Peringati Hari Perempuan Internasional, Artis EQUAL Indonesia Bagikan Cerita Lewat Lagu Pilihan

Rabu, 9 Maret 2022 | 01:00:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Peringati Hari Perempuan Internasional, Artis Equal Indonesia Bagikan Cerita Lewat Lagu Pilihan

Foto: Lyodra Ginting (Instagram/lyodraofficial)

Ladiestory.id - Untuk memperingati Hari Perempuan Internasional, Spotify membagikan pilihan musik dan cerita dari para kreator perempuan di seluruh dunia. Di Indonesia, Spotify bekerja sama dengan delapan artis perempuan inspiratif.

Mereka ikut berpartisipasi mengambil alih playlist andalan Spotify dan membagikan kisah mereka melalui musik. 

Nadin Amizah, Maudy Ayunda, Lyodra, hingga Tiara Andini didapuk untuk membagikan lagu-lagu yang menginspirasi perjalanan mereka dalam playlist Women of Indonesia di Spotify mulai 8 hingga 17 Maret 2022. . 

Para artis ini juga merupakan bagian dari program EQUAL Spotify sebagai ambassador EQUAL Indonesia.

Sebagai bagian dari inisiatif “takeoverplaylist Women of Indonesia ini, pendengar dapat mengintip ke dalam hati dan pikiran mereka melalui lagu yang telah dipilih. Selain itu, ada pula pesan audio singkat dan personal yang tersedia selama periode takeover ini. 

Setiap lagu dalam playlist yang secara khusus dikurasi untuk perayaan Hari Perempuan Internasional ini, menceritakan perasaan dan pemikiran setiap artis perempuan ini, dari inspirasi hingga kenyataan yang dialami.

Mahalini. (Special)

Bagi Mahalini, kisahnya berputar di sekitar pengalamannya sebagai musisi muda saat memasuki industri musik dan merayakan dukungan yang diterimanya dari keluarga, fan, serta orang-orang tersayang. 

Rossa. (Special)

Sementara bagi Rossa, yang telah malang melintang di industri ini selama lebih dari dua dekade, lagu pilihannya dalam playlist ini merupakan lagu yang menemaninya untuk terus berpacu dengan perkembangan tren yang terjadi di industri saat ini. 

Yura Yunita. (Special)

Di lain sisi, Yura Yunita menekankan pentingnya untuk menjaga kesehatan diri sendiri.

“Menurutku perempuan dengan semua tantangannya tetap mahir untuk membagi waktu dalam merawat diri. Dari mulai menjaga kesehatan fisik, mental, emosional, dan spiritual. Cara aku merawat diri itu dengan rutin berolahraga, makan makanan sehat, meditasi, journaling, dan mendengarkan musik yang aku suka,” ujar Yura.

Ramengvrl. (Special)

Dunia hip hop yang masih didominasi oleh laki-laki punya tantangan tersendiri untuk Ramengvrl. Selain dilihat dari karya musik, juga dari penampilan dan perilaku.

Tapi buat aku, itu semua dibawa fun saja, itu artinya aku dapat sorotan lebih dan aku bisa menyebarkan pesan-pesan untuk para perempuan di luar sana agar selalu menjadi diri sendiri dan tidak takut untuk melakukan apapun yang kalian ingin lakukan." kata Ramengvrl.

Spotify meluncurkan program EQUAL pada 2021 lalu. Program ini merupakan sebuah inisiatif untuk mendorong geliat kreator perempuan di platform Spotify. 

Inisiatif global ini dirancang secara unik untuk mendorong kesetaraan gender dalam bermusik. Spotify mengadaptasi dan mengembangkan kesuksesan berbagai program sebelumnya untuk menjadi sebuah pengalaman terpadu dalam mendukung para musisi perempuan di bawah satu naungan. 

Melalui program ini, hingga saat ini terdapat 35 playlist lokal menampilkan karya musisi yang berasal dari lebih dari 50 negara. 

Selain itu, berikut ini adalah beberapa rilisan baru sebagai bagian dari usaha Spotify untuk mendukung musisi perempuan di seluruh dunia:

With Love

Secara global, Spotify menyambut Hari Perempuan Internasional “with love”, yakni playlist tiga podcast yang disusun dengan kolaborasi bersama Invisible Hand dan Pod People. 

Podcast ini merayakan pengalaman 24 perempuan yang beragam melalui koleksi surat cinta. Dalam podcast ini, perempuan di dunia membagikan cerita tentang diri mereka di masa lampau atau orang lain yang membawa dampak signifikan bagi hidup mereka. 

Berbagai tokoh terkemuka, seperti Fefe Dobson, Jennifer Decilveo, Munroe Bergdorf, hingga Rintik Sedu membagikan cerita mereka melalui playlist ini. Anekdot pribadi ini menghadirkan beragam pengalaman yang mendalam tentang perempuan.

Memperbarui EQUAL Hub

Spotify juga memberikan sorotan pada lima organisasi non-profit yang berfokus pada kesetaraan gender, yakni dengan menghadirkan playlist tematik mereka untuk menyuarakan isu masing-masing komunitas. 

Organisasi tersebut termasuk The Okra Project, Vital Voices, dan Women in Music. Lebih lanjut, Spotify tak hanya menampilkan playlist tersebut pada platform, tetapi juga memberikan donasi pada masing-masing organisasi untuk mendukung perjuangan mereka.

Playlist yang Lebih Banyak 

Spotify juga menampilkan musisi perempuan berbakat dari negara-negara Asia Tenggara, seperti Malaysia, Singapura, termasuk Indonesia, dalam sebuah playlist kolaboratif spesial, “Becoming Women”.