Tak Hanya Baju Baru, Ini 5 Persiapan Jelang Lebaran yang Perlu Dilakukan

Jumat, 29 April 2022 | 00:01:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

Tak Hanya Baju Baru, Ini 5 Persiapan Jelang Lebaran Yang Perlu Dilakukan

Ilustrasi hari lebaran. (Special)

Ladiestory.id - Tanpa terasa saat ini telah berada pada minggu terakhir Ramadan. Setelah menjalankan ibadah puasa, kini saatnya umat muslim menyambut datangnya hari raya Idulfitri atau lebaran.

Lebaran menjadi akhir dari perjuangan selama Ramadan, di mana berbagai upaya dilakukan untuk meraih pahala sebesar-besarnya. Lebaran menjadi momentum kemenangan umat muslim setelah berhasil menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Lebaran juga identik dengan berbagai hal mulai dari saling bermaaf-maafan, kuliner khas berupa opor dan ketupat, mudik, hingga baju baru. Sebelum menyambut datangnya lebaran, umat muslim juga melakukan beragam persiapan. Persiapan tersebut dilakukan agar momen lebaran menjadi semakin berkesan.

Nah, persiapan apa saja yang perlu Kamu lakukan menjelang lebaran? Ladiestory.id telah merangkumnya untukmu, simak yuk!

Kebersihan Hati

Ilustrasi hati yang bersih. (Special)

Hal pertama yang perlu Kamu lakukan menjelang lebaran adalah kebersihan hati. Lebaran dijadikan momen untuk saling memaafkan. Entah itu untuk kesalahan yang disengaja ataupun tanpa disengaja. Oleh karena itu, pada hari lebaran umat muslim saling berjabat tangan untuk saling bermaaf-maafan.

Kamu perlu mempersiapkan hati untuk memafkan kesalahan orang kain dan meminta maaf kepada orang lain. Lebaran akan menjadi khidmat dan berkesan jika Kamu telah memiliki hati yang bersih.

Kebersihan Rumah

Ilustrasi membersihkan rumah. (Special)

Kebersihan rumah juga harus Kamu perhatikan dalam rangka menyambut lebaran. Momen lebaran juga kerap dijadikan momen untuk berkumpul dengan sanak saudara. Oleh karena itu, Kamu perlu membersihkan tempat tinggalmu agar membuat sanak saudara nyaman ketika berkunjung ke rumahmu.

Kamu tentu tak ingin orang-orang yang datang ke rumahmu menjadi risih dan enggan berkunjung kembali, bukan? Maka dari itu sebelum lebaran Kamu bisa mulai membersihkan dan merapikan rumah. Suasana rumah yang bersih dan terawat akan membantu memperbaiki suasana hati juga, lho.

Kue Lebaran

Ilustrasi kue lebaran. (Special)

Selain opor dan ketupat, kue kering juga menjadi hidangan favorit saat lebaran. Beraneka macam kue kering seperti nastar, kastengel, hingga putri salju cocok dijadikan hidangan di hari raya.

Kelezatan rasa dalam kue kering tersebut membuat siapa saja menyukainya. Nah, Kamu bisa menyediakan beragam kue kering tersebut saat hari raya sebagai salah satu cara untuk menghormati tamu yang berkunjung ke rumah. Adanya ebrbagai hidangan tersebut tentu akan membuat tamu merasa senang.

Sedekah Uang

Ilustrasi memberikan uang. (Special)

Lebaran juga bisa Kamu manfaatkan untuk melakukan hal baik, salah satunya adalah dengan melakukan sedekah uang. Pada momen lebaran juga identik dengan membagi-bagikan uang kepada anak kecil.

Jika Kamu memiliki rezeki yang lebih, maka Kamu bisa menyisihkan sedikit untuk membagikannya kepada sanak saudara dan orang yang membutuhkan. Niatkan dalam hati untuk tulus memberikannya agar Kamu jauh dari perasaan pamer dan ingin dipuji. Dengan begitu, Kamu akan mendapatkan pahala dan juga membuat orang lain menjadi senang.

Mental yang Kuat

Ilustrasi mental yang kuat. (Special)

Hal terakhir yang perlu Kamu persiapkan menjelang lebaran adalah mental yang kuat. Momen berkumpul bersama sanak saudara saat lebaran kerap muncul beragam pertanyaan, mulai dari pendidikan, karier bahkan hingga urusan asmara.

Terkadang pertanyaan yang dilontarkan tersebut membuat Kamu merasa risih dan tak nyaman. Tak jarang juga ada orang yang melemparkan pertanyaan tersebut bukan karena ingin mengetahui kesibukanmu saat ini melainkan untuk membandingkan Kamu dengan anaknya atau dirinya sendiri.

Pertanyaan tersebut akan berujung pamer segala pencapaian yang dimiliki. Maka dari itu, penting bagimu untuk mempersiapkan mental menghadapi pertanyaan-pertanyaan semacam itu. Meskipun Kamu merasa jengkel, Kamu tetap harus menghormati mereka demi menjaga nama baikmu sendiri.

s