Jangan Sampai Keliru, Ini 4 Perbedaan Zircon dan Berlian yang Harus Kamu Tahu

Selasa, 28 Desember 2021 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Jangan Sampai Keliru, Ini 4 Perbedaan Zircon Dan Berlian Yang Harus Kamu Tahu

Ilustrasi zircon. (Spesial)

Ladiestory.id - Sekilas zircon dan berlian memang mirip, dan bagi orang awam pastinya susah membedakan antara zircon dan berlian. Agar kamu tidak keliru, berikut perbedaan dari zircon dan berlian yang harus kamu tahu, bila hendak membeli perhiasan tersebut.

Apa Itu Zircon?

Ilustrasi Zircon. (Spesial)

Sebelum dibahas apa saja perbedaan dari zircon dan berlian, sebaiknya kamu ketahui dulu apa itu zircon. Kalau untuk berlian tentunya semua orang pasti sudah mengenalnya bukan? 

Zircon adalah mineral yang terbentuk alami dan memiliki beragam warna. Beberapa orang sering mengira ia sama dengan berlian, tetapi kedua zat yang ada didalamnya berbeda. Potongan-potongan zircon yang tidak berwarna kadang-kadang dipotong, dipoles, dan digunakan sebagai tiruan dari berlian. Mineral ini, jauh lebih lembut dibandingkan berlian asli. Peringkat kekerasan zirkon adalah 7,5 pada skala Mohs.

Batu zircon memiliki warna yang beragam, seperti putih, biru, dan cokelat kemerahan. Batu zircon yang berwarna putih dan biru sering ditemukan pada berbagai toko perhiasan dan aksesori. Mereka dipakai untuk pemanis aksesori karena harganya cukup murah dan indah dipandang. Keindahan mereka sekilas tampak mirip, tapi tetap berbeda jauh harganya. Zircon putih tampak menyerupai berlian.

Perbedaan Zircon dan Berlian

Perbedaan dari zircon dan berlian dapat dilihat dari beberapa hal berikut, seperti:

1. Daya Tahan

Ilustrasi Zircon. (Spesial)

Meskipun sama-sama dibuat di pabrik buatan manusia, berlian memiliki tingkat kekerasan 10 Mohs, sementara itu Zircon hanya 7,5 Mohs tingkat kekerasannya. Hal itulah yang membuat Zircon lebih mudah tergores dibandingkan dengan berlian. Zircon juga memiliki daya tahan yang lebih rendah dibandingkan berlian yang jauh lebih tahan lama.  

2. Tingkat Pembiasan Cahaya

Perbedaan selanjutnya dapat dilihat dari pembiasan cahaya yang faktor kunci untuk membedakan zircon dan berlian. Zircon memiliki tingkat pembiasan cahaya yang lebih tinggi. Bila terkena cahaya, zircon memantulkan kedip cahaya yang lebih beragam seperti putih, biru, merah dan cokelat. Sedangkan berlian pancarannya hanya putih terang saja.

3. Potongan dan Bentuk Sisi

Ilustrasi Zircon. (Spesial)

Perbedaan berikutnya tampak saat berlian sudah lama di tangan. Zircon lebih lembut dibanding berlian pada potongan dan bagian sisinya. Zircon dengan bentuk persegi memiliki tepi yang lebih cekung membulat, dan seiring berjalannya waktu batu ini akan menjadi lebih bulat saat tepiannya semakin terkikis. Baru pada saat itulah identitas aslinya sebagai tiruan dari berlian akan terlihat.

4. Berat

Zircon memiliki material yang lebih berat daripada berlian. Berat jenis zircon sangat tinggi, mencapai 5,6 sampai 6 sementara berlian hanya 3,5 sampai 3,53.

Oleh karena itu, zircon satu karat akan jauh lebih kecil daripada berlian satu karat. Oleh sebab itu, jika kamu menimbang batu zircon dan berlian dengan ukuran yang sama persis, maka zircon cenderung lebih berat.