Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | LIFESTYLE | PERBEDAAN KARAT DALAM BERLIAN DAN EMAS YANG JARANG DIKETAHUI

Perbedaan Karat dalam Berlian dan Emas yang Jarang Diketahui

LS Lifestyle
Selasa, 23 Februari 2021 | 10:48:43
Durasi baca: 1 menit, 58 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Perbedaan Karat dalam Berlian dan Emas yang Jarang Diketahui 

Perhiasan memiliki daya tarik tersendiri. Keindahan dan pancaran kilau dari perhiasan membuat benda satu ini banyak diimpikan orang, khususnya kaum Hawa. Apalagi perhiasan memiliki nilai jual tinggi sehingga perhiasan tak hanya digunakan sebagai aksesori untuk menunjang penampilan, tapi juga investasi. 

Perhiasan terbuat dari berbagai jenis bahan. Ada yang dari bahan emas, perak, palladium, serta berlian. Berlian dan emas menjadi yang paling banyak di. Tak sedikit orang yang sulit membedakan antara berlian dan emas saat sudah menjadi bentuk perhiasan, terutama soal karat atau berat. Lantas, apa sih perbedaan berlian dan emas berdasarkan karat? 

Karat dan carat merupakan ukuran yang digunakan dalam dunia perhiasan untuk mengukur kadar kemurniaan perhiasan. Karat untuk emas, sedangkan carat untuk berlian. Meski penyebutannya sama, keduanya punya perbedaan. 

Baca juga: Tanda-tanda Kamu Sudah Masuk Dalam Toxic Relationship

Karat pada emas berfungsi mengukur atau menentukan tingkat kemurnian emas. Semakin tinggi karat, semakin murni emas dan semakin mahal harganya. Misalnya, emas 24 karat merupakan emas murni lantaran tingkat karatnya mencapai 100 persen. 

Selanjutnya, emas 22 karat memiliki kemurniaan 91,7 persen, 18 karat sebanyak 75 persen, 14 karat sebesar 58,3 persen, dan 10 karat sebesar 41,7 persen. Kurang dari 10 karat tidak dianggap emas walau ada kandungan emas. 

Meski demikian, emas murni atau 24 karat jarang digunakan untuk perhiasan lantaran sifat logamnya yang terlalu lunak sehingga membuat pengrajin kerepotan membentuknya. Walhasil, emas murni 24 karat biasa dibentuk dalam batangan padat atau dikenal emas batangan. 

Umumnya, untuk perhiasan, banyak menggunakan emas 22 karat dan 18 karat. Dalam pembuatan perhiasan, emas tersebut harus dicampur oleh logam lain seperti perak, palladium, atau tembaga agar menghasilkan perhiasan yang memiliki durability atau ketahanan tinggi untuk dikenakan dalam keseharian. 

Sementara itu, carat pada berlian untuk mengukur berat dari batu berlian tersebut. Berbeda dengan emas, kadar atau berat diukur dalam satuan gram. Berdasarkan penghitungan carat metrik atau satuan berat standar internasional untuk berlian, satu karat berlian kira-kira sama dengan 0,2 gram atau 200 miligram. 

Baca juga: Hal-hal yang Bikin Bayi Bahagia Dalam Kandungan


Selain karat, berat berlian juga biasa dihitung menggunakan satuan poin. Satu carat setara dengan 100 poin. Sama dengan emas, semakin berat carat, semakin tinggi harganya. 

Misalnya, satu batu berlian dengan ukuran 1.00 carat memiliki nilai atau harga lebih tinggi dibanding dua batu berlian dengan ukuran 0.50 carat. Namun, berlian dengan carat besar sulit ditemukan di alam. Jika pun ada, harganya sangat mahal dan tidak banyak dikoleksi. 

Perbedaan berlian dan emas berdasarkan karat ini penting untuk diketahui bagi kamu yang tengah menimbang ingin membeli atau berinvestasi di antara keduanya atau bahkan keduanya. Semoga bisa membantu kamu ya!  

Perbedaan berlian dan emas Berlian Mengenal karat Kalung berlian Cincin emas berlian

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Lifestyle