Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | LIFESTYLE | PERLU TAHU, BUNGA PEONY ADALAH SIMBOL DARI 4 HAL INI

Perlu Tahu, Bunga Peony adalah Simbol dari 4 Hal Ini

LS Beauty
Penulis: LS Beauty
Rabu, 28 April 2021 | 08:05:17
Durasi baca: 3 menit, 8 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Perlu Tahu, Bunga Peony adalah Simbol dari 4 Hal Ini

Siapa sangka bunga yang jadi banyak favorit perempuan termasuk para calon mempelai ini ternyata punya begitu banyak makna. Berbagai makna dari simbolisasi bunga peony pun berasal dari kepercayaan yang sudah sangat tua dan dipercaya turun temurun oleh banyak orang.

Uniknya, berbagai makna bunga peony yang ada, berasal dari legenda dua lokasi yang berjauhan dan bertolak belakang latar belakang budayanya. Yaitu dari Yunani dan Tiongkok. 

1. Healing Power

Makna bunga peony yang pertama adalah kekuatan penyembuhan. Makna ini didapat berdasarkan cerita legenda/mitos yang berasa dari mitologi Yunani kuno. Legenda menyebutkan nama Peony diyakini diambil dari salah satu penyembuh dewa-dewi Yunani yang bernama Paeon. Menurut legenda, Paeon adalah murid Aesculapius, sang dewa pengobatan. Satu kali, Paeon menggunakan akar peony untuk menyembuhkan Pluto yang dikenal sebagai ’god of the underworld’ dalam mitologi Yunani. 

Baca juga: 5 Festival Bunga di Australia ini Wajib Kamu Kunjungi Saat Musim Semi

Dalam percobaan pertama, Paeon langsung sukses menyembuhkan Pluto dan hal ini membuat Aesculapius menjadi cemburu dengan bakatnya sehingga ingin membunuhnya. Untuk menyelamatkan Paeon dan sebagai bentuk belas kasihan, akhirnya Paeon diubah jadi bunga peony. Bunga ini dipilih selain karena kemampuannya menyembuhkan, diyakini di masa depan orang akan mengagumi dan memuji bunga cantik yang satu ini.

Meski cerita ini adalah mitos, faktanya bunga peony memang kerap dipakai untuk pengobatan dalam kehidupan nyata. Di abad pertengahan, akar dan biji peony dipercaya dapat menyembuhkan lebih dari dua puluh penyakit termasuk epilepsi dan gigitan ular. Di Inggris, anak-anak memakai kalung akar peony untuk mencegah kejang dan meringankan sakit gigi.

2. Simbol Kasih Sayang & Rasa Malu

Cerita mitos lainnya yang berkaitan dengan bunga peony juga masih berasal dari mitologi Yunani. Tentang bidadari bernama Paeonia yang cantik dan menarik perhatian Apollo, salah satu dewa dalam mitologi Yunani yang memiliki kemampuan hebat dalam panahan. Saat Apollo mulai menggodanya, Peonia menyadari bahwa Aphrodite, dewi cinta dan kecantikan – sedang mengawasi mereka. Ia menjadi malu dan wajahnya berubah warna merah padam. Aphrodite yang mengawasi dengan marah kemudian mengubah bidadari satu ini menjadi bunga peony merah. Kira-kira seperti itulah cerita mitos yang dipercaya hingga akhirnya bunga Peony memiliki makna yang melambangkan sifat pemalu.

3. Kehormatan & Kemakmuran

Meski memiliki dua cerita mitos yang berlatar belakang mitologi Yunani, nyatanya peony adalah bunga asli dari negra Cina. Di sana, peony sangat disukai dan dihargai hingga disebut sebagai “Raja Bunga”. Sebelum tahun 1929, peony juga merupakan bunga nasional negara Cina, sebelum akhirnya digantikan oleh pohon plum. Bunga peony telah populer sangat lama, yaitu sejak dinasti Sui. Selama masa dinasti Sui dan Tang, bunga ini ditanam di Istana Kekaisaran. Karena hal inilah peony menjadi simbolisasi kehormatan dan kemakmuran.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Seputar Bunga Peony yang Jadi Favorit Pengantin


4. Simbol Pernikahan yang Bahagia

Tidak hanya di Cina, peony juga merupakan bunga yang memiliki makna penting di negara bagian Indiana. Masyarakat Indiana memberi rangkaian bunga peony pada pasangan saat merayakan hari jadi pernikahan yang ke-12, karena dipercaya dapat membawa keberuntungan dalam pernikahan dan hubungan yang bahagia.

Peony Ring

Itulah empat makna dari simbolisasi bunga peony yang indah. Dengan semangat yang sama untuk membagikan kasih sayang serta harapan untuk memberi keberuntungan dan pernikahan yang bahagia, Frank & co. di momen ulang tahunnya yang ke-25 mempersembahkan sebuah karya dalam rupa cincin berlian wanita yang sempurna untuk melengkapi momen bahagia. Baik sebagai hadiah ulang tahun pernikahan, bahkan sebagai diamond engagement ring atau cincin tunangan berlian yang merupakan simbol dalam pertunangan, menuju pernikahan.

Peony Ring didesain menyerupai kelopak bunga peony, dengan berlian kecil di samping dan 1 Frank Fire diamond di bagian tengah. Terbuat dari kombinasi white gold dan rose gold, tersedia dalam dua pilihan ukuran center diamond, 0.3 dan 0,5 karat.

Baca juga: Bunga Peony yang Indah dan Punya Makna Mendalam

Peony Ring adalah pilihan cincin berlian wanita terbaik untuk dipersembahkan sebagai hadiah ulang tahun pernikahan atau diamond engagement ring. Momen istimewa dan romantic seperti wedding anniversary dan pertunangan akan jadi lebih berkesan dengan cincin tunangan berlian yang satu ini.

Begitu banyak dan bermaknanya simbolisasi bunga peony bisa jadi inspirasi untukmu memperlihatkan ketulusan perasaan bagi orang tersayang.

cincin tunangan berlian cincin berlian wanita diamond engagement ring hadiah ulang tahun

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Lifestyle