Pernah Patah Hati dan Trauma? Ini 7 Cara Atasi Takut Jatuh Cinta

Rabu, 2 Februari 2022 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Pernah Patah Hati Dan Trauma? Ini 7 Cara Atasi Takut Jatuh Cinta

Ilustrasi perempuan galau. (Special)

Ladiestory.id - Setiap orang pasti pernah jatuh cinta, ada yang merasakan kebahagiaan atas hadirnya rasa cinta itu, namun ada juga sebagian yang merasakan kecewa dan patah hati saat mencintai seseorang. Kegagalan saat menjalin  cinta itu dapat membuat seseorang jadi trauma dan akhirnya takut untuk kembali jatuh cinta. 

Bila rasa takut jatuh cinta dibiarkan lama dan tak diatasi, tentunya berdampak tidak baik untuk kehidupan kedepannya nanti. Untuk itu rasa trauma, cemas dan takut jatuh cinta harus diatasi dengan cara-cara berikut:

Lebih Selektif dalam Memilih Pasangan

Ilustrasi perempuan dan laki-laki sedang PDKT. (Special)

Salah satu alasan Kamu takut jatuh cinta adalah karena sering mengaitkannya dengan pengalaman di masa lalu. Namun, apa yang ditakutkan jadi berbeda, bila Kamu menemukan seseorang yang lebih baik perilakunya.

Lihatlah bagaimana Ia memperlakukan Kamu? Apakah layak untuk diperjuangkan? Apakah Kamu cocok dengannya? Jika Kamu telah menemukan seseorang yang  memenuhi berbagai kriteria penting, maka tak ada salahnya Kamu coba untuk  membuka hati untuk seseorang.

Jangan pernah takut mencoba atau menolak perasaan Kamu dari awal. Ingatlah, seseorang yang trauma jatuh cinta pada masa lalu Ia juga pada akhirnya akan merasakan kegembiraan saat jatuh cinta pada seseorang yang tepat.

Jujur Pada Diri Sendiri

Ilustrasi perempuan cemas. (Special)

Cobalah tanyakan dalam diri, kenapa kamu takut jatuh cinta? Cari penyebab dan ketakutanmu. Apakah karena kurang percaya diri, trauma masa lalu, patah hati dan kecewa atau takut ditinggalkan. 

Bila penyebabnya karena kamu trauma dan pernah patah hati, jangan memikirkan terlalu dalam dan mengingat terus lukamu, cobalah untuk sedikit demi sedikit melupakan rasa sakit itu. 

Mengakui Perasaan

Ilustrasi perempuan membaca pesan. (Special)

Setelah Kamu sadar apa yang menyebabkan Kamu trauma jatuh cinta, biarkan Kamu merasakan perasaan itu. Bantu diri Kamu sendiri untuk bisa mengontrol dan memahami emosi yang timbul, seperti kecewa, marah, sedih, menhyesal atau menangis. 

Karena dengan menyadari ketakutan dalam diri dan mengakui perasaan akan jadi langkah awal untuk dapat melewati proses penyembuhan menuju keberanian.

Yakin Bahwa Kamu Bisa

Ilustrasi perempuan bahagia. (Special)

Cara berikutnya untuk atasi takut jatuh cinta adalah dengan yakin bahwa Kamu bisa melalui proses itu. Walaupun mungkin sulit untuk move on dan belajar untuk berani jatuh cinta, tetapi langkah awal untuk mengubah keadaan itu sangat penting. 

Bila Kamu masih sulit untuk terbuka dan jujur pada orang lain, maka cobalah terbuka pada diri sendiri dahulu. Karena, keintiman emosional sangat penting untuk bisa dekat dengan orang-orang yang Kamu sayangi.

Butuh Waktu

Mengatasi takut untuk jatuh cinta memang tidak bisa dalam semalam, melainkan butuh waktu cukup lama dan melalui langkah demi langkah untuk dapat berubah. Jangan tergesa-gesa mencari pasangan baru, tetapi proses perasaanmu terlebih dahulu sampai Kamu benar-benar siap menjalin hubungan baru dengan orang yang tepat

Hilangkan Pikiran Bahwa Cinta itu Rumit

Ilustrasi perempuan merindukan mantan. (Special)

Cinta itu tidak rumit, begitu juga dengan lelaki. Banyak yang tidak bisa memahami lelaki lantas menganggap bahwa mencintai lelaki itu hal yang rumit.  Sebetulnya tidak rumit asalkan Kamu punya kecakapan dalam komunikasi. Karena salah satu penyebab tidak harmonisnya suatu hubungan bahkan hingga kandas adalah kesalahpahaman.

Harus Siap Berkomitmen

Ilustrasi membawakan bunga pasangan. (Spesial)

Mungkin biasanya Kamu hanya memikirkan diri sendiri saat akan melakukan sesuatu atau membuat keputusan. Namun bila telah punya pasangan, mau tak mau Kamu harus mau menghargai dan berkorban, mendengarkan pendapatmu dan pendapat pasangan juga sama pentingnya. 

Perubahan seperti ini yang kadang dihindari seseorang yang takut jatuh cinta, Karena merasa belum siap  berkomitmen. Nah, bila Kamu tak ingin terus menerus larut dalam ketakutan akan jatuh cinta, cobalah untuk mengubah cara pikir dan harus siap untuk berkomitmen.