi perangkat yang bisa menjadi solusi Anda. Untuk mempermudah kami akan mengkategorikannya dimulai dari perangkat penerjemah online dan aplikasi kamus bahasa Arab.

Perangkat penerjemah online

      1. Google translate

Siapa yang tidak tahu dengan perangkat penerjemah yang satu ini? Tidak hanya menerjemahkan bahasa Arab ke Indonesia, Anda juga dapat menerjemahkan ke 100-an bahasa asing lainnya. Tampilan yang sederhana dari perangkat ini semakin mempermudah user experience Anda dalam menerjemahkan.

Tetapi kekurangan dari perangkat ini adalah tingkat akurasi yang rendah apabila menerjemahkan dalam bentuk kalimat. Namun apabila Anda membutuhkan terjemahan kata saja, perangkat ini bisa cukup diandalkan.

      2. Almaany.com

Berbeda dari perangkat yang sebelumnya, Almaany merupakan website penerjemah spesialis untuk bahasa Arab. Tetapi bahasa Asing yang terdapat di perangkat ini jauh lebih terbatas, Anda hanya dapat menerjemahkan dari bahasa Inggris, Perancis, Portugis, Spanyol, Turki, dan Persia ke dalam Bahasa Arab. Serta untuk sebaliknya lebih terbatas lagi yaitu hanya dari bahasa Arab ke bahasa Persia, Indonesia, Jerman.

Fitur yang tersedia cukup canggih, tidak hanya menerjemahkan kata-kata biasa saja, Almaany juga bisa menerjemahkan dengan kategorisasi Quran dan istilah umum.

Anda juga bisa membuat akun agar dapat menikmati fitur Q & A yang terdapat di dalamnya.

Aplikasi kamus bahasa Arab

      1. Kamus Arab Indonesia

Aplikasi hasil karya dari tim developer Ristek Muslim ini menyuguhkan fitur yang cukup lengkap seperti dapat menerjemahkan dari bahasa Indonesia ke Arab maupun sebaliknya (tersedia 154.644 database kosa kata), dari bahasa Arab ke bahasa Arab (untuk istilah linguistik), dan kamus Al-Qur’an bagi Anda yang ingin mencari arti atau transkrip ayat.

Satu-satunya kekurangan dari aplikasi ini adalah klasifikasinya yang sulit dipahami bagi pemula yang sama sekali tidak familiar dengan bahasa Arab.

      2. Belajar Kamus Arab Indonesia + Suara

Daripada kamus, aplikasi ini lebih seperti game menyenangkan yang penuh dengan warna, gambar lucu, dan suara. Aplikasi yang diperuntukkan untuk anak-anak karya Solite Kids ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mengajarkan bahasa Arab sejak dini kepada si buah hati. Untuk memiliki seluruh fitur dan membuat aplikasi ini bebas iklan, Anda bisa membayar sebesar Rp 13.000 saja.

Kami harap, rekomendasi perangkat penerjemah arti bahasa Arab ke Indonesia ini bisa menjadi referensi yang membantu bagi Anda ya, selamat mencoba!