Perbedaan Hari Ayah Nasional vs Hari Ayah Sedunia

Senin, 22 November 2021 | 00:01:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Perbedaan Hari Ayah Nasional Vs Hari Ayah Sedunia

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Selamat Hari Ayah Nasional buat para ayah, bapak, papa! Hari Ayah Nasional diperingati pada tanggal 12 November. Namun, perlu diketahui bahwa Hari Ayah Nasional berbeda dengan Hari Ayah Sedunia. Apabila Hari Ayah Sedunia sendiri diperingati setiap tanggal 20 Juni.

Beberapa negara juga memiliki peringatan Hari Ayah tersendiri dengan tanggal yang berbeda-beda, termasuk di Indonesia. Sejumlah negara di Eropa memperingati Hari Ayah setiap tanggal 19 Maret.

Sedangkan Swedia, Norwegia dan Finlandia memperingati Hari Ayah pada Minggu kedua bulan November. Adapun, Australia, Selandia Baru, Fiji, dan Papua Nugini merayakannya pada Minggu pertama bulan September.

hari ayah
Foto: Merdeka

Hari Ayah Nasional

Dilansir Wikipedia, Hari Ayah Nasional adalah hari untuk menghormati kebapakan, ikatan ayah, serta pengaruh ayah dalam masyarakat. Di Indonesia, Hari Ayah Nasional digagas oleh kaum perempuan.

Sejarah Hari Ayah Nasional

Pada 10 Oktober 2006, Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi Solo memandang Hari Ayah diperlukan sebab Hari Ibu dan Hari Anak yang telah lama ada. Ketua Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi Solo, Gress Raja, kala itu, mengatakan, gagasan perlunya ada Hari Bapak, bukan karena 'iri' ada Hari Ibu tetapi tidak ada Hari Bapak.

Hari Bapak dipandang perlu karena bapak merupakan bagian dari keluarga yang tidak boleh diremehkan perannya. "Bapak dan ibu adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Kita butuh keduanya sebagai keseimbangan kesadaran kita sebagai anak," kata Gress.

Pemilihan nama "Hari Bapak" dan bukan Hari Ayah, menurut Gress, karena kata "bapak" dinilai lebih bernuansa umum, sedangkan "ayah" lebih merujuk kepada laki-laki yang memiliki anak. Ia menceritakan, beberapa tahun sebelumnya, saat perayaan Hari Ibu, ada lomba menulis surat untuk ibu.

Foto: Ladiestory.id

Tiba-tiba, ada peserta yang menanyakan mengenai kapan ada lomba menulis surat untuk bapak. “Setelah itu, kami jadi tertarik untuk berpikir lebih dalam, mengapa tidak dirayakan Hari Bapak," ujar dia.

Deklarasi Hari Bapak dilakukan pada 12 November 2006 di Kota Solo. Meski dideklarasikan pertama kali di Kota Solo, pada saat bersamaan, salah satu anggota juga menggelar acara yang sama di Maumere, Flores.

Deklarasi Hari Bapak Nasional di Solo pada 12 November 2006 dilakukan di Pendapa Gede Balai Kota Solo. Acara deklarasi dihadiri pelajar, tokoh masyarakat, dan agama. Salah satu agendanya adalah pembacaaan Buku Kenangan buat Ayah yang berisi surat 100 anak Nusantara untuk ayah mereka.

Hari Ayah Sedunia

Hari Ayah Sedunia resmi dijadikan hari libur untuk perayaannya. Presiden Lyndon Johnson mengeluarkan Proklamasi Presiden pertama untuk mengapresiasi Hari Ayah pada tahun 1966.

Peresmian hari libur dalam rangka Hari Ayah Sedunia dilakukan oleh Presiden Richard Nixon pada tahun 1972. Presiden Richard Nixon menandatangani Unddang-Undang Publik yang menjadikan Hari Ayah Sedunia sebagai hari libur.

Sejarah Hari Ayah Sedunia sudah diketahui. Peringatan ini berbeda dengan Hari Ayah Nasional yang jatuh pada 12 November.

Sejarah Hari Ayah Sedunia

hari ayah
Foto: Tribun

Dilansir LiveScience, Hari Ayah Sedunia diawali dengan kisah pada bulan Mei 1909. Waktu itu, seorang anak bernama Sonora Smart Dodd mendengarkan pidato Hari Ibu di Gereja. Setelah itu, dia ingin menetapkan sebuah hari untuk Ayahnya, William Jackson Smart.

Ibu Dodd meninggal saat melahirkan. Oleh karena itu, sang ayah yang mengurus Dodd beserta lima saudara lainnya. Ayah Dodd adalah seorang veteran Perang Sipil.

Awalnya, Dodd ingin merayakan Hari Ayah Sedunia pada tanggal 5 Juni sesuai dengan ulang tahun ayahnya. Ia juga mengajukan petisi agar hari tersebut diakui di kotanya dan menjadi hari libur.

Butuh waktu banyak untuk mewujudkan keinginan Dodd. Akhirnya, Hari Ayah Sedunia pertama kali dirayakan pada tanggal 19 Juni 1910 menurut Konvensi Regional Spokane dan Biro Pengunjung.

Inilah perbedaan dan sejarah antara Hari Ayah Sedunia dengan Hari Ayah Nasional. Kira-kira kamu akan memberi hadiah apa untuk ayah?